Nokia Akan Meluncurkan Smartphone Baru Pada 2016?

Nokia direncanakan akan meluncurkan smartphone baru dengan merk mereka pada tahun 2016 nanti. Hal ini diungkapkan oleh CEO mereka, Rajeev Suri. Meskipun pada tahun lalu dan bulan April kemarin Nokia sempat membantah rumor ini, namun sekarang mereka akan berencana kembali ke pasar ponsel pintar dengan merk Nokia mulai tahun 2016.


Dilansir oleh GSMArena, perusahaan asal Finlandia itu akan melakukan strategi yang sama ketika mereka meluncurkan tablet N1 di Tiongkok. Nokia akan mendesain perangkat tersebut dan merk Nokia akan digunakan, namun Nokia tidak akan memproduksi perangkat tersebut sendiri. Untuk perihal produksi, Suri akan mempercayakannya kepada rekan terpercaya. Foxconn, manufaktur yang telah memproduksi tablet N1 kemungkinan akan masuk ke dalam salah satu rekan terpercaya tersebut.

Nokia belum dapat kembali ke pasar smartphone hingga kuartal ke dua tahun depan disebabkan oleh perjanjian dengan Microsoft ketika mereka menjual divisi mobile mereka ke perusahaan milik Bill Gates tersebut pada 2013. Namun, nama besar Nokia kini masih diingat oleh masyarakat dan banyak dari para pengguna gadget masih mengharapkan Nokia untuk bersinar kembali.

Kemungkinan smartphone terbaru dari Nokia nanti akan menggunakan sistem operasi Android, mengingat tablet N1 mereka juga menggunakan sistem operasi milik Google tersebut. Saat ini, Microsoft belum berhasil mengambil pasar ponsel pintar secara signifikan dengan setelah mereka mengambil alih bisnis mobile Nokia. Platform Windows Phone terlihat masih melempem di pasaran, dengan market share hanya 3% dari total secara keseluruhan. Dengan peluncuran smartphone Android, ada kesempatan emas di mana Nokia akan kembali berjaya kembali di ranah ponsel pintar.


via gsmarena.com.

Comments