Review TP-Link AC1200 Archer T4UH: Solusi PC Tanpa Kabel

Teknologi nirkabel atau yang lebih dikenal dengan istilah asingnya, yakni wireless, kini menjadi sebuah keharusan. Bagaimana tidak, teknologi yang memancarkan sinyal di udara tersebut memiliki tingkat kepraktisan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan teknologi kabel. Berbagai alat di sekitar kita sudah mulai mengadopsi teknologi ini. Mulai dari keyboard, mouse, bahkan charger smartphone pun sudah menggunakan wireless. Dengan teknologi wireless, pengguna tidak akan lagi direpotkan dengan untaian kabel panjang yang dapat menimbulkan berbagai masalah.

TP-Link AC1200 Archer T4UH

Salah satu perangkat yang juga memanfaatkan teknologi wireless adalah modem. Pada zaman digital seperti sekarang ini, sebuah komputer tanpa tekoneksi ke jaringan internet bagaikan sayur tanpa garam. Hampir segala aktivitas kita setiap harinya membutuhkan koneksi internet. Mulai dari aktivitas kerja seperti membuka surel ataupun mengakses tempat penyimpanan awan, hingga aktivitas hiburan seperti membuka situs jejaring sosial, streaming video di YouTube, ataupun bermain game online. Dan untuk melakukan seluruh kegiatan tersebut, pengguna membutuhkan koneksi internet yang berkualitas dan dapat diandalkan.

Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas koneksi internet adalah modem ataupun perangkat wireless adapter untuk menangkap sinyal wifi dari modem utama. TP-Link menghadirkan solusi untuk pengguna komputer desktop yang ingin menggunakan teknologi wireless dengan meluncurkan wireless adapter TP-Link AC1200 Archer T4UH. Perangkat ini memungkinkan komputer pengguna, yang biasanya tidak memiliki wireless adapter seperti notebook ataupun smartphone, untuk terhubung ke koneksi internet melalui wifi. Dengan hanya menggunakan kabel USB, pengguna bisa langsung menikmati koneksi internet melalui wifi tanpa harus membuka casing komputer. Sangat praktis bukan?

TP-Link AC1200 Archer T4UH
Ilustrasi penggunaan TP-Link AC1200 Archer T4UH.

TP-Link AC1200 Archer T4UH
Fitur yang dimiliki TP-Link AC1200 Archer T4UH.

TP-Link AC1200 Archer T4UH memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah konektivitas USB 3.0. Dengan USB 3.0, kecepatan transfer data wireless adapter ini lebih cepat dibandingkan dengan perangkat yang masih menggunakan USB 2.0. Meskipun tidak berhubungan langsung dengan kualitas jaringan, namun konektivitas ini menjadikan Archer T4UH lebih stabil dan dapat diandalkan untuk digunakan dalam waktu yang lama. Keunggulan lainnya adalah perangkat ini sudah mendukung wireless dual band, artinya Archer T4UH dapat menangkap sinyal wifi di jaringan 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Teorinya, jaringan 5.0 GHz memiliki kualitas yang lebih stabil dan minim gangguan diabndingkan yang 2.4 GHz.

TP-Link AC1200 Archer T4UH
Perangkat TP-Link AC1200 Archer T4UH.

TP-Link AC1200 Archer T4UH
Kabel USB untuk menghubungkan TP-Link AC1200 Archer T4UH ke perangkat lain.

TP-Link AC1200 Archer T4UH
Konektivitas USB 3.0.

Sebelum menggunakan TP-Link AC1200 Archer T4UH, penulis menggunakan TP-Link Mini Wireless N TL-WN723N USB Adapter. Selama menggunakan Mini Wireless tersebut, penulis sudah cukup puas dengan kinerja yang diberikan. Hanya saja, menurut penulis kekuatan menangkap sinyalnya masih kurang baik. Hal ini mungkin dikarenakan letak komputer yang agak jauh dari router utama dan terhalangi oleh tembok serta atap beton. Mini Wireless tersebut hanya mampu menangkap sinyal wifi 2-3 bar saja.

TP-Link Mini Wireless N TL-WN723N USB Adapter
Perangkat TP-Link Mini Wireless N TL-WN723N USB Adapter.

TP-Link AC1200 Archer T4UH
Dihubungkan dengan kabel ke port USB 3.0 komputer penulis.
TP-Link AC1200 Archer T4UH
TP-Link AC1200 Archer T4UH siap digunakan!

Berikut beberapa pengalaman penulis selama menggunakan Archer T4UH selama beberapa hari:
  • Tangkapan sinyal wifi jauh lebih baik. Archer T4UH dapat menangkap sinyal hingga full bar. Tentunya ini lebih baik dibandingkan dengan perangkat USB wifi adapter yang penulis gunakan sebelumnya.
  • Kebetulan modem router penulis sudah mendukung jaringan 5.0 GHz, sehingga penulis mencoba menghubungkan Archer T4UH dengan jaringan tersebut. Hasilnya seperti teori, koneksi internet penulis lebih lancar (ketika di 2.4 GHz terkadang sering putus, tapi sangat jarang). Apalagi penulis tidak perlu berebut jaringan dengan orang lain yang perangkatnya hanya mendukung jaringan 2.4 GHz.
  • Penggunaan kabel USB yang cukup panjang memudahkan penulis untuk meletakkan Archer T4UH. Penulis juga dapat menggunakan slot USB yang bersebelahan (perangkat USB wifi adapter sebelumnya agak gendut, sehingga memakan 2 slot port USB).
Selain digunakan di komputer, TP-Link AC1200 Archer T4UH juga dapat digunakan di notebook ataupun laptop. Jadi buat pengguna yang memiliki laptop namun modul wifi-nya rusak atau tangkapan sinyalnya kurang baik, bisa juga menggunakan perangkat dari TP-Link ini. Oh ya, sebelum dapat menggunakan Archer T4UH, pengguna diharuskan untuk memasang driver terlebih dahulu. Driver dapat diunduh di situs resmi TP-Link (pada perangkat yang dimiliki penulis, cd driver tidak tersedia).

TP-Link AC1200 Archer T4UH merupakan perangkat wireless adapter yang sangat direkomendasikan untuk para pengguna komputer desktop yang tidak ingin repot. Pemasangan yang tidak perlu membuka casing komputer, kemampuannya menangkap sinyal yang sangat baik, serta dukungan jaringan dual band 2.4 GHz dan 5.0 GHz membuat perangkat ini sangat layak untuk dimiliki. Sayangnya hingga artikel ini diterbitkan, penulis belum mengetahui harga serta ketersediaan perangkat ini di pasaran. Semoga saja TP-Link segera mendistribusikan Archer T4UH dengan banderol harga yang ramah di kantong.

Gambar produk diambil dengan menggunakan Meizu M1 Note.



Comments

  1. apa di indonesia sudah di pasarkan , hrg nya brp ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Fadhel, produk ini sudah bisa ditemukan di pasaran. Harga sekitar 400 ribuan :)

      Delete
    2. murah sekali pak, belinya dimana?

      Delete

Post a Comment