Inilah Alasan Android Membutuhkan Banyak RAM

Salah satu misteri yang hingga saat ini menjadi buah bibir di kalangan pengguna ponsel pintar adalah penggunaan RAM besar pada perangkat Android. Hal ini tidak dapat dipungkiri, coba saja Anda menggunakan ponsel Android yang memiliki RAM di bawah 1 GB, pasti akan terasa tidak smooth dan lag bukan? Lalu mengapa iPhone dengan RAM 1 GB masih dapat berjalan dengan mulus dan lancar?

android iphone ram


Berdasarkan sebuah jawaban di Quora, hal tersebut disebabkan oleh Java yang digunakan oleh Android. Dengan menggunakan Java, Android memiliki sebuah proses yang disebut dengan garbage collection. Ketika seorang pengguna Android menutup sebuah aplikasi, proses garbage collection mendaur ulang memory. Permasalahan mulai muncul ketika proses tersebut membutuhkan memory 4 hingga 8 kali lebih banyak agar proses tersebut bisa berjalan lebih cepat. Jika sejumlah memory yang dibutuhkan tidak tersedia, maka proses tersebut akan memperlambat kinerja dari Android.

android iphone ram


Ponsel iPhone menggunakan sistem operasi iOS yang tidak memiliki proses garbage collection, sehingga performanya tidak akan menurun meskipun hanya memiliki 1 GB RAM. Tidak seperti Android saat ini yang "wajib" memiliki 2-3 GB RAM agar dapat berjalan lancar. Jawaban garbage collection tersebut dijawab oleh seseorang bernama Glyn Williams di Quora. Berkat jawaban dari Glyn, setidaknya para pengguna ponsel pintar kini mengetahui misteri yang selama ini menghantui pikiran mereka.


Gambar diambil dari arstechnica.com dan quora.com.

Comments

  1. Iya, banyak memori RAM yang terpakai. Kadang kalau download harus hapus yang lain dulu. Pas saat browsing kalau memori ga support langsung eror. Terpaksa aplikasi yang kurang penting harus dibuang, pada hal sayang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu beli ponselnya sesuai kebutuhan...jika memang butuh banyak aplikasi ya cari yang ramnya 2 GB atau lebih...

      Delete

Post a Comment