Review Asus Zenfone 2: Multitasking Lancar Dengan RAM Berlimpah

Setelah sukses dengan Zenfone series generasi pertama pada tahun 2014, Asus kembali meluncurkan jagoan mereka di awal tahun 2015 ini. Tidak tanggung-tanggung, acara peluncurannya pun diselenggarakan secara mewah dan meriah. Indonesia patut berbangga, sebab acara yang diberi nama Experience 2morrow tersebut diselenggarakan di Jakarta. Bahkan, CEO Asus Global Jerry Shen turut hadir dan memberikan presentasi mengenai produk terbaru mereka tersebut.

asus zenfone 2
Asus Zenfone 2 hadir dalam beberapa varian di Indonesia, yakni ZE550ML, ZE551ML dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB, ZE551ML dengan RAM 4 GB dan ROM 32 GB, serta ZE551ML dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Penamaan tersebut cukup aneh dan membingungkan, terutama orang awam yang tidak terlalu melek soal gadget. Ke depannya mungkin Asus dapat membenahi penamaan agar lebih mudah dicerna orang awam. Kebetulan, penulis saat ini memiliki satu unit Asus Zenfone 2 tipe ZE551ML dengan RAM 4 GB dan ROM 32 GB.

Kesan pertama saat melihat Asus Zenfone 2 adalah bentuknya yang mirip dengan LG G3. Memang, sejak perilisan Zenfone series pertama Asus dengan LG berbagi desain satu dengan lainnya. Maka dari itu tidak heran jika Zenfone generasi pertama agak sedikit mirip dengan LG G2. Kesan mirip juga diperkuat dengan penggunaan metallic finish pada bagian back cover-nya yang sama dengan yang ada di G3. Zenfone 2 memiliki bentang layar 5.5 inchi dengan screen to body ratio hingga 72%, sehingga bezelnya tipis dan layar terlihat lebih maksimal.

asus zenfone 2

asus zenfone 2


Pada bagian depan, terdapat logo Asus, sebuah speaker untuk panggilan suara, serta kamera sekunder 5 megapiksel di atas layar. Terdapat 3 buah tombol kapasitif yang berfungsi sebagai tombol back, home, dan recent apps pada bagian bawah layar. Di bagian bawah tombol kapasitif tersebut tersisa sedikit ruang yang secara estetika membuat Zenfone 2 terlihat "lebih besar". Ruang tersebut mungkin digunakan untuk modul speaker utama yang berada di bagian belakang.

asus zenfone 2

asus zenfone 2

asus zenfone 2

asus zenfone 2


Bagian belakang Zenfone 2 sekilas terlihat seperti unibody, namun sebenarnya back cover-nya dapat dibuka. Pada bagian atas terdapat sebuah kamera utama 13 megapiksel ditemani dengan dual-LED flash. Di bawah kamera tersebut Asus memberikan tombol volume up-down, sebuah konfigurasi yang mirip dengan LG G2 maupun G3. Logo Asus yang cukup besar terdapat di tengah. Pada bagian bawah, terdapat sebuah logo Intel Inside, Zenfone, serta grill speaker utama.

Secara keseluruhan Asus Zenfone 2 memiliki build quality yang cukup baik. Hanya saja bagian sisi pinggirnya yang cukup tipis membuat phablet ini terlihat kurang mewah. Desain seperti ini menurut penulis lebih cocok jika diaplikasikan ke bodi yang memiliki konfigurasi unibody.

Layar Zenfone 2 memiliki resolusi 1080 x 1920 FULL HD. Menggunakan panel IPS, phablet ini memiliki karakteristik warna layar yang warm. Asus juga melapisi layar phablet ini dengan pelindung Gorila Glass 3, sehingga layarnya lebih tahan terhadap goresan. Di bawah teriknya sinar matahari, layar Zenfone 2 masih dapat terlihat cukup jelas asalkan brightness di set pada pengaturan maksimal.

