BlackBerry Priv Jadi Ponsel BlackBerry dengan Kamera Terbaik?

Selama ini, kamera yang ada pada ponsel BlackBerry sering dianggap kurang mumpuni. Dibandingkan dengan kamera yang ada pada ponsel Android ataupun iPhone, memang kamera BlackBerry bisa dibilang kalah dalam hal kualitas. Namun sekarang, sepertinya hal tersebut dibantah oleh BlackBerry Priv. Ponsel slider dengan kamera 18 megapiksel itu siap menantang berbagai ponsel flagship lainnya dalam hal fotografi.

blackberry priv

Situs fotografi yang biasa menjadi acuan dalam fotografi mobile, yakni DxO Labs, baru-baru ini menguji kamera yang dimiliki oleh ponsel BlackBerry dengan sistem operasi Android tersebut. Setelah dilakukan pengujian menggunakan DxOMark, ternyata BlackBerry Priv menunjukkan hasil yang menjanjikan. Bahkan ponsel pintar asal Kanada itu berhasil masuk ke dalam 10 besar smartphone dengan kamera terbaik.

Pada sektor dynamic range, kamera yang dimiliki BlackBerry Priv memiliki hasil yang memuaskan, bahkan di kondisi yang cukup menantang. Sedikit keluhan hanya pada mode HDR otomatis, di mana gambar yang sudah di-render menunjukkan tone curve yang terlihat dikompres. Ponsel ini juga mampu untuk menangkap gambar dengan level detail yang tinggi, baik pada kondisi cahaya cukup maupun low light. Bahkan reviewers pada DxO mengaktakan jika Priv memiliki kamera dengan detail low light terbaik dari semua perangkat yang pernah diuji.

Lanjut ke sektor warna, Priv juga mendapatkan pujian. Dengan karakteristik warna yang bisa dibilang "kuat dan memuaskan", meskipun terkadang white balanced" yang terkesan inkonsisten. Fokus otomatis dan lampu kilat dual-LED juga tidak mengecewakan. Kualitas video hasil perekaman dari kamera Priv juga memiliki hasil yang sangat baik. Detail yang terekam terlihat tajam dan secara keseluruhan memiliki exposure yang cukup. Hanya saja fitur optical stabilization memiliki sedikit keluhan seperti frame shift dan distorsi, namun hanya terlihat dalam kondisi low light.

Memasuki kesimpulan, BlackBerry Priv berhasil mendapatkan skor 82, menempatkannya di tingkat yang sama dengan iPhone 6S. Saingan lainnya seperti Huawei Nexus 6P dan Samsung Galaxy Note5. Namun tetap saja, hasil ini bisa dibilang adalah hasil terbaik yang pernah diraih oleh ponsel BlackBerry. Bukan tidak mungkin kedepannya BlackBerry akan memiliki ponsel pintar dengan kamera yang mampu mengalahkan ponsel Android maupun iPhone.


via gsmarena.com.

Comments