OnePlus X Diluncurkan Kemarin, Masih Layak Dibeli?

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya para penggemar OnePlus bisa bersorak gembira. Salah satu ponsel kelas midrange mereka, yakni OnePlus X, baru saja dijual ke pasar pada hari Senin, 28 Maret 2016 kemarin. Bekerjasama dengan salah satu e-commerce terkenal di Indonesia, ponsel pintar asal Tiongkok tersebut dijual seharga Rp 3.399.000. Bahkan jika menggunakan promo kartu kredit dan kode voucher diskon, Anda bisa meminang smartphone cantik ini dengan harga di bawah 3 juta rupiah saja.

oneplus x
via gsmarena.com

Namun banyak khalayak bertanya-tanya, apakah OnePlus X ini masih layak untuk dibeli? Mengingat saat ini banyak produk lain yang baru keluar dan memiliki spesifikasi yang sama bahkan lebih tinggi dibanding OPX ini. Untuk menemukan jawabannya, penulis akan sedikit menjabarkan beberapa poin penting yang dapat kita lihat dari ponsel midrange besutan OnePlus ini.

Performa

Berbicara mengenai performa tidak terlepas dari dapur pacu yang digunakan oleh sebuah ponsel. OnePlus X menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan prosesor quad-core Krait 2.3 GHz dan pengolah grafis Adreno 330. Kombinasi prosesor dan pengolah grafis ini marak digunakan pada ponsel flagship keluaran 2014. Meskipun sudah cukup berumur, namun Snapdragon 801 masih bisa bersaing dengan chipset kelas midrange masa kini. Bahkan, performanya bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 615 yang banyak digunakan oleh ponsel berharga serupa (beberapa merek bahkan lebih mahal). Sehingga jika kita mengacu kepada performa, OnePlus X dijamin tidak akan mengecewakan penggunanya.

Desain

Memiliki bodi yang terdiri dari kaca pada bagian depan dan belakang serta anodized metal frame pada bagian sisinya membuat OnePlus X terlihat cantik dan menawan. Tidak hanya itu, bagian depan dan belakang ponsel ini juga dilindungi oleh lapisan pelindung Gorilla Glass 3 sehingga tahan terhadap goresan. Ukuran layar yang "hanya" 5 inci juga membuat OPX memiliki ukuran bodi yang kompak dan mudah untuk disimpan di dalam saku celana.

Layar

Salah satu kelebihan yang dapat ditemukan pada OPX adalah penggunaan layar berjenis AMOLED. Biasanya, di kisaran harga 3 jutaan kita hanya menemui ponsel pintar yang menggunakan layar berjenis IPS LCD. Namun OnePlus memberikan bonus khusus, yakni berupa layar AMOLED yang memiliki karakteristik warna lebih hidup dan dipercaya lebih power efficient dibandingkan dengan LCD. Memiliki resolusi 1080p dengan tingkat kerapatan piksel sebesar 441 ppi, layar OPX dapat memanjakan mata penggunanya.

Kamera

Kamera merupakan salah satu elemen penting pada smartphone saat ini. Tidak terkecuali pada OnePlus X. Ponsel ini memiliki kualitas kamera yang bisa dibilang cukup baik. Memiliki kamera belakang 13 megapiksel dengan aperture F/2.2 dengan sensor ISOCELL buatan Samsung. Kamera tersebut juga dilengkapi fitur hybrid auto focus, namun pengguna tidak akan menjumpai mode perekaman 4K, OIS, maupun laser auto focus. Untuk kamera depannya sendiri, OPX menggunakan kamera 8 megapiksel dengan aperture F/2.4 yang cukup untuk kebutuhan selfie Anda.

Melihat dari empat poin tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa OnePlus X masih layak untuk dimiliki saat ini. Dengan banderol harga serupa, Anda akan kesulitan untuk menemukan ponsel dengan spesifikasi dan kemampuan serupa. Di sini penulis berbicara ponsel pintar dengan garansi resmi ya, bukan yang distributor. Kalau garansi distributor sih tidak perlu ditanya lagi, he he he.

Sebenarnya sih, ada dua kelemahan dari OPX ini. Namun dua kelemahan tersebut menurut penulis tidak termasuk hal yang penting sih, paling tidak untuk di Indonesia. Dua kelemahan tersebut antara lain tidak tersedianya fitur NFC dan sensor sidik jari. Untuk sensor sidik jari tersendiri saat ini belum terlalu dibutuhkan, selain fitur keamanannya untuk membuka/mengunci layar. Fitur NFC pun sepertinya belum terlalu banyak yang pakai. Sehingga menurut penulis, dua fitur tersebut tidak adapun masih belum menjadi masalah yang berarti, masih masuk ke kategori nice to have.

Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli OnePlus X ini? Atau adakah ponsel pintar lain yang menurut Anda lebih pantas untuk dipinang pada rentang harga yang sama? Share di kolom komentar ya!

Comments