Asus Zenfone 2 menggunakan ZenUI sebagai launcher bawaan. Memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Android versi vanilla, meskipun ada sedikit sentuhan agar antarmuka terlihat lebih menarik. Dalam pengoperasiannya, launcher ZenUI berjalan mulus tanpa lag sedikitpun. Berpindah-pindah home screenapp drawer, dan membuka control center serta notification bar sangat lancar dan intuitif. Pada ZenUI yang digunakan pada Zenfone 2, pengguna bisa mengganti tema melalui menu Themes.


asus zenfone 2
Tampilan homescreen Asus ZenUI.

asus zenfone 2
Tampilan app drawer pada Asus ZenUI.

asus zenfone 2
Tampilan notification bar pada Asus ZenUI.

asus zenfone 2
Tampilan control center pada Asus ZenUI.

Penggunaan dapur pacu kelas atas menjadi daya pikat utama Asus Zenfone 2. Berbekal prosesor empat inti  64-bit Intel Atom Z3580 2.3 GHz, pengolah grafis PowerVR G6430, serta memory RAM sebesar 4 GB. Aplikasi apapun lancar jaya tanpa hambatan. Perpindahan aplikasi juga cepat hampir tidak ada jeda. Beberapa judul games favorit penulis seperti Clash of Clans, Real Racing 3, CSR Racing, Dungeon Quest, hingga game online World of Tanks berjalan dengan mulus. Bahkan, menjalankan banyak aplikasi sosial media, instant messaging, hingga browser dengan banyak tab dilahap dengan sempurna berkat penggunaan RAM 4 GB dual channel.


asus zenfone 2
Skor Antutu dari Asus Zenfone 2.

asus zenfone 2
Skor Quadrant Standard dari Asus Zenfone 2.

Pada sektor hiburan seperti pemutaran musik dan video, Asus Zenfone 2 juga dapat diandalkan. Penulis mencoba mendengarkan beberapa lagu EDM favorit dari Zedd, Alesso, dan Calvin Harris serta beberapa lantunan pop dari Backstreet Boys dan The Script dengan menggunakan in-ear microphone Xiaomi Mi-Piston 2. Suara terdengar pas dengan padanan bass dan treble yang seimbang, setidaknya menurut pendengaran "kuping panci" penulis.

Jika diputar dengan menggunakan speaker ponsel, suara yang dihasilkan juga masih terbilang jernih untuk ukuran ponsel. Suara juga terdengar cukup nyaring dan kencang. Dengan speaker ini Anda tidak akan melewatkan deringan ringtone panggilan telepon ataupun notifikasi pesan.

Menonton video menggunakan Zenfone 2 terbilang enak dan nyaman untuk dinikmati dalam jangka waktu yang lama. Penulis mencoba memutar beberapa film dengan format .mkv beresolusi 1080p menggunakan aplikasi MX Player. Film berjalan lancar tanpa tersendat, teks subtitle juga muncul sesuai dengan waktunya.

Kamera menjadi salah satu elemen yang diunggulkan pada Asus Zenfone 2. Memiliki kamera utama 13 megapiksel dilengkapi dual LED-flash dengan teknologi Asus PixelMaster. Aplikasi kamera bawaan Asus juga terbilang kaya dengan fitur. Sebut saja mode Time Rewind, yakni menangkap gambar beberapa detik sebelum dan sesudah gambar yang asli. Ada juga mode selfie yang secara otomatis mengambil gambar dengan timer jika kamera mendeteksi wajah pengguna. Mode lainnya sepertilow light, HDR, panorama, serta depth of field juga tersedia. Inilah beberapa sampel kamera utama dari Zenfone 2.


asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ruang lounge.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ruang makan.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang dengan mode HDR.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ala kadarnya.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ala kadarnya dengan mode low-light.

asus zenfone 2
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ala kadarnya dengan lampu kilat.

Untuk kamera depan, Asus Zenfone 2 menggunakan kamera 5 megapiksel dengan lensa wide angle 140 derajat. Sama seperti kamera utama, kamera depan juga dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang mirip. Inilah beberapa sampel kamera depan dari Asus Zenfone 2.

asus zenfone 2
Kamera depan 5 MP - cahaya indoor.

asus zenfone 2
Kamera depan 5 MP - cahaya outdoor.

asus zenfone 2
Kamera depan 5 MP - indoor cahaya ala kadarnya.

asus zenfone 2
Kamera depan 5 MP - indoor cahaya ala kadarnya dengan mode low-light.

