Manfaatkan Social Media Untuk 5 Hal Positif Ini

Perkembangan teknologi internet yang begitu pesat membuat kehidupan masyarakat berubah. Jika sebelumnya waktu luang dan bekerja banyak dihabiskan di dunia “nyata”, kini banyak orang menghabiskan waktu luang dan pekerjaan mereka di internet. Seiring dengan berpindahnya aktivitas masyarakat ke dunia maya, social media sebagai salah satu produk internet juga bekembang dengan cepat.

manfaat positif social media


Social media sebagai produk internet terbilang sukses. Bisa dilihat dari banyaknya pengguna Facebook, Twitter, Instagram, maupun Path yang terus bertambah setiap harinya. Di kehidupan sehari-hari, bisa dijumpai orang-orang yang selalu melihat layar handphone-nya di manapun mereka berada. Mereka membuka segala produk social media yang mereka ikuti. Di rumah ketika mereka sedang bersantai, di jalanan ketika dalam perjalanan menuju sekolah/kantor, bahkan di kafe/restoran ketika mereka sedang makan ataupun berkumpul bersama teman.
Menjadi sebuah produk yang sering digunakan oleh banyak orang, ternyata social media memiliki beberapa manfaat yang positif. Apa sajakah manfaat positif tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Menambah jaringan pertemanan

Anda bisa menambah jaringan pertemanan dengan bermain social media. Pada awalnya, social media diciptakan agar orang-orang yang sudah kenal lebih mudah untuk berinteraksi satu sama lain. Lama kelamaan, banyak orang menggunakan social media untuk berkenalan dengan orang lain. Baik berkenalan lewat Facebook, Twitter, atau bahkan membuat network di LinkedIn. Bahkan tidak jarang orang yang berkenalan lewat social media bisa menjadi jodoh lho!

Menambah pengetahuan

Social media juga bisa menambah pengetahuan Anda. Jika Anda mengikuti akun seperti Discovery Channel atau National Geographic, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dari berbagai ilmu. Jika Anda mengikuti akun NASA, maka Anda dapat mendapatkan banyak pengetahuan mengenai antariksa. Gunakan social media sebagai sarana pengetahuan dengan mengikuti akun-akun ilmiah.

Sarana berbagi info

Selain pengetahuan, social media seringkali digunakan masyarakat sebagai sarana untuk berbagi informasi. Biasanya jika informasi tersebut bersifat segera, maka orang akan menyebarluaskannya di Twitter. Namun jika informasi tersebut merupakan hal yang biasa, maka bisa disebarluaskan di produk social media lainnya seperti Facebook atau Path. Namun patut diwaspadai, saat ini banyak akun-akun anonim penyebar info yang menyesatkan. Sebaiknya, jika Anda menemukan sebuah informasi yang meragukan, klarifikasi terlebih dahulu dengan mencari informasi di tempat lain.

Meningkatkan kepercayaan diri

Jika Anda menggemari social media dan menggunakannya secara aktif, secara tidak sadar bahwa social media telah meningkatkan kepercayaan diri Anda. Bagaimana tidak? Meskipun tidak bertatap muka, tapi Anda tetap pede untuk berkenalan dengan orang lain dan berinteraksi dengan mereka. Bahkan Anda juga tidak segan-segan untuk mengajaknya ngobrol lebih di produk instant messaging seperti WhatsApp, LINE, atau BBM. Bahkan jika sudah merasa lebih dekat, Anda akan mengajak mereka untuk kopi darat. Hal ini membuktikan bahwa social media dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri yang Anda miliki.

Berbagi karya

Apakah Anda seorang seniman? Jika ya, social media dapat membantu Anda untuk memamerkan hasil karya Anda. Jika Anda seorang penyanyi, Anda dapat membuat rekaman suara di Soundcloud ataupun rekaman video di YouTube. Jika Anda seorang desainer grafis, maka deviantart adalah tempat yang cocok untuk Anda. Fotografer? Tenang, Instagram dan 500px itu tempat dimana para fotografer memamerkan hasil tangkapan mereka.

Itulah 5 manfaat positif yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bermain di social media. Namun ingat, meskipun membawa manfaat positif, Anda tidak boleh berlebihan ketika bermain di dunia maya tersebut. Tetaplah ingat bahwa sesungguhnya masih ada yang harus Anda lakukan di dunia nyata.

Gambar diambil dari forbes.com.

Comments