Apple New Macbook Generasi Mackbook Terbaru yang Semakin Ramping

Bagi pecinta produk Apple, pada tanggal 9 Maret lalu telah dirilis sebuah generasi notebook terbaru dari Apple yaitu Apple New Macbook. Memiliki desain begitu ramping notebook ini menggunakan layar retina 12 inci. Jangan sampai tertukar dengan generasi Macbook sebelumnya, Macbook terbaru ini hanya dinamakan Macbook saja. Bukan Macbook Air atau pun Macbook Pro. Kehadirannya di tengah perkembangan teknologi memang yang paling ditunggu. Begitu Tim Cook, CEO Apple mempresentasikan notebook ini, jejaring social pun sibuk membicarakannya. Termasuk di Indonesia.

apple new macbook

Menurut Phil Schiller, SPV Worldwide Marketing Apple mengatakan bahwa Apple New Macbook merupakan notebook paling efisiesn dan ekstrem. Tebalnya hanya 13,1 mm dengan berat 0,92 kg. Dibandingkan generasi Macbook sebelumnya, baik Pro atau pun Air, tentu generasi terbaru ini lebih ringan dan tipis. Pada penggunaan material atau komponennya, bagi Macbook ternyata ini merupakan yang pertama kali untuk penggunaan logam secara keseluruhan. Layar retina 2304 x 1440 pixel untuk layar 12 incinya, diketahui dapat menghemat daya hingga 30% dibanding layar Macbook sebelumnya. Teknologi ini pun merupakan yang paling baru dimana pada tampilannya, bentangan dari layar kaca Macbook tersebut, edge to edge atau dari sisi ke sisi. Terdapat juga keyboard untuk melengkapi sistem kerjanya. Bentuknya tentu lebih tipis dengan model terbaru. Untuk teknologi yang digunakannya, keyboard ini menggunakan butterfly mechanism. Dibandingkan keyboard biasa dengan scissor mechanismnya, keyboard ini memiliki lebar lebih besar. Tidak akan memakan ruang dan tombol pun lebih stabil. Untuk ukuran tombol, dibandingkan dengan generasi Macbook sebelumnya, 17% lebih besar. Namun, untuk urusan ketebalan, Macbook generasi terbaru ini lebih tipis 40%.

apple new macbook

apple new macbook
apple new macbook


Seperti Apple Watch yang bersamaan dengan notebook ini diluncurkan, keduanya sama-sama menggunakan 4 force sensor bermesin Taptic untuk Force Touch trackpadnya. Trackpad yang sensitive dengan sentuhan ini, penggunaannya seperti berpindah, bukan ditekan atau pun digerakkan. Perubahan pada generasi terbaru ini juga terjadi pada adaptor powernya. Adaptor powernya menggunakan kabel yang reversible yaitu USB-C. Efisiensi paling hemat di dunia ditunukan dengan hanya 5 watt daya yang digunakan. Performa kerjanya didukung oleh Intel Core M untuk prosesornya dan 8 GB RAM. Selain itu, untuk kapasitas penyimpanan data mendukung hingga 512 GB. FaceTime kamera 480p, gambar terlihat lebih jelas. Baterainya berjenis lithium polymer 39,7 watt untuk ketahanan hingga 9 jam. Harga Apple New Macbook untuk tiga pilihan warna yang disediakannya, menembus angka sekitar Rp. 16,8 jutaan.


Gambar diambil dari macworld.co.uk.

Comments