Peringatan: melihat hasil foto kamera depan dapat membuat Anda sakit mata, mual-mual, dan mungkin sedikit pusing. Efek samping lainnya bisa membuat Anda naksir penulis.

Hasil kedua kamera penulis mempersilahkan Anda untuk menyimpulkan sendiri. Pendapat penulis, kedua kamera Asus Zenfone 2 memiliki kinerja yang sangat baik terutama pada mode low-light. Kamera depannya patut diacungi jempol untuk Anda para penggemar selfie.

Sayangnya berbagai kelebihan dari Asus Zenfone 2 harus dibayar dengan daya tahan baterainya yang "biasa-biasa saja". Dengan pemakaian kasual ala penulis (60% jejaring sosial dan chatting, 20% bermain games, 20% mendengarkan musik) ponsel ini hanya dapat bertahan 8 jam. Untungnya Asus menyediakan fitur Boost Master, yakni semacam fast charging yang dapat mengisi daya Zenfone 2 dengan cepat. Ketika penulis coba, Boost Master tersebut berhasil mengisi daya Zenfone 2 milik penulis dari 30% ke 100% dalam waktu lebih kurang 1 jam.

Heating issue atau "kepanasan" menjadi momok yang cukup diperbincangan pada Zenfone generasi pertama. Penggunaan prosesor Intel CloverTrail pada saat itu diyakini menjadi penyebabnya. Bagaimana dengan Zenfone 2? Asus Zenfone 2 menggunakan prosesor Intel SilverMount yang memiliki fabrikasi 22 nm. Secara teori seharusnya lebih hemat daya dan lebih adem dibandingkan CloverTrail yang masih 32 nm. Pada prakteknya, Asus Zenfone 2 masih mendapatkan heating issue, terlihat dari hangatnya perangkat ketika digunakan untuk bermain games ataupun menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Namun suhunya tidak sepanas Zenfone generasi pertama. Mungkin pihak Asus dapat memberikan update firmware untuk dapat mengatasi masalah ini (dan tentunya update firmware untuk membuat penggunaan daya lebih irit lagi).


asus zenfone 2
Sisa storage pada saat pertama kali dinyalakan.

asus zenfone 2
Sensor yang terdapat pada Asus Zenfone 2.

Asus Zenfone 2 yang dinanti oleh banyak orang ini menjadi salah satu ponsel rekomendasi di kuartal kedua tahun 2015 ini. Namun sepertinya Anda harus bersabar sedikit, karena produk dengan garansi resminya baru akan mulai didistribusikan sekitar pertengahan Mei 2015. Dengan harga retail resmi Rp 3.999.000, Anda sudah dapat merasakan pengalaman smartphone flagship dengan prosesor kencang, RAM berlimpah, dan kamera yang bagus.

Terima kasih kepada Asus Indonesia yang sudah mengundang penulis untuk menghadiri acara Grand Launching Asus Zenfone 2 di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park, Jakarta.

Gambar produk diambil dengan Meizu M1 Note.

Gambar kamera diambil dengan Asus Zenfone 2 ZE551ML.

Gambar screenshot diambil dengan Asus Zenfone 2 ZE551ML.


Comments

  1. thanks min atas reviewnya, kalo boleh ane mau tanya, kulitas pengunaan LTE nya apa bisa di kedua slot sim , SIM 1 atau SIM 2 itu bisa LTE n apa bener ZF2 gak bisa pakek radio .. !! thank sebelumnya min ane tunggu jawabanya..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. LTE hanya bisa digunakan pada SIM1. SIM2 hanya GSM only yang mentok di EDGE.

      FM Radio bisa kok, hanya saja harus menggunakan headset.

