Google Hilangkan reCAPTCHA, Menggantinya dengan No CAPTCHA

Selama ini, reCAPTCHA digunakan oleh berbagai macam situs untuk melindungi mereka dari bahaya spam dan abuse. Sehingga ketika Anda online untuk membuka jejaring sosial ataupun berbelanja online, Anda tidak akan berebut dengan robot dan abusive scripts untuk masuk ke situs yang Anda kehendaki. Beberapa waktu ke belakang, reCHAPTA melakukan verifikasi kepada pengguna untuk membedakan manusia dengan robot dengan meminta mereka untuk menulis ulang kombinasi huruf atau angka acak seperti ini:

reCAPTCHA No CAPTCHA

Google selaku pengembang sistem tersebut, akan mengganti reCAPTCHA dengan metode yang lebih mudah dan sederhana. Metode tersebut dinamakan No CAPTCHA. Kira-kira seperti inilah penampakannya:

reCAPTCHA No CAPTCHA


Pada situs yang sudah menggunakan API baru, pengguna situs tersebut akan menemukan No CAPTCHA dengan hanya klik sekali untuk membuktikan mereka bukanlah robot. Tentunya metode ini jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan harus mengetik ulang kombinasi huruf dan angka. Terkadang, kombinasi tersebut sulit untuk dibaca bagi sebagian orang.

Namun bukan berarti Google meninggalkan reCAPTCHA begitu saja. Jika risk analysis engine kesulitan membedakan jika suatu pengguna adalah manusia atau robot karena suatu dan lain hal, maka kotak berisikan huruf dan angka acak tersebut akan kembali muncul.

reCAPTCHA No CAPTCHA

Metode No CAPTCHA terbaru ini juga memiliki sifat mobile friendly. Jika Anda membuka sebuah situs melalui ponsel atau tablet, maka Anda akan menemukan kesulitan jika Anda harus melihat dan mengetik ulang kombinasi huruf dan angka acak yang ada pada metode lama. Namun, di metode baru ini Anda cukup memilih dan menekan gambar yang serupa.

reCAPTCHA No CAPTCHA
reCAPTCHA No CAPTCHA

Bagaimana menurut Anda mengenai implementasi No CAPTCHA ini? Apakah mempermudah metode verifikasi ataukan justru mempersulit? Menurut opini pribadi penulis, tentunya No CAPTCHA ini sangat membantu jika dengan kombinasi huruf dan angka yang menyebalkan dan sulit dibaca.


Gambar diambil dari googleonlinesecurity.blogspot.com.





Comments