Inilah 5 Alasan Xiaomi Laku Keras Di Indonesia

Sebagai pendatang baru di Indonesia, Xiaomi cukup sukses dalam menjual produknya. Bagaimana tidak, produk-produk Xiaomi yang dijual melalui jalur flash sale di Lazada selalu habis terjual dalam hitungan menit. Mulai dari Xiaomi Redmi 1s, ponsel pintar kelas menegah yang dijual dengan harga kelas rakyat, lalu aksesoris pendamping ponsel seperti power bank dan earphone, dan yang terakhir Xiaomi Redmi Note, phablet canggih dengan harga yang sangat menarik. Bahkan, banyak sekali penjual-penjual online maupun toko-toko gadget yang ada di pusat perbelanjaan menjual produk Xiaomi hasil impor sendiri maupun melalui distributor lain selain yang ditunjuk resmi oleh Xiaomi.

xiaomi indonesia


Bukan tanpa alasan produk-produk Xiaomi tersebut dapat laku keras di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum, seringkali masyarakat memandang sebelah mata produk atau merek yang berasal dari Tiongkok. Namun, ternyata hal ini tidak berlaku pada Xiaomi. Sentimen "produk Tionghoa harga murah dan cepat rusak" tidak mempengaruhi minat para penikmat gadget untuk mencoba produk yang sering disebut Apple dari Tiongkok ini.

xiaomi indonesia

Mengapa Xiaomi bisa menjadi sebuah merek Tiongkok yang laku keras di Indonesia? Berikut adalah opini penulis dalam melihat fenomena "Xiaomi fever" di Indonesia.

Spesifikasi mewah, harga murah

Menjual produk dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang sangat terjangkau menjadi salah satu senjata Xiaomi dalam memasarkan produknya. Di kalangan para pengguna perangkat Android, banyak orang mendewa-dewakan spesifikasi. Meskipun sebenarnya bagus/tidaknya sebuah perangkat tidak hanya dilihat dari spesifikasinya saja. Strategi Xiaomi tersebut sangat tepat sasaran bagi para pengguna ponsel pintar Android.


Kualitas produk yang baik

Harga murah biasanya cenderung memiliki pandangan negatif mengenai kualitas yang murahan pula. Hal ini tidak ditemui di produk Xiaomi. Semua produk Xiaomi memiliki kualitas produk yang setara dengan merek-merek ternama. Hal ini dikarenakan manufaktur pembuat perangkat Xiaomi adalah Foxconn, yang juga membuat perangkat Apple seperti iPhone dan iPad.


Antarmuka MIUI yang menarik

Salah satu daya tarik dari ponsel Xiaomi adalah mereka menggunakan antarmuka MIUI. Ya, antarmuka tersebut sangat berbeda sekali tampilannya dibandingkan dengan antarmuka perangkat Android lainnya. Antarmuka MIUI sepintas mirip sekali dengan antarmuka iOS, meskipun terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. Kabar baiknya, Xiaomi juga mempersilahkan pengguna Android selain perangkat Xiaomi untuk mengunduh dan mengaplikasikan antarmuka MIUI ini di ponsel atau tablet mereka. Hal ini dapat membuat para pengguna tertarik untuk mencoba produk ponsel maupun tablet Xiaomi.


Komunitas yang kuat

Forum MIUI merupakan salah satu forum teknologi yang cukup aktif dan ramai. Tiap harinya selalu ada diskusi seputar produk Xiaomi, baik itu perangkat ponsel, tablet, serta perangkat lainnya mereka ataupun perangkat lunak seperti ROM, custom ROM, tips dan trik, serta yang lainnya. Tidak hanya di forum online, komunitas Xiaomi juga sering mengadakan kopi darat untuk bertatap muka sesama pengguna Xiaomi. Kopi darat tersebut juga sesekali dihadiri oleh perwakilan dari Xiaomi, termasuk Hugo Barra.


Mendengarkan saran pengguna

Xiaomi selalu mendengarkan saran penggunanya ketika mereka mengembangkan sebuah produk. Pernah ada kasus di mana seorang pengguna perangkat Xiaomi merasa kesulitan untuk menggunakan fitur senter jika ia harus memilih fitur tersebut dari menu utama. Atas keluhan tersebut, Xiaomi langsung membuat sebuah jalan pintas di mana untuk menyalakan senter pengguna tinggal menekan tombol "Home" selama beberapa detik pada saat layar sedang terkunci.

Itulah 5 alasan mengapa Xiaomi bisa laku keras di Indonesia. Jika saja nantinya Xiaomi terus memberikan 5 hal tersebut ditambah dengan pelayanan aftersales yang memuaskan, bukan tidak mungkin Xiaomi dapat meruntuhkan kedigdayaan merek besar seperti Samsung di Indonesia.

Gambar diambil dari mi.com/id.

Comments

  1. Berbicara mengenai mie, ijinkan saya berbagi informasi.
    Bagi pemilik restoran ataupun rumah makan yang memiliki menu mie, mungkin akan kesulitan mencari packaging makanan yang tepat agar kuah dari mie tersebut tidak tembus.

    Untuk mengatasi hal tersebut, ini saya berikan referensi. Klik di sini.

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen coba xiamoi mi 5 saingannya samsung s7 edge

    ReplyDelete
  3. informasi yang bagus gan,,thanks for shared....:))

    poker online

    ReplyDelete
  4. Xiaomi cepet rusak,gk tahan hingga 1 tahun . Cuma 4 bulan doang.jelek xiaomi .

    ReplyDelete

Post a Comment