      Delete
  2. Replies
    1. tergantung kebutuhan, jika melihat review dan spesifikasi yang ditawarkan sudah masuk kebutuhan Anda belum? :D

      Delete
  3. ini askar juara yang sekolah di SMP 110 yaaaa

    ReplyDelete
  4. kalo untuk pemakaian gaming doang bisa tahan berapa jam kira" min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. full gaming sih saya nggak yakin bisa lebih dari 3 jam :)

      Delete
  5. Wah mantappp.... Saya sebenarnya lumayan tertarik dengan Zenfone 2 ini, cuma harganya juga lumayan, hehehe :D

    ReplyDelete
  6. Wah mantappp.... Saya sebenarnya lumayan tertarik dengan Zenfone 2 ini, cuma harganya juga lumayan, hehehe :D

    ReplyDelete
  7. Nanya dong bang, kl dger musik ga bsa smbil muli task ya? Apa ada settingnya? Trus update app dr playstore jg ga bsa multi, kl gnti screen dia lgsg ke stop downloadnya -_- mksh bangg

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru sempat membalas. di unit yang pernah saya pakai sendiri, tidak ada masalah tersebut. multitask lancar kok :)

      Delete
  8. makasih infonya,,
    sangat menarik dan bermanfaat,,
    mantap

    ReplyDelete
  9. Bang, saya pengguna asus zenf2 ram 2gb rom 16 gb. Jadi, saya kecewa dengan performa kamera asus zenf2 yg apabila saya mengambil foto di malam hari dengan menggunakan lampu kilat hasilnnya sangat buruk/sangat kabur..., saya pikir itu hannya kesalahan saya dalam menngambil foto. Akan tetapi, sya tlah mncobannya brkali2 dan hasilnnya tetap sma.
    Apakah abng mmpunnyai solusi untuk zenf2 saya ini..??

    Saya tunggu jawbannya bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang patut diakui, kamera zenfone 2 ini bisa dibilang kurang oke untuk low light :)

      coba update firmware ke yang paling baru, seingat saya ada improvement untuk kamera

      Delete
  10. baterainya kan cpt panas bang,,berarti bs mengurangi umur baterainy y? (sbnrny mslh baterai ini,masalah besar bukan sih? )
    denger2 jg, ngk bs mengunci sinyal y bang? gmn mnurut abang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan baterainya yang cepat panas, tapi handsetnya secara keseluruhan (ini disebabkan prosesor intel). namun panasnya masih dalam batas yang ditolerir oleh komponennya :)

      soal sinyal sih tidak ada masalah kok, soal sinyal di Indonesia memang kan "posisi menentukan prestasi".

      Delete
  11. Kenapa kamera depan zenfone 2 saya tidak bisa di buka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa dibukanya seperti apa?

      sudah dicoba pakai aplikasi lain? apakah berfungsi?

      Delete
  12. Kenapa kamera depan zenfone 2 saya tidak bisa di buka?

    ReplyDelete
  13. Gan, kenapa ya kalo ane pake multitasking selalu balik ke awal lagi? Misalnya ane lagi main PES, terus ada BBM masuk, trus ane buka tuh BBM, nah pas balik lagi ke PES, ternyata PES nya ulang dari awal, gak lanjut kaya zenfone 5/6 ane dulu...

    Skarang ane make zenfone 2 Z00AD gan, 2/16

    Makasih gan []

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan RAM yang tersedia sudah habis, atau manajemen RAM pada firmware yang kamu gunakan kurang baik.

      solusinya coba kamu update ke firmware terbaru.

      Delete
  14. Kenapa kamwra depan pada hp asus zenfone 2 saya tidak berfungsi.
    1.tidak dapat foto dengan kamera depan
    2.tidak dapat video call dengan kamera depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sepertinya modul kamera depan Anda rusak.

      sebaiknya Anda ke service center resmi ASUS saja :)

      Delete
  15. Bang, mau tanya. Di review kan abang bilang kalo daya tahan baterainya "biasa-biasa aja". Kalo keseringan di charge, itu ga akan ngebuat baterainya cepet rusak? Atau yg lebih parahnya, lama kelamaan baterainya ga akan jadi menggembung? Apalagi Zenfone2 ini kan baterainya non-removeable.

    Mohon pencerahannya bang..
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu tidak, asal di charge dengan baik dan benar.

      Tips dari saya, usahakan untuk mengecharge ketika indikator baterai menunjukkan 20-30%.

      Delete
  16. Bang, mau tanya. Di review kan abang bilang kalo daya tahan baterainya "biasa-biasa aja". Kalo keseringan di charge, baterainya ga akan cepet rusak? Atau yg lebih parah, lama kelamaan baterainya ga akan jadi menggembung? Apalagi Zenfone2 ini kan baterainya non-removeable.

