Rapikan Google Drive Anda Dengan 5 Cara Mudah Ini

Google Drive adalah salah satu tempat penyimpanan awan yang banyak digunakan. Selain gratis, layanan ini juga tidak memerlukan pendaftaran apapun. Jika Anda sudah memiliki akun Google, seperti akun email Gmail, maka Anda sudah bisa langsung menggunakan Google Drive. Di tempat penyimpanan awan milik Google ini, Anda dapat menyimpan berbagai macam file seperti file dokumen, formulir, maupun foto. Google memberikan ruang kosong hingga 15 GB untuk versi gratis dari Google Drive.

google drive


Layaknya tempat penyimpanan lain, seperti lemari pakaian atau lemari es, Anda dapat menyimpan banyak benda di dalamnya. Namun ada satu permasalahan yang mendasar ketika berbicara mengenai tempat penyimpanan: berantakan. Ya, pada awalnya Google Drive Anda akan terlihat rapi. Namun seiring bertambahnya file yang Anda simpan, tempat penyimpanan awan tersebut akan terlihat sangat berantakan. Mata Anda akan dipusingkan dengan ratusan, bahkan ribuan file yang diunggah.

Untungnya, tidak terlalu repot untuk membereskan Google Drive. Ada beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk merapikan tempat penyimpanan awan tersebut. Dilansir oleh Mashable, inilah 5 cara mudah untuk merapikan Google Drive.

Perhatikan file apa yang memakan tempat



google drive ruang kosong

Anda memang memiliki ruang kosong yang cukup besar di Google Drive. Akan tetapi, tempat penyimpanan awan sebesar 15 GB yang gratis tersebut lama-kelamaan akan penuh. Sebelum Anda memutuskan untuk membayar lebih agar mendapatkan ruang lebih, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu file apa saja yang memakan banyak tempat. Jika Anda menyalakan sinkronisasi dari berbagai perangkat Anda yang menggunakan akun Google, mungkin Google Drive Anda masih menyimpan file lama yang sudah tidak digunakan lagi.

Satu cara mudah untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan klik pada tombol "Buy more storage" yang ada pada pojok kiri bawah. Disitu akan terlihat layanan apa yang memakan banyak ruang. Jika sudah, di halaman utama Google Drive Anda dapat melihat ukuran file di kolom "File Size" yang ada di sebelah kanan.

Gunakan kode warna pada folder

google drive kode warna

Di dalam Google Drive Anda mungkin terdapat banyak sekali folder. Agar lebih mudah untuk diingat, sebaiknya setiap folder tersebut diberikan kode warna yang berbeda-beda. Anda tinggal melakukan klik kanan pada folder yang ingin diubah warnanya, lalu pilih "change color".

Tambahkan angka di nama file

google drive kode angka

Anda dapat mengatur urutan file yang ada di Google Drive. Mulai dari pengurutan "terakhir dibuka" hingga urutan sesuai abjad. Untuk memudahkan Anda bernavigasi, sebaiknya tambahkan angka di depan nama file. Dimulai dari angka 1 untuk file yang paling penting.

Manfaatkan fungsi "star"

google drive star

Sama seperti dengan Gmail, sebuah folder yang disebut dengan "Starred". Tambahkan file-file penting Anda ke dalam folder "Starred" tersebut. Caranya mudah, hanya dengan klik kanan di file/folder yang diinginkan, lalu pilih "Add star".

Gunakan Google Forms

google drive forms

Anda memiliki banyak to-do lists atau shopping list? Sebaiknya gunakan Google Forms untuk dua hal tersebut. 

Gambar diambil dari mashable.com.

Comments