Tips Aman Jual Beli Online

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemudahan jual beli online telah berkembang begitu pesat. Saat ini, banyak pedangang atau pebisnis yang pada awalnya hanya menjajakan dagangan dengan cara konvensional atau offline sudah menggunakan piranti teknologi, yaitu internet. Bahkan, banyak pula yang sebenarnya bukan merupakan pedagang ikut terjun ke dalam bisnis online. Memang di satu sisi hal itu dapat memacu semangat entrepreneurship, namun di sisi lain banyak oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan kepopuleran transaksi online untuk melakukan penipuan.


Transaksi jual beli online dapat membuka peluang bagi mereka yang ingin melakukan tindak kriminal penipuan untuk beraksi. Pasalnya, transaksi secara online tidak mengharuskan penjual untuk bertemu langsung dengan pembeli. Oleh sebab itu, agar tidak menjadi korban penipuan saat bertransaksi secara online, pembeli harus menjadi konsumen yang jeli dan cerdas. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana melakukan jual beli secara online yang aman:

  • Cari situs yang terpercaya

Ada banyak indikator yang dapat digunakan untuk melihat apakah kredibilitas sebuah situs jual beli secara online. Sebuah situs bisa dikatakan kredibel atau terpercaya apabila sudah melakukan promosi di berbagai media. Berapa lama waktu situs tersebut sudah beroperasi juga dapat dijadikan tolak ukur. Selain itu, banyaknya konsumen yang sudah berbelanja atau menggunakan jasa situs tersebut juga bisa dijadikan sebuah indikator.

  • Nama domain yang digunakan

Secara umum, ada dua situs jual beli online jika dilihat dari domain, yaitu yang memakai domain gratisan dan situs yang memakai Top Level Domain (TLD) yang menggunakan domain berbayar. Meski tidak semuanya, namun kebanyakan penipu online menggunakan domain gratisan karena mereka tidak ingin rugi.

  • Pastikan nomor kontak yang dicantumkan valid atau bsa dihubungi

Tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk mengecek semua nomor kontak yang diberikan oleh penjual online, misalnya nomor telepon, SMS, BBM, WhatsApp, Line, dan sebagainya. Pastikan bahwa semua kontak yang ada aktif. Sebaiknya hindari belanja di situs atau toko online yang tidak mencantumkan nomor kontak.

  • Cek salah satu resi yang ada

Jika situs jual beli online tersebut menunjukkan nomor resi pengiriman, maka tidak ada salahnya untuk mencari tahu benar tidaknya resi tersebut. Namun, beberapa toko online hanya menunjukkan tumpukkan resi dari konsumen yang pernah berbelanja, dan hal itu tidak dapat digunakan untuk mengecek. Akan tetapi, jika kriteria yang kami sebutkan sebelumnya sudah terpenuhi, rasanya sudah tidak perlu lagi mengecek kebenaran resi tersebut.

  • Pilih COD atau Cash on Delivery

COD atau Cash on Delivery adalah sistem pembayaran di mana produk yang Anda beli baru akan dibayar jika sudah Anda terima. Pembayaran pada sistem COD dilakukan secara tunai dengan cara menyerahkan uang sesuai dengan harga yang sudah disepakati kepada kurir. Namun, layanan COD ini biasanya hanya terbatas pada wilayah tertentu saja.

  • Jangan terpincut dengan penawaran yang menggiurkan

Apabila Anda hendak berbelanja bukan dari situs jual beli online yang kredibel, melainkan lewat BBM atau media sosial yang lainnya, maka sebaiknya jangan terlalu tergesa-gesa. Anda harus memastikan dulu bahwa si penjual memang bisa dipercaya. Wajib bagi Anda untuk meminta nomor telepon si penjual, kemudian menelepon nomor tersebut. Jika memang diperlukan, meminta nomor resi konsumen yang pernah berbelanja dan mengeceknya bisa sangat membantu. Tanyakan pula lokasi atau alamat penjual hingga sedetail-detailnya. Apabila ada hal-hal yang mencurigakan, sebaiknya hindari berbelanja di tempat tersebut.

  • Cari situs belanja yang menggunakan rekening bersama

Ada banyak situs jual beli secara online di Indonesia yang bisa Anda pilih. Salah satu bentuk dari situs jual beli adalah marketplace, di mana situs tersebut menjadi tempat berkumpulnya para penjual online dari berbagai pelosok nusantara. Situs jual beli marketplace biasanya memiliki sistem rekening bersama yang berfungsi untuk menjamin keamanan Anda. Uang yang sudah Anda bayarkan baru bisa dicarikan oleh penjual ketika Anda sudah melakukan konfirmasi bahwa pesanan yang Anda terima kualitasnya sesuai dengan apa yang dipromosikan. Ini adalah salah satu bentuk situs jual beli online yang paling direkomendasikan untuk menjadi tujuan Anda berbelanja online.

Comments