Huawei Membatalkan Produksi Perangkat Windows Phone

Huawei baru saja mengumumkan bahwa mereka membatalkan semua rencana untuk membuat ponsel berbasis Windows Phone. Perusahaan telekomunikasi asal Tiongkok itu memiliki alasan yang cukup sederhana, yakni tidak ada keuntungan yang didapat dalam memproduksi perangkat Windows Phone. Memang, dibandingkan dengan dua kompetitor lainnya, yakni Android dan iOS, perangkat Windows Phone seperti berjalan di tempat.

huawei windows phone


Lebih lanjut, juru bicara Huawei mengatakan bahwa tidak ada seorangpun yang mendapatkan keuntungan dari sistem operasi mobile besutan Microsoft tersebut. Kemungkinan yang dimaksud adalah beberapa partner Microsoft seperti Blu, Lava, Micromax, Prestigio, Yezz, dan beberapa perusahaan lainnya. Jika menjadi partner Microsoft, maka sebuah produsen perangkat telekomunikasi dapat menggunakan lisensi Windows Phone secara gratis.

Huawei adalah salah satu manufaktur ponsel dengan perkembangan yang cukup pesat. Keputusan mereka untuk membatalkan produksi ponsel Windows Phone tentunya akan semakin mengurangi kue pasar Microsoft di ranah mobile. Perusahaan yang didirikan Bill Gates tersebut berusaha untuk mengembangkan pasar Windows Phone dengan menurunkan harga perangkat mereka secara besar-besaran. Pada kenyataan di lapangan, beberapa partner mereka tidak merasakan kesuksesan dari pemangkasan harga tersebut.


Dampak dari kasus ini, sepertinya Microsoft hanya bisa bergantung kepada anak perusahaan mereka, yakni Microsoft Device. Perusahaan yang dibeli dari Nokia tersebut terus mengeluarkan produk baru dengan brand Lumia. Baru-baru ini mereka meluncurkan sebuah ponsel pintar dengan harga terjangkau, yakni Microsoft Lumia 535.


Gambar diambil dari bgr.com dan gsmarena.com.

Comments