Samsung Galaxy S7 dan S7 edge: Penyempurnaan dari S6 dan S6 edge

Penantian yang lama telah berakhir. Setelah beberapa waktu ini dihujani oleh banyak sekali rumor, akhirnya Samsung secara resmi meluncurkan Galaxy S7 dan S7 edge. Kedua ponsel tersebut masih membawa desain yang sama dengan pendahulunya, namun membawa berbagai peningkatan yang signifikan. Performa yang lebih baik berkat chipset terbaru, kamera dengan teknologi Dual Pixel terkini, ketersediaan slot microSD, dan kemampuan anti-air.

samsung galaxy s7

Samsung Galaxy S7 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 5,1 inci yang memiliki resolusi 2560 x 1440 dan tingkat kerapatan 557 ppi. Ukuran smartphone ini terbilang ringkas, dengan panjang 142,4 mm, lebar 69,6 mm, tebal 7,9 mm, dan berat hanya 152 gram. Ponsel ini memiliki kontur bodi yang lebih seksi dibandingkan dengan S6 karena memiliki lekukan seperti yang dimiliki oleh Galaxy Note5 dan efek layar 2.5D pada keempat sisi di depan. Untuk urusan performa, S7 menggunakan dua chipset berbeda sesuai dengan pasar yang dituju. Varian pertama menggunakan Qualcomm Snapdragon 820, sedangkan varian kedua, yang biasanya diluncurkan di Indonesia, menggunakan Exynos 8890. Kedua varian tersebut sama-sama menggunakan memory RAM sebesar 4 GB LPDR4 dengan pilihan internal storage 32 dan 64 GB. Belajar dari kesalahan pada S6, Samsung menyediakan slot microSD pada S7 yang dapat diisi dengan kartu microSD hingga kapasitas 200 GB.

Pada sektor kamera, Samsung Galaxy S7 dipersenjatai dengan kamera belakang 12 megapiksel. Meskipun nominal megapiksel tersebut terlihat kecil, namun perusahaan Korsel tersebut menanamkan berbagai teknologi baru di dalamnya. Sebut saja aperture f/1.7 yang dipasangkan dengan teknologi Dual Pixel yang memungkinkan S7 memiliki piksel sensor yang lebih besar yang dapat menghasilkan pengambilan gambar low-light yang lebih baik. Tidak lupa berkat teknologi tersebut, smartphone ini juga memiliki kecepatan fokus otomatis jauh lebih cepat. Belum selesai sampai disitu, Samsung juga menyematkan smart OIS dan fitur Motion Panorama yang memungkinkan pengguna untuk menangkap foto wide-angle.

samsung galaxy s7 edge

Samsung Galaxy S7 edge kembali meneruskan generasi layar lengkung dari seri edge. Kini hadir dengan ukuran layar yang lebih besar, yakni 5,5 inci. Ponsel ini juga hadir dengan ukuran bodi yang tidak jauh berbeda dengan saudara kembarnya, yakni dengan panjang 150,9 mm, lebar 72,6 mm, dan tebal 7,7 mm. Bobot S7 edge hanya terpaut 5 gram, yakni seberat 157 gram. Untuk spesifikasinya sendiri, S7 edge menggunakan "jeroan" yang sama persis dengan S7. Perbedaan hanya terletak layar lengkung, daya baterai, dan ukuran layarnya saja.

Beberapa spesifikasi lain yang ditanamkan ke dalam dua smartphone flagship ini antara lain baterai berdaya 3000 mAh (S7) dan 3600 mAh (S7 edge) yang mendukung pengisian daya cepat serta teknologi pengisian daya cepat nirkabel. Fitur lainnya yang dapat ditemukan adalah Wi-Fi ac dual band, MIMO, Bluetooth v.4.2, ANT+, dan dukungan NFC serta MST. Antarmuka TouchWiz berbasis Android 6.0 Marshwallow menjadi sistem operasi andalan kedua ponsel ini. Tidak lupa, rating IP68 yang terdapat pada S7 dan S7 edge membuatnya tahan air.

Rencananya Samsung Galaxy S7 dan S7 edge akan mulai menerima pre-order di Indonesia tiga hari lagi, yakni pada tanggal 27 Februari 2016. Belum ada kabar mengenai harga dari kedua ponsel tersebut. Namun jika melihat generasi sebelumnya, sepertinya tidak akan jauh berbeda.


via gsmarena.com.

Comments