    Mohon pencerahannya bang.
    Makasih.

    ReplyDelete
  17. Dimana ya cari adapter charger yang buat boostmaster?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibeli di asus service center seharga Rp 120.000 kalau tidak salah

      bisa juga menggunakan charger milik Samsung Galaxy Note 4/S6/S6 Edge

      Delete
  18. Mau tanya bang..saya punya zenfone2 ram 2gb rom 16 gb..knp sinyal hp saya klo pake 3 cm mentok d H aj gak bisa sampai H+..saye pake indosal sim ny gak kbaca..ad yg tau knapa??

    ReplyDelete
  19. Bang mau tanya zenfone saya ram 2gb rom 16gb..sinyal ny klo pake 3 gan bisa H+ mentok d H aj..pake indosat malah sim ny gak kbaca..ad yg tau knapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya saya pernah lihat pembahasannya di grup FB Zenfone 2. Coba kamu main-main kesnaa deh.

      https://www.facebook.com/groups/zenfone2ID/

      Delete
    2. mau tanya, RAM zenfone 2 (4gb) hanya bisa digunakan setengah dari kapasitasnya. Dengan kata lain RAM zenfone 2 (4gb) terlalu banyak terpakai untuk sistem bawaan, tidak seperti smartphone pesaing-nya yang RAM-nya lebih kecil 1gb tetapi sistem bawaan-nya tidak banyak menguras RAM.. cara mengatasi-nya secara individual gmn yah??.. thq.

      Delete
    3. Anda bisa mencoba mematikan beberapa services bawaan yang tidak digunakan. Namun untuk melakukan itu Anda harus melakukan root terlebih dahulu. Silahkan main ke grup berikut untuk tips dan trik selanjutnya. Karena kebetulan saya sudah tidak menggunakan device ini lagi.

      https://www.facebook.com/groups/zenfone2ID/

      Delete
  20. Mau tanya dong bang, kalo asus zen2 ze551ml ram 2gb itu bisa pake adapter boostmaster ato nggak ? mohon pencerahannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya menggunakan fast charger ya? seingat saya sih bisa.

      Delete
  21. Permisi mau tanya dong. Saya baru aja ambil Asus zenfone 2 type ze551ml yg ram 2gb rom 16gb. Yg saya mau tanyakan knp ram yg terpakai 1gb lebih jadi sisa setelah aplikasi berjalan sisa 400mb itu kadang bikin nge lag. Bahkan kalo setelah apps bnyk berjalan suka crash. Apa perlu saya root atau emang ada eror di produk ya? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek aplikasi bawaan apa saja yang berjalan? jika ada aplikasi bawaan tidak terpakai yang mengganggu, misal seperti trip advisor atau zinio bisa di uninstall saja :)

      Delete
  22. Tanyan Bang.. tombol untuk "back", "home" & "tab" zenfone 2 tidak bercahaya. Apakah bisa sisetting atau memang tidak ada lampunya..? Terimakasih..

    ReplyDelete
  23. Tanyan Bang.. tombol untuk "back", "home" & "tab" zenfone 2 tidak bercahaya. Apakah bisa sisetting atau memang tidak ada lampunya..? Terimakasih..

    ReplyDelete
  24. Gan mau tnya kenapa ya tiap mau video ada tulisan "multilayar digunakan.kamera tidak dapat merekam video "..mohon bntuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba untuk mengganti mode kamera ke auto terlebih dahulu

      Delete
    2. Sudah diganti gan mode nya ke auto. Tp ttp ga mau video. Gmna ya gan?

      Delete
    3. Ttp ga mau gan sudah diganti ke mode auto.. Gmna ya gan? Mohon bntuannya.

      Delete
  25. Bang saya pux asus zenfone 2 ram 2gb knpa kamera depanya kabur sekali ya ? Mhon penjelasanya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah melakukan update firmware terbaru belum? kalau belum monggo dicoba dulu

      Delete
  26. Ada tambahan sedikit dari saya, mengenai foto dmlm hari, untuk mendapat kualitas foto yg baik, tekan dan tahan pada layar beberapa detik dan fokus pd objek tertentu, sampai gambar muncul dgn jelas, setelah itu foto dan lht hasilnya.

