Mozilla Hentikan Pengembangan Firefox OS Untuk Smartphone

Eksperimen Mozilla untuk mengembangkan sistem operasi smartphone pada akhirnya berakhir. Secara resmi, Mozilla telah menyatakan bahwa mereka akan segera berhenti untuk menawarkan ponsel yang menggunakan Firefox OS melalui kanal operator. Langkah ini diambil oleh Mozilla lantaran mereka beranggapan bahwa sistem operasi besutan "rumah oranye" tersebut tidak dapat menawarkan user experience yang terbaik untuk para pengguna smartphone.

firefox os

Hingga saat ini, ponsel dengan Firefox OS hanya ponsel kelas low-end dengan penjualan yang tidak terlalu baik. Selain peredarannya terbatas, ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Firefox hanya dapat menjalankan aplikasi web, tanpa memiliki aplikasi native satu pun. Hal ini membuat minat para pengguna smartphone untuk menyicipi ponsel dengan Firefox OS pun pudar.

Meskipun pengembangan Firefox OS untuk smartphone diberhentikan, namun sistem operasi tersebut akan tetap "hidup". Dikatakan oleh Ari Jaaksi, SVP of Connected Devices dari Mozilla, bahwa sistem operasi Firefox akan tetap digunakan untuk perangkat yang terkoneksi lainnya seperti perangkat yang terkoneksi dengan jaringan Internet of Things.


via gsmarena.com.

Comments