Inilah Benchmark Snapdragon 820, Saingi Exynos 7420

Pada tahun 2014, Apple meluncurkan chipset A8 dengan prosesor dual core Cyclone yang memiliki arsitektur 64-bit. Hal ini membuat Qualcomm, perusahaan prosesor mobile terbesar di dunia secara "latah" juga meluncurkan prosesor serupa. Sayangnya langkah Qualcomm tersebut gagal setelah mereka meluncurkan Snapdragon 810. Chipset dengan prosesor octa core 64-bit tersebut memiliki performa yang tidak stabil dengan masalah panas berlebih.

qualcomm snapdragon 820

Tidak mau lama-lama tertinggal dari kompetitor, Qualcomm langsung meluncurkan generasi penerus dari Snapdragon 810, yakni Snapdragon 820. Chipset yang memiliki prosesor quad core Kryo tersebut memiliki kecepatan 3 GHz dan dibuat dengan proses manufaktur 14nm milik Samsung. Proses manufaktur ini dianggap berhasil dilihat dari kesuksesan chipset Exynos 7420 yang terdapat pada Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge.

Qualcomm memutuskan untuk memproduksi Snapdragon 820 dengan "hanya" empat inti. Hal ini bertolak belakang dari Mediatek, yang juga baru saja meluncurkan prosesor sepuluh inti Helio X10. Sepertinya Qualcomm menyadari jika hal tersebut hanyalah bertujuan untuk marketing gimmick semata, mengingat Apple dengan hanya dua inti saja memiliki salah satu chipset tercepat. Selain itu, Nvidia Tegra K1 juga hanya memiliki empat inti namun tiap intinya memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan dengan inti yang ada pada prosesor octa core yang beredar.

Qualcomm Snapdragon 820 memiliki prosesor quad core yang sangat kuat, namun memiliki jarak frekuensi yang lebar. Sehingga, prosesor Kryo dapat berjalan lebih optimal dengan kecepatan tinggi pada mode performa dan kecepatan rendah pada saat mode standby. Inilah komparasi prosesor quad core Kryo dengan beberapa prosesor lainnya yang sudah beredar.

benchmark qualcomm snapdragon 820

Jika melihat pada grafik di atas, performa Snapdragon 820 cukup menjanjikan, terutama pada pengujian single core. Pada pengujian multi core, Kryo memang masih belum bisa mengungguli Exynos 7420. Namun chipset terbaru besutan Qualcomm tersebut memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 810. Semestinya, Snapdragon 820 juga memiliki GPU yang lebih baik dari Adreno 430. Apalagi saat ini resolusi layar tinggi, seperti QHD menuntut kemampuan GPU hingga titik paling tinggi. Sayangnya Geekbench tidak melakukan pengujian pada GPU dari Snapdragon 820.


via gsmarena.com.


Comments