Percepat Ponsel Android Dengan 5 Cara Ini

Ponsel pintar dengan sistem operasi Android merupakan perangkat yang sedang populer saat ini. Memiliki berbagai macam merek, tipe, dan model menjadi daya tarik tersendiri dari sistem operasi besutan Google tersebut. Anda dapat menemukan ponsel Android semurah 1 juta Rupiah, bahkan ada yang ratusan ribu Rupiah saja. Namun jika ingin yang lebih, Anda juga dapat menemukan ponsel Android dengan berbagai fitur canggih dengan harga di atas 5 juta Rupiah.

cara mempercepat ponsel android

Ketika baru membeli ponsel Android, mayoritas pengguna pasti ingin mengunduh dan mencoba berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Apalagi banyak dari aplikasi tersebut gratis. Namun, dari sekian banyak aplikasi yang diunduh mungkin hanya beberapa saja yang digunakan. Sisanya hanya menjadi pajangan di halaman aplikasi smartphone Android Anda. Kebiasaan “menumpuk” aplikasi seperti yang diceritakan sebelumnya dapat membuat ponsel Android Anda menjadi lemot. Selain itu, aplikasi yang terpasang di ponsel juga memakan ruang pada tempat penyimpanan internal. Jika hanya sedikit, mungkin tidak jadi masalah. Tetapi jika banyak, pasti Anda akan kaget jika suatu saat ponsel Android Anda kehabisan ruang penyimpanan ketika Anda sedang mengambil gambar atau mengunduh file penting dari email.

Agar ponsel Android Anda tidak lemot dan dapat berjalan dengan optimal, ada baiknya Anda mengikuti 5 cara ampuh di bawah ini.


Rajin-rajin untuk menghapus cache dan data

Aplikasi Android jika digunakan secara terus menerus akan meninggalkan sampah yang biasa disebut dengan cache. Jika cache sudah menumpuk banyak, maka ponsel Android kamu akan bekerja lebih keras untuk membaca semua cache tersebut. Hapuslah cache dan data yang menumpuk secara berkala. Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan aplikasi penghapus cache yang dapat ditemukan secara gratis di Google Play Store.


Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Ponsel Android dengan harga murah atau tipe menengah ke bawah biasanya hanya memiliki partisi penyimpanan data aplikasi yang kecil. Kebiasaan menumpuk aplikasi seperti yang sebelumnya sudah dibahas tentunya membawa dampak buruk bagi performa ponsel Android yang Anda gunakan. Sebaiknya Anda menghapus aplikasi yang sudah Anda tidak gunakan. Usahakan untuk menyisakan sedikit ruang untuk tempat penyimpanan data aplikasi agar ponsel kamu dapat berjalan dengan optimal.


Jangan gunakan aplikasi penghemat RAM

Bagi orang yang awam akan Android, penggunakan aplikasi penghemat RAM atau yang biasa disebut dengan RAM booster dianggap dapat mempercepat kinerja ponsel Android mereka. Padahal, cara kerja Android tidak seperti itu. Sistem operasi Android sudah bisa memilah-milah memory RAM secara otomatis yang digunakan untuk aplikasi yang berjalan. Jika Anda menggunakan aplikasi penghemat RAM justru malah dapat membuat Android lemot. Penggunaan aplikasi penghemat RAM membuat aplikasi yang sedang berjalan dimatikan dan harus dijalankan ulang. Padahal jika aplikasi tersebut berjalan dibelakang layar secara otomatis, kinerja ponsel pintar Anda akan lebih gegas.


Lakukan multitasking sewajarnya

Ponsel Android terkenal akan fitur multitasking yang handal. Akan tetapi, sehandal-handalnya multitasking pada Android tentu ada batasannya. Usahakan Anda tidak terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Selalu perhatikan sisa memory RAM pada smartphone yang Anda gunakan. Jangan menjalankan aplikasi secara berlebihan jika ponsel Android yang Anda miliki memiliki memory RAM yang terbatas.


Gunakan kartu memory microSD kelas tinggi

Penggunaan kartu memory microSD juga dapat mempengaruhi kinerja ponsel Android. Jika Anda menggunakan kartu memory microSD dengan kapasitas besar namun memiliki kelas yang rendah, misal kelas 4, maka ponsel Android Anda dapat menjadi lemot. Sebab kecepatan baca dan tulis microSD kelas 4 itu tergolong rendah. Gunakanlah kartu memory microSD minimal kelas 10 atau kelas UHS-I. Semakin cepat kecepatan baca dan tulis microSD yang Anda gunakan, maka semakin responsif pula kinerja ponsel pintar Anda.

Itulah 5 cara ampuh mengatasi ponsel Android lemot. Jika setelah menjalankan 5 cara tersebut ponsel Anda masih lemot, berarti memang Anda membutuhkan smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Ingat, sesuaikanlah ponsel pintar dengan kebutuhan yang Anda perlukan.


Gambar diambil dari androidauthority.com.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. lah kalo aplikasi penghemat RAM kayak clean master gitu ga diperbolehkan, jadi bersihin cache nya manual gitu?

    ReplyDelete

Post a Comment