Xiaomi Mendapatkan Kucuran Dana USD 1.5 Milyar, Valuasi Meningkat Menjadi USD 40 Milyar

Sebuah laporan dari CNBC mengatakan bahwa Xiaomi berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 1.5 Milyar atau sekitar Rp 12 Triliun. Facebook, Alibaba, Airbnb, dan DST, sebuah perusahaan provider internet asal Rusia, adalah beberapa investor dari perusahaan ponsel asal negeri tirai bambu tersebut. Investasi ini adalah investasi terbesar yang diterima oleh perusahaan teknologi semenjak tahun 2011, ketika waktu itu Facebook juga mendapatkan dana investasi dalam jumlah yang sama.

valuasi xiaomi


Saat ini Xiaomi menjadi produsen ponsel terbesar ketiga di dunia, di bawah Samsung dan Apple. Mereka ingin melakukan ekspansi ke teknologi perangkat wearable dan televisi. Jika investasi tersebut berhasil, maka valuasi perusahaan mereka akan melonjak hingga USD 40 Milyar, lebih mahal dibandingkan Sony dan Lenovo jika kedua perusahaan tersebut digabungkan.

Berdasarkan laporan IDC, Xiaomi mengapalkan 17.3 juta perangkat pada kuartal terakhir, mengalahkan Lenovo dengan 16.9 juta perangkat dan LG sebanya 12 juta perangkat. Pada kuartal selanjutnya diprediksikan Xiaomi dapat mengapalkan lebih banyak lagi. Jika kondisi tetap bertahan, tidak heran jika Xiaomi bisa menyusul Apple atau Samsung di tahun yang akan datang.


Gambar diambil dari androidauthority.com.

Comments