Samsung Galaxy Note 5: Phablet Canggih Dan Mewah Dengan Performa Tinggi

Samsung baru saja meluncurkan seri Note generasi terbaru, yakni Samsung Galaxy Note 5. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut membawa berbagai elemen yang terdapat pada Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, seperti penggunaan bodi metal dan kaca, chipset Exynos 7420, hingga kamera dengan sensor yang sama. Namun, phablet ini tetap menjaga ciri khas-nya sebagai seri Note dari Samsung yang berkualitas, tidak seperti merek lain yang hanya menempel nama "Note" saja.

samsung galaxy note 5

Sesuai dengan bocoran yang beredar sebelumnya, Samsung Galaxy Note 5 masih memiliki ukuran 5.7 inchi, hanya saja bezel di sekitar layarnya lebih tipis dibandingkan dengan Note 4. Layarnya bertipe SuperAMOLED dengan resolusi QHD, yang sama tajamnya dengan Note 4. Pada sektor dapur pacunya, Galaxy Note 5 menggunakan chipset Exynos 7420 yang sudah terbukti memiliki performa terbaik di kelasnya pada Galaxy S6 dan S6 Edge. Ditemani oleh RAM sebesar 4 GB, multitasking diyakini akan lebih lancar dan responsif dibandingkan dua saudaranya tersebut.

Dua hal yang menjadi kabar buruk bagi sebagian penggemar gadget adalah absennya slot microSD dan baterai yang dapat dilepas. Hal ini wajar, mengingat Note 5 menggunakan desain unibody yang sama dengan Galaxy S6. Untuk sebagian pengguna, kartu microSD adalah salah satu alternatif untuk menambah tempat penyimpanan dengan harga yang terjangkau. Terutama di negara-negara dengan koneksi internet yang belum stabil dan kencang (baca: belum bisa memanfaatkan cloud storage secara maksimal). Akan tetapi, pengguna boleh berbangga karena Samsung Galaxy Note 5 menggunakan internal storage berjenis UFS 2.0 yang memiliki kecepatan baca dan tulis lebih cepat dibandingkan dengan eMMC 5.0. Hanya saja, pilihan internal memory pada phablet anyar ini terbatas pada 32 GB dan 64 GB.

Baterai menjadi kekuatan utama seri Galaxy Note. Pada Note 5, Samsung menanamkan baterai berdaya 3,000 mAh. Terdengar mengecewakan, sebab kapasitas dayanya turun dari 3,220 mAh yang ada pada Note 4. Namun Samsung memberikan kompensasi berupa fitur pengisian daya cepat, baik pengisian daya dengan kabel maupun nirkabel. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir karena hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk mengisi daya gadget mereka.

Hal lain yang dibawa Samsung Galaxy Note 5 dari saudara kandungnya adalah kamera. Masih menggunakan sensor yang sama dengan resolusi 16 megapiksel, bukaan lensa f1.9, optical image stabilization, dan auto real-time HDR. Untuk perekaman videonya, Note 5 sanggup untuk merekam video hingga resolusi 2160p. Satu fitur baru disematkan Samsung pada phablet canggih ini, yaitu kemampuan untuk melakukan live stream ke YouTube hingga resolusi 1080p. Fitur ini belakangan menjadi populer berkat aplikasi Periscope.

Samsung Galaxy Note 5 akan tersedia dengan warna Black Sapphire, White Pearl, Gold Platinum, dan Silver Titanium. Para penggemar gadget di Amerika Serikat sudah dapat membelinya pada tanggal 21 Agustus 2015. Belum diumumkan kapan Samsung akan memasarkan Note 5 di negara lainnya. Harga banderolnya pun masih dirahasiakan, namun diduga akan lebih mahal dibandingkan dengan Samsung Galaxy S6.


via gsmarena.com.

Comments