Bocoran Snapdragon 820: Gunakan Prosesor Quad-Core Hydra Dan GPU Adreno 530

Tahun 2015 bukan tahun yang baik untuk Qualcomm. Raksasa chipset mobile tersebut harus mengakui bahwa Snapdragon 810 yang digunakan pada beberapa ponsel flagship, seperti HTC One M9, Sony Xperia Z3+, dan OnePlus 2 memiliki masalah overheat. Dengan masalah tersebut, performa ponsel menjadi tidak maksimal dan para produsen smartphone harus memutar otak agar ponsel buatan mereka bekerja secara optimal. Untuk itu, Qualcomm sedang mempersiapkan chipset baru, yang bernama Snapdragon 820, agar mereka dapat kembali ke persaingan yang cukup ketat.

qualcomm snapdragon 820

Berdasarkan bocoran yang berada di Tiongkok, Snapdragon 820 akan menjadi chipset kelas atas Qualcomm untuk menggantikan Snapdragon 810 yang bermasalah. Dengan menggunakan arsitektur modifikasi dari ARM, Qualcomm mengklaim bahwa prosesor yang berada pada chipset terbaru ini akan memiliki performa lebih tinggi hingga 35% dibandingkan dengan Cortex-A57. Pada kali ini, Qualcomm juga mempercayakan prosesor quad-core murni, dibandingkan dengan menggunakan octa-core big.LITTLE seperti yang ada pada Snapdragon 810. Pada sektor pengolahan grafis, chipset ini akan menggunakan Adreno 530 terbaru yang dipercaya memiliki performa 40% lebih tinggi dan efisiensi daya 30% lebih baik dibandingkan dengan Adreno 430.

qualcomm snapdragon 820

qualcomm snapdragon 820

Snapdragon 820 akan menggunakan proses manufaktur 14 nm, sama dengan Exynos 7420 milik Samsung. Dengan fabrikasi yang lebih kecil tersebut, diharapkan suhu yang dihasilkan oleh prosesor quad-core yang diberi nama Hydra itu tetap rendah meskipun dijalankan dengan kecepatan tinggi. Chipset terbaru ini juga mendukung kamera hingga 28 megapiksel, sensor yang hemat daya, serta memory LPDDR4. Chipset ini ditargetkan sudah dapat disebarkan kepada para produsen smartphone pada akhir 2015. Kemungkinan produsen akan menggunakannya pada ponsel keluaran tahun 2016 mendatang.


via androidpolice.com.

Comments