    ReplyDelete
  27. Bg firmware terakhir ane 2.20.40.92 , klo abg ap , soalnya pas pembaruan g ada jawaban

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, karena saya sudah tidak menggunakan Zenfone 2, maka saya ga bisa jawab :)

      Delete
  28. Replies
    1. sekarang saya sedang pakai LG G4. sementara ini sih betah pakainya :)

      Delete
  29. Tanya ya gan,
    Simc 2 koq ilang muncul ilang muncul ya? Apa krna simc potongan bukan ori micro?
    Sama juga jaringan data saya ilang muncul ilang muncul (bukan drop tapi bener2 notif H Ilang muncul). Jengkel banget eee
    Note: Z00Ad pakai 3 hari di jaringan data XL quality "great". Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba simcardnya minta tuker di XL Center :)

      Delete
  30. Maaf min mau tanya. Asus zenfone 2 ko ngga bisa video call ya??
    Mohon pencerahannya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk native video call memang tidak bisa Asus Zenfone 2 ini, harus menggunakan aplikasi seperti LINE, Skype dll

      Delete
  31. Gan, saya barusan beli di lazada zenfone 2 yg 32gb ram 4gb dgn harga 2,8jutaan. Cuma yg bikin saya kecewa koq zenfone nya ga bisa dinyalakan ya? Padahal box segel, dicharge awalnya jg ga ada tanda2 charge, setelah charge beberapa waktu baru bergetar dan bisa dicharge, setelah 3jam full bisa dinyalakan dan dipakai seperti biasa. Apa menurut gan kondisi gitu wajar utk sebuah smartphone baru yg segel? Dan apa dengan baterai yg kosong melompong dari pabrik apakah akan mempengaruhi kualitas baterai zenfone tsb ya? Mohon pencerahannya nih gan. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seharusnya sih tidak begitu ya. mungkin bisa di komplain ke pihak penjualnya :)

      Delete
    2. maksud dari "setelah charge beberapa waktu baru bergetar dan bisa dicharge"
      gimana ya , soalnya saya mengalami hal yang sama
      bung yohanes

      Delete
  32. Tambahan gan, utk charge kedua kalinya malah nampaknya lambat baru bertambah ya baterainya. Uda hampir 1 jam belum ada 40% nya, apa itu wajar? Type yg saya pakai zenfone 551ml 32gb ram 4gb. Trims gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih tidak selambat itu :)

      saya sendiri tidak pernah mengisi daya dalam kondisi kosong, minimal 20-30%.

      Delete
  33. Saya mau tanya, gimna caranya biar sosmed bisa update real time pada asus zen2, saya cari di setting kok tidak ada yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Evi, di Zenfone 2 saya dulu sih sosmednya update real-time semua tanpa di utak-atik. Bergantung kepada kestabilan koneksi internet juga sih :)

      Delete
  34. Koneksinya bagus, stabil kok, dri awal pakai memang ga mau realtime, trus kmren itu tiba2 ada nongol di notifikasi drains battery itu ttg pngturan aplikasi yang mau di update realtime, saya update lah sosmed nya semua, 1 hari kmaren itu mau dia realtime sosmednya semua, tapi hari ini sudah kembali lagi seperti semula, ga realtimešŸ˜Ÿ

    ReplyDelete
  35. Permisi saya mau nanya. Kalo pada layar camera video tidak bisa digunakan karna penggunaan multilayar. Itu bagaimana cara menghilangkan nya. Saya liat di settingan tidak ada. Terima kas .

    ReplyDelete
  36. Permisi saya mau nanya. Saya ga bisa merekam video baru2 ini. Karna penggunaan multilayar pada camera. Cara menghilangkan nya bagaimana ya?? Saya liat di settingan tidak ad . Thanks

    ReplyDelete
  37. Mas. Saya mau tanya. Awal saya beli asus zenfone 2 saya charger 2 jaman udah penuh. Tp sekarang kok 5 jam an baru penuh ya. Terus dilayar depan itu ada tulisan kadang 12 jam hingga penuh. Kadang 1 hari 5 jam hingga penuh. Mohon pencerahannya ya bos.

