Tips Memilih Smartphone Android Murah Dan Berkualitas

Dari waktu ke waktu, smartphone Android murah jumlahnya semakin banyak, bahkan secara teknologi tidak kalah jika dibandingkan dengan produk smartphone yang harganya lebih mahal. Bagi sebagian orang, keberadaan ponsel Android dengan harga murah adalah kabar gembira. Sebab artinya mereka dapat memiliki gadget berteknologi tinggi dan menggunakan sistem operasi Android tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlampau besar.


Sangat disayangkan, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara memilih smartphone Android yang berkualitas maupun yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana ingin membeli smartphone Android berharga murah namun berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, maka penulis berikan sedikit tips tentang bagaimana memilihnya:

  • Kecepatan prosesor dan kapasitas RAM

Seperti halnya pada komputer, prosesor adalah otak dari smartphone. Saat ini, banyak smartphone Android murah yang memiliki prosesor bagus. Demi kelancaran Anda dalam beraktivitas menggunakan ponsel pintar, sebaiknya pilih smartphone yang telah dibekali dengan prosesor berkecepatan lebih 1 GHz atau lebih dan dengan kapasitas RAM minimal 1 GB.

  • Merek prosesor yang digunakan

Ada banyak sekali merek prosesor smartphone yang beredar, mulai dari Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, hingga MediaTek.Masing-masing dari merek tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada salahnya untuk sedikit riset terlebih dahulu dengan membaca forum ataupun mencari informasi lainnya di internet.

  • Layar

Dalam hal layar, ada tiga faktor yang harus selalu menjadi bahan pertimbangan Anda, yaitu ukuran, resolusi, jenis layar yang digunakan, serta lapisan pelindung yang disediakan. Untuk ukuran, sebaiknya Anda memilih smartphone Android murah yang ukuran layarnya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Bagi Anda yang senang menjelajah internet, menonton video, ataupun bermain games, semakin besar ukuran layarnya maka akan semakin nyaman untuk dilihat.

Jika sudah menemukan ukuran layar yang pas, maka pastikan resolusi layar ponsel tersebut tidak pas-pasan. Saat ini resolusi 720 x 1280 atau biasa disebut HD menjadi standar resolusi pada smartphone Android di rentang harga Rp 1 - 2 juta. Soal jenis layar, saat ini terdapat berbagai jenis layar yang digunakan, seperti TFT, IPS, dan AMOLED. Masing-masing dari jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangnya masing-masing. Namun untuk smartphone Android murah, biasanya menggunakan layar berjenis TFT atau IPS. Layar ponsel juga biasanya dilindungi oleh lapisan pelindung seperti Gorilla Glass atau Dragontail Glass. Lapisan tersebut cukup berguna untuk mengurangi goresan yang biasa terjadi pada layar smartphone.

  • Konektivitas

Konektivitas menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan. Di banyak kota, terutama kota-kota besar, saat ini telah tersedia jaringan 4G LTE yang memiliki kecepatan dan stabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan 3G. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih ponsel Android yang sudah mendukung jaringan 4G LTE agar dapat menikmati kecepatan koneksi internet yang lebih baik.

  • Kamera

Bagi sebagian orang, fitur kamera merupakan hal yang sangat penting dalam pemilihan smartphone Android. Bagi Anda yang hobi fotografi, ada baiknya memilih ponsel dengan kamera yang telah memiliki fitur lengkap, seperti auto focus dan lampu kilat. Kedua fitur tersebut saat ini sudah lazim ditemukan pada ponsel Android di rentang harga yang terjangkau.

Sangat dianjurkan sebelum membeli. Anda sebaiknya menentukan terlebih dahulu budget yang Anda alokasikan untuk membeli ponsel. Setelah itu, carilah produk yang masuk ke dalam rentang budget Anda. Jika sudah, lakukanlah sedikit riset dengan membaca-baca di forum, bergabung dengan grup di media sosial, ataupun membaca portal berita mengenai informasi seputar smartphone Android murah incaran Anda. Selamat berburu ponsel!

Comments