Inilah Cara Menghindari Penipu Jual Beli Online

Jual beli online saat ini sedang menjamur di masyarakat. Mulai dari anak muda hingga orang tua, tinggal di kota maupun pedalaman, semua menggemari kegiatan jual beli lewat internet. Semakin mudahnya masyarakat mengakses internet membuat fenomena jual beli online terus meningkat. Tidak hanya itu, pertumbuhan tingkat penggunaan ponsel pintar juga turut mendorong kegiatan jual beli di berbagai situs e-commerce. Saat ini, tiap-tiap e-commerce memiliki aplikasi di berbagai platform ponsel pintar sehingga pengguna lebih mudah untuk melakukan transaksi jual beli secara online.

jual beli online

Dibalik peningkatan jual beli online, ada beberapa hal yang membuat masyarakat ragu untuk melakukan transaksi lewat internet. Maraknya berita-berita penipuan yang ada menjadikan masyarakat takut untuk melakukan jual beli secara online. Tidak bisa dipungkiri, dunia internet yang sangat luas tanpa batas dan penuh dengan anonimitas dapat dengan mudah dieksploitasi oleh sebagian oknum yang memiliki niat jahat. Lantas, bagaimana agar masyarakat dapat dengan aman berjualan ataupun berbelanja secara online?

Sebagai masyarakat pengguna internet atau yang biasa disebut dengan netizen, seseorang harus mengetahui cara untuk mengidentifikasi penipu jual beli online. Hal ini dapat dilihat dengan mengamati tingkah laku yang dilakukan oleh penipu tersebut. Sebelum Anda melakukan transaksi online, sebaiknya periksa terlebih dahulu latar belakang dari penjual tersebut. Apakah ia termasuk penjual online dengan testimonial yang baik atau termasuk ke dalam penjual online yang banyak menerima keluhan? Jika Anda menemukan penjual online yang terkenal akan reputasinya yang buruk, sebaiknya Anda menghindari untuk bertransaksi dengan penjual tersebut.

Selain latar belakang, lihat juga bagaimana penjual memperlakukan calon pembelinya. Jika Anda berniat untuk berbelanja di situs marketplace seperti Tokopedia yang menyediakan sistem rekening bersama untuk pembayaran dan si penjual mengajak Anda untuk bertransaksi di luar sistem, sebaiknya Anda berhati-hati. Bisa jadi penjual tersebut sedang ingin menipu Anda karena jika ia melakukan transaksi dengan sistem rekening bersama seperti yang ada di Tokopedia, maka sulit baginya untuk melakukan penipuan terhadap Anda.

Dilema penipuan ini ternyata tidak hanya menimpa calon pembeli, tapi juga para penjual. Terutama bagi mereka yang berjualan secara mandiri lewat jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Jika berjualan seperti ini, akan sulit bagi penjual untuk mengidentifikasi pembeli yang berniat jahat untuk menipu si penjual. Sebab, si pembeli bisa saja melakukan kecurangan dengan memanfaatkan celah yang mungkin ada di pihak penjual. Seperti misalnya, pemalsuan bukti transfer yang saat ini marak terjadi. Tidak semua penjual dapat memeriksa uang yang masuk di rekening mereka secara real time. Apalagi jika penjual tersebut tinggal di daerah yang tidak terjangkau oleh koneksi internet yang memadai. Sehingga untuk melakukan pengecekan mereka harus mengeceknya secara manual via ATM.

jual beli online
Metode pembayaran di Tokopedia.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya penjual menggunakan sistem yang sudah dibuat oleh e-commerce agar transaksi dapat lebih aman dan nyaman. Seperti contohnya di Tokopedia, uang yang dibayarkan oleh pembeli secara otomatis akan sampai di tangan penjual ketika barang yang dibeli oleh pembeli sampai di tangan mereka. Baik jika si pembeli tersebut melakukan konfirmasi penerimaan barang ataupun sudah ada konfirmasi dari pihak logistik bahwa barang sudah sampai di tangan penerima (pembeli). Uang yang dibayarkan tersebut akan tersimpan dengan aman di rekening bersama yang dimiliki oleh Tokopedia ketika terjadi transaksi jual beli lewat sistem yang ada. Ini merupakan sebuah win-win solution baik bagi para penjual maupun para calon pembeli.

Dengan adanya sistem yang aman tersebut, Anda tidak perlu takut lagi untuk melakukan jual beli secara online. Meskipun secanggih-canggihnya sebuah sistem, tetap ada saja celah sekecil apapun yang dimiliki oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini kembali lagi kepada netizen, baik penjual maupun pembeli. Banyak-banyaklah menggali informasi dan tetaplah selalu waspada di dunia maya. Sebab sistem yang canggih sekalipun bisa menjadi tidak berguna apabila pengguna sistem tersebut tidak memaksimalkan cara dan mengikuti aturan yang sudah disediakan.

Gambar diambil dari episerver.com dan tokopedia.com.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Harus teliti ya Gan... apalagi klo yg ga jelas enaknya sih yg perusahaan ngasih garansi jasa ekspedisi jadi aman setidaknya bisa complain

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. mantap artikelnya, kunjungi juga blog kami:
    pt ncs

    ReplyDelete

Post a Comment