LG G5: Smartphone Modular Pertama Dari LG Dengan Aksesoris Menarik

LG baru saja meluncurkan ponsel pintar Android flagship mereka, yakni LG G5. Ponsel ini diluncurkan tidak sendirian, karena ditemani oleh sejumlah aksesoris dan modul kelengkapan. Ya, Anda tidak salah dengar. G5 merupakan sebuah smartphone dengan konsep modular, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan bongkar-pasang pada bagian tertentu dari ponsel ini.

lg g5

Jika melihat secara sekilas, LG G5 memiliki desain yang mirip dengan Nexus 6P. Hanya saja, ukuran layar ponsel ini lebih kecil, yakni hanya 5,3 inci dibandingkan 6 inci yang dimiliki oleh 6P. Layar berjenis IPS tersebut memiliki resolusi QHD 2560 x 1440 piksel. Dengan ukuran layar yang lebih kecil, otomatis G5 memiliki tingkat kerapatan piksel yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu G4. Layar milik smartphone ini juga memiliki mode always-on yang ditopang oleh sebuah dedicated memory dan chip sekunder, sehingga daya yang digunakan hanya sekitar 0.8% tiap jamnya.

Untuk para penggemar ponsel Android, spesifikasi yang tinggi menjadi lirikan utama. Tidak terkecuali pada G5. Sesuai dengan rumor yang sudah beredar sebelumnya, ponsel ini menggunakan chipset terbaru Qualcomm Snapdragom 820 dengan RAM sebesar 4 GB, internal storage seluas 32 GB, dan sebuah slot microSD. Tidak hanya itu, G5 juga memiliki sebuah sensor sidik jari dan baterai berdaya 2800 mAh.

Kamera kembali menjadi primadona dari LG G5. Setelah sebelumnya kita terpukau dengan kemampuan G4, maka Anda akan lebih takjub melihat kamera dari ponsel anyar ini. Di bagian belakang terdapat dua kamera, yakni kamera utama 16 megapiksel dan kamera sekunder 8 megapiksel. Kedua kamera tersebut dapat menangkap objek yang digabungkan menjadi satu gambar dengan berbagai efek menarik. Kamera sekundernya juga dapat menangkap objek lebih lebar hingga 135 derajat. Untuk kamera depannya sendiri, G5 diperkuat depan kamera 8 megapiksel.

lg g5 magic slot

Dr. Ramchan Woo, Mobile Planning Chief LG mengatakan bahwa jika ia hanya mengumbar soal angka di spesifikasi, maka orang-orang tidak akan tertarik untuk melirik LG G5. Oleh sebab itu, LG memberikan "kebebasan bermain" bagi para penggunanya dengan meluncurkan berbagai modul ekstra, yang oleh LG disebut Friends. Ada dua "teman" baru yang menemani ponsel ini, yakni sebuah camera grip dan HiFi DAC. LG Cam Plus merupakan sebuah camera grip yang berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika mengambil foto ataupun merekam video menggunakan G5. Di dalam modul ini, juga terdapat baterai tanam yang berkapasitas 1200 mAh.

lg cam plus


Selain modul pendukung kamera, G5 juga memiliki LG Hi-Fi Plus. Modul ini merupakan sebuah DAC 32-bit dan amplifier combo unit eksternal yang dibuat berkolaborasi dengan Bang & Olufsen. DAC ini mendukung pemutaran native DSD dan dilengkapi dengan sepasang earphones dari H3 B&O Play. Berbeda dengan modul Cam Plus yang memiliki bentuk yang bulky, Hi-Fi Plus berbentuk sama dengan modul standar bawaan G5 dengan ukuran yang sedikit lebih panjang dan warna matte black. Modul DAC eksternal ini juga dapat melakukan proses upsample konten dari aplikasi apapun yang mengeluarkan suara, seperti pemutar musik ataupun video dari YouTube.

LG G5 akan mulai tersedia di pasar internasional pada awal April 2016 dengan varian warna gold, silver, titan, dan pink. Belum diketahui banderol harga dari ponsel ini. Namun jika melihat dari para pendahulunya, LG biasanya bermain aman dengan menempatkan G5 di bawah flagship kompetitor lain seperti Samsung, HTC, ataupun Sony.


via theverge.com.

Comments