Inilah 5 Hal Penguras Kuota Paket Data Internet

Di era ponsel pintar seperti saat ini, koneksi internet sudah wajib untuk dimiliki. Berbagai fungsi dan kelebihan yang ditawarkan oleh perangkat canggih membutuhkan koneksi internet. Tanpa koneksi internet, ponsel pintar yang Anda miliki menjadi tidak berdaya layaknya mobil yang kehabisan bensin.

penguras kuota paket data internet

Berbagai operator selular di Indonesia menawarkan paket internet berdasarkan kuota. Meskipun ada yang menawarkan paket internet unlimited, tetap saja Anda akan dikenakan FUP (fair usage policy) sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, penggunaan koneksi internet pada ponsel pintar yang Anda miliki harus diperhatikan. Jangan sampai sedang asyik-asyiknya chatting sama gebetan, eh internetnya mati karena kuotanya habis!

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penguras kuota paket data internet. Pada kesempatan ini, pemulis akan menjabarkan 4 hal yang seringkali memakan kuota paket data internet secara masif.

  • Mengunduh aplikasi berukuran besar

Mencoba berbagai aplikasi menarik yang ada di toko aplikasi memang mengasyikan. Apalagi jika aplikasi tersebut sedang hype dan banyak digunakan oleh teman-teman di sekitar Anda. Tidak jarang, aplikasi yang Anda unduh memiliki ukuran yang cukup besar. Terutama aplikasi games dengan grafik yang memukau. Hindarilah mengunduh aplikasi berukuran besar ketika sedang menggunakan koneksi jaringan selular. Usahakan untuk mengunduh aplikasi tersebut dengan menggunakan koneksi Wi-Fi yang biasanya ada di rumah, kantor, sekolah, ataupun tempat umum lainnya yang sering Anda kunjungi.

  • Auto-update aplikasi yang terpasang

Aplikasi yang terpasang pada ponsel pintar ataupun tablet Anda akan mendapatkan update secara berkala. Update tersebut memiliki ukuran yang sama dengan aplikasi ketika pertama kali Anda unduh. Permasalahannya, dengan fitur auto-update Anda seringkali tidak mengetahui kapan proses update tersebut terjadi. Sangat menyebalkan bukan jika update terjadi pada saat kuota sudah sekarat? Untuk itu, matikanlah fitur auto-update yang biasanya terdapat pada pengaturan di toko aplikasi ponsel pintar Anda.

  • Sering menikmati streaming video

Streaming video memang mengasyikan! Apalagi kalau yang ditonton itu video klip penyanyi favorit atau serial drama favorit. Tapi ingat, aktivitas yang satu ini dapat menyedot kuota Anda sangat banyak. Ibaratnya, nonton video dengan menggunakan metode streaming sama saja dengan Anda mengunduh video namun tidak memiliki file video tersebut. Apalagi file video biasanya berukuran cukup besar, sehingga dapat menjadi penguras kuota paket data internet Anda yang harus diperhatikan.

  • Menggunakan cloud storage sebagai tempat penyimpanan

Saat ini, media penyimpanan awan atau yang biasa disebut cloud storage sedang menjamur dikalangan pengguna perangkat pintar. Layanan seperti Google Drive, Dropbox, ataupun Apple Cloud menjadi populer karena fleksibilitasnya yang tinggi. Anda dapat membuka file yang tersimpan di cloud storage dari mana saja dan kapan saja, selama ada koneksi internet. Namun, banyak yang tidak sadar penggunaan cloud storage ini menjadi momok bagi para pengguna koneksi internet yang dibatasi oleh kuota. Meskipun ukuran file yang diakses biasanya tidak terlalu besar, seperti file dokumen dalam bentuk word atau spreadsheet, tetapi jika diakses secara simultan maka secara tidak sadar kuota Anda dapat termakan dalam jumlah yang cukup signifikan. Apalagi jika fungsi auto-backup dinyalakan, file dengan ukuran besar seperti foto-foto yang ada di dalam galeri Anda bisa membakar habis kuota paket data internet.

  • Melakukan panggilan video atau suara (VoIP)

Menelepon seseorang melalui panggilan video ataupun suara dengan menggunakan aplikasi instant messaging seperti LINE atau Whatsapp sedang meningkat popularitasnya. Sebagian orang menganggap, dengan melakukan panggilan video/suara dengan aplikasi tidak perlu mengeluarkan biaya pulsa lebih dibandingkan dengan melakukan panggilan suara biasa.Teori tersebut ada benarnya, jika panggilan video/suara dilakukan melalui jaringan Wi-Fi. Namun jika dilakukan dengan menggunakan paket data internet selular, maka panggilan tersebut dapat memakan cukup banyak kuota yang Anda miliki.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penguras kuota paket data internet yang Anda miliki. Bijak-bijaklah dalam mengakses internet dan manfaatkan koneksi internet melalui Wi-Fi gratis yang tersedia di tempat umum.


Gambar diambil dari photopin.com.



Comments