    ReplyDelete
  38. Mas saya mau nanya. Waktu saya beli asus zenfone 2 yg ram 2gb . awal saya charger 2 jam udah penuh.tp skarang kok 5 jam baru penuh ya. Di layar depan kadang ada pemberitahuan mengisi daya 12 jam hingga penuh bahkan 1 hari 5 jam gt. Mohon pencerahannya gan kenapa bisa begitu.

    ReplyDelete
  39. Mas saya mau nanya. Waktu saya beli asus zenfone 2 yg ram 2gb . awal saya charger 2 jam udah penuh.tp skarang kok 5 jam baru penuh ya. Di layar depan kadang ada pemberitahuan mengisi daya 12 jam hingga penuh bahkan 1 hari 5 jam gt. Mohon pencerahannya gan kenapa bisa begitu.

    ReplyDelete
  40. Min koq sya baru beli z2 ze551ml baru stengah taun koq speaker n performa kyk siput y? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  41. Vangke, ini yang review kocak abis, jadi ngakak :D
    Makasih atas review nya, om.
    Sangat jelas dan menarik :D

    ReplyDelete
  42. Kalo beberapa kali dicas sampai 3 jam atau 4 jam padahal dh penuh itu bakal ngembung atau bocor gk baterainya ?

    ReplyDelete
  43. Kalo beberapa kali dicas sampai 3 jam atau 4 jam padahal dh penuh itu bakal ngembung atau bocor gk baterainya ?

    ReplyDelete
  44. Kalo dalam 10 menit dri 100% jadi 90% itu normal gk sih? Padahal cuma browsing,bbm, n line aja

    ReplyDelete
  45. Bang klo beberapa kali dicas 3 jam atau 4 jam padahal dah penuh (ketiduran),itu bsa buat bterainya kembung atau bocor gk sih?

    ReplyDelete
  46. TOLONG DIBANTU BAGAIMANA CARA BUKA FM RADIO DI ZF2 RAM 4 GIGA

    ReplyDelete
  47. bang mohon maaf nh , cara ngatasin zenvon2 yg mentok di usb gmna ya? tolong bantu ya bang.

    ReplyDelete
  48. bang tolong bantu ya, asus zenfon 2 ane cuma mentok di usb doang? gmana cara bnerinnya ya?

    ReplyDelete
  49. Adminya dah Ganti MErk... hahahahaha

    ReplyDelete
  50. gan gabung ane baru beli zen 2 rm 4gb mati total gan ngk mau di cas indikator led juga ngk nyala saya udah ketemu penjual katanya baterai nya memang kosong dari pabrik harus di cas katanya itu beneran kah gan saya udah cas 1-2 jam kok ngk nyala juga indikator blom nyala kata penjual max di cas 8 jm lebih, mohon saran nya segera gan lagi butuh bntuan ni

    ReplyDelete
  51. ikut gabung gan ane baru beli zen 2 kata penjual baterai kosong dari pabrik harus di cas lama ane beli zen 2 4gb, apa bener gitu tolong saranya gan takutnya ruak

    ReplyDelete
  52. gan gabung ane beli zen 2 rm 4gb kata penjual baterai kosong dari pabrik harus di cas lama. saya cas ngk ada indikator led nya gan gimana gan bener apa ngak takut aja gan soal jauh dari tmpat servis

    ReplyDelete
  53. gak support radio, baterry cepat rusak... hp terlalu tebal.... kalo dipasangin casing mirip kayak hardisk tebal dan besar. shooting speed camera kalah sama samsung.... keunggulan lainya ok bgt

    ReplyDelete
  54. gak support radio, baterry cepat rusak... hp terlalu tebal.... kalo dipasangin casing mirip kayak hardisk tebal dan besar. shooting speed camera kalah sama samsung.... keunggulan lainya ok bgt

    ReplyDelete
  55. bang mau nanya nih,hp saya asus_Z00ED zenfone 2.Gimana ya cara menyambungkan asus ke laptop menggunakan kabel usb?
    karena jika disambungkan,lampu asus saya terus berkedip" dan sambungannya.putus-nyambung"..

    tolong di balas ya..:D

    ReplyDelete
  56. keunggulan nya yang pertama bagus deh,,semangat terus gan...salam hangat :))

    poker online

    ReplyDelete

Post a Comment