Google Ubah Tampilan Icon Play App, Lebih Seragam dan Mudah Diingat

Google Play Store telah berkembang sangat pesat sejak awal kehadirannya sebagai Android Market. Berawal dari sebuah "pasar" untuk mencari dan mengunduh berbagai aplikasi untuk Android, kini Play Store memiliki konten yang jauh lebih beragam. Sebut saja Play Movies & TV untuk konten filem dan serial televisi, Play Music untuk konten musik. Play Games sebagai wadah komunitas gamer di Android, Play Books untuk konten e-book, dan Play Newsstand untuk konten berita.

google play icon

Untuk dapat membuat berbagai layanan tersebut terlihat lebih seragam, Google memutuskan untuk mengubah tampilan dari icon keluarga Google Play. Desain terbaru itu menampilkan beberapa layanan Play yang menyerupai tombol play yang biasa ditemukan pada alat pemutar musik maupun video. Icon versi lama sebenarnya juga tidak jelek, namun Google melakukan perubahan desain ini agar layanan Play mereka lebih mudah diingat. Seperti yang dilansir oleh Phone Arena dari laman blog resmi Android:

"Sejak diluncurkannya Google Play empat tahun yang lalu, kami selalu menambahkan sebuah aplikasi baru untuk mengembangkan Google Play Store. Hari ini, semua icon kami mendapatkan update untuk menyediakan tampilan yang lebih konsisten untuk semua keluarga aplikasi Play."

Icon lama seperti yang ada pada gambar di bawah, akan digantikan dengan icon baru pada gambar di atas mulai beberapa minggu mendatang.

google play icon

Perubahan desain icon ini memang bukan perubahan yang membawa perbedaan yang signifikan. Namun menurut penulis, perubahan icon tersebut dapat memberikan tampilan yang lebih segar dan konsisten sehingga akan lebih mudah terpatri ke dalam otak konsumen. Bagaimana menurut Anda?

Comments