Xiaomi Mi 5: Spesifikasi Gahar Harga Bersahabat

Xiaomi meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, yakni Mi 5, pada pagelaran Mobile World Congress 2016. Acara tersebut diadakan bekerjasama dengan Qualcomm dan tertera pada undangan, acara dimulai pada jam 8:20. Hal tersebut digunakan sebagai petunjuk "jantung" yang digunakan oleh ponsel anyar negeri Tirai Bambu tersebut. Mungkin Anda sudah menebak jika petunjuk tersebut menunjukkan jika Mi 5 menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 820. Betul sekali, smartphone ini memang menggunakan prosesor gahar tersebut.

xiaomi mi 5

Sebagai pembuka, Xiaomi Mi 5 memiliki layar seluas 5.15 inci dengan resolusi 1080p dan menggunakan teknologi 16 LED light backlight yang membuatnya terlihat lebih cerah (600nits) namun 17% lebih efisien dalam hal pemakaian daya. Di bawah layar tersebut, terdapat sebuah pembaca sidik jari yang juga berfungsi sebagai tombol home. Menurut penulis, tombol tersebut mirip sekali dengan yang biasa kita jumpai pada produk Samsung. Perlu diketahui, Mi 5 memiliki tiga varian yang berbeda sesuai dengan internal storage-nya, yakni varian 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Untuk dua varian pertama, ponsel ini memiliki bodi kaca pada bagian belakangnya seperti layaknya ponsel Xperia keluaran Sony. Khusus untuk varian 128 GB, Xiaomi menggunakan bahan keramik yang diyakini memiliki daya tahan lebih kuat. Varian tersebut juga memiliki nama tersendiri, yakni Mi 5 Pro. Untuk varian 32 dan 64 GB menggunakan Qualcomm Snapdragon 820 dengan kecepatan 1,8 GHz dan 2,15 GHz. Keduanya sama-sama dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB LPDDR4. Sedangkan untuk varian 128 GB menggunakan Qualcomm Snapdragon 820 dengan kecepatan 2,15 GHz dan dipasangkan dengan RAM sebesar 4 GB LPDDR4. Ketiganya sudah mendukung metode pengisian daya cepat Qualcomm Quick Charge 3.0.


Sektor fotografi diyakini menjadi salah satu unggulan pada ponsel ini. Menggunakan sensor Sony IMX298 dengan resolusi 16 megapiksel, PDAF autofocus, dan sebuah teknologi pixel-to-pixel isolation yang dapat mengurangi light bleed dari satu piksel ke piksel yang lainnya. Mi 5 juga memiliki OIS 4-axis yang membuatnya lebih stabil dari guncangan pada saat perekaman video. Kamera tersebut juga ditemani oleh dual-LED flash serta dilindungi oleh kaca safir. Untuk kamera depan, smartphone ini menggunakan kamera 4 megapiksel yang memiliki ukuran piksel yang lebih besar, sehingga pengguna mendapatkan hasil selfie yang lebih terang. pada kondisi low light.

Baterai dengan daya 3000 mAh diyakini cukup untuk menemani aktivitas penggunanya seharian. Apalagi sudah ada dukungan pengisian daya cepat, sehingga pengguna tidak perlu khawatir. Xiaomi Mi 5 menggunakan sistem operasi MIUI 7 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow. Untuk banderol harga, smartphone ini bisa dibilang cukup terjangkau. Varian 32 GB dibanderol seharga US$ 305, sedangkan varian 64 GB dibanderol seharga US$ 350. Untuk varian 128 GB yang juga disebut Mi 5 Pro, "hanya" dipatok seharga US$ 410. Untuk Anda yang berdomisili di Tiongkok, Mi 5 bisa didapatkan mulai tanggal 1 Maret 2016 melalui situs mi.com. Belum diketahui kapan ponsel ini akan mulai diedarkan di negara lain, khususnya Indonesia.


via androidauthority.com.

Comments