HTC 10: Akankah Menjadi Game Changer Untuk HTC?

Beberapa hari yang lalu, HTC meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka untuk tahun ini. Ponsel pintar yang dijuluki HTC 10 tersebut datang sebagai penerus dari HTC One M9 yang diluncurkan tahun lalu. Memiliki desain campuran dari seri M dan A, ponsel ini tampil menawan dengan bodi metal serta layar dengan curved edges.


htc 10

HTC 10 memiliki layar Super LCD 5 seluas 5,2 inci dengan resolusi quad HD yang diklaim memiliki warna 30% lebih banyak dari pendahulunya. Layar tersebut dilindungi dengan lapisan pelindung Gorilla Glass. Terdapat sebuah sensor sidik jari yang diapit oleh dua buah tombol kapasitif pada bagian di bawah layar. Pada sisi kanan bodi ponsel, terdapat sebuah tombol volume dan juga tombol power.

Berbicara mengenai spesifikasi inti, perusahaan Taiwan ini tidak main-main. Sama seperti beberapa kompetitornya, HTC 10 menggunakan Qualcomm Snapdragon 820 yang ditemani oleh RAM sebesar 4 GB. Untuk media penyimpanan, ponsel ini memiliki internal storage seluas 32 GB dan pengguna bisa menambahkannya menggunakan kartu microSD. Namun jangan senang dulu, di beberapa negara, termasuk Indonesia, HTC 10 gosipnya akan dijual dengan menggunakan Snapdragon 652. Tidak diketahui motif apa yang membuat HTC memutuskan untuk melakukan downgrade pada prosesor flagship ini. Sepertinya sih untuk menurunkan harga jual agar dapat lebih bersaing melawan kompetitor yang lebih terkenal, seperti Samsung Galaxy S7 dan LG G5. Tahu sendiri kan biasanya HTC mematok harga yang cukup tinggi di Indonesia.

htc 10

Kamera merupakan salah satu titik lemah HTC pada seri flagship mereka. Dimulai dari HTC One M7, yang hanya memiliki kamera 4 megapiksel di saat kompetitornya beralih ke 13 megapiksel, hingga HTC One M9 yang memiliki kamera 20 megapiksel namun memiliki performa yang buruk dibandingkan lawan-lawannya. Namun kali ini, mereka telah berbenah. HTC 10 menggunakan kamera belakang 12 megapiksel yang dilengkapi dengan OIS, aperture f/1.8, lampu kilat dual-LED, dan sistem laser autofocus generasi kedua. Kamera tersebut juga mampu untuk melakukan perekaman video resolusi 4K dengan audio 24-bit high resolution. Kamera depannya juga boleh diadu, dengan resolusi 5 megapiksel yang juga dilengkapi OIS dan aperture f/1.8 serta wide-angle lens. Bagi para penggemar selfie, siap-siap untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik!

Fitur audio menjadi salah satu daya tarik dari smartphone HTC, tidak terkecuali HTC 10. Ponsel ini memiliki sistem audio high resolution dengan dilengkapi sebuah headphone amp yang memiliki kekuatan dua kali lebih besar dibandingkan ponsel pintar lainnya. Smartphone ini mampu melakukan upscale audio ke kualitas 24-bit, dan HTC telah membuat fitur kostumisasi profil audio yang menyetel suara spesifik untuk telinga pendengarnya. Di dalam paket penjualan, HTC 10 datang dengan Hi-Res certified earphones dan HTC juga sudah bekerja sama dengan JBL untuk memproduksi sebuah headphone khusus yang dapat disambungkan melalui port USB-C. Fitur audio unik lainnya yang dimiliki oleh ponsel ini adalah kemampuannya untuk memutar musik secara nirkabel melalui speaker bersertifikasi AirPlay.

htc 10

Melihat kemampuannya di atas, tertarikkah Anda untuk meminang ponsel ini? Siapkan dana hingga US$ 699 atau sekitar Rp 9,2 juta untuk dapat membawa pulang HTC 10. Apakah smartphone ini akan menjadi game changer dan mengubah nasib HTC dari keterpurukan? Kita tunggu saja sepak terjangnya beberapa waktu mendatang.


via theverge.com.


Comments