Huawei P9, Dual Camera oleh Leica Jadi Senjata Utama

Setelah beberapa waktu dibanjiri oleh rumor yang beredar, akhirnya kini Huawei P9 diluncurkan secara resmi pada sebuah acara di London, Inggris. Sama seperti generasi sebelumnya, yakni P8, kamera menjadi sisi yang ditonjolkan dari ponsel flagship asal Tiongkok ini. Lalu bagaimana ponsel pintar tersebut siap untuk melawan beberapa flagship yang sudah hadir terlebih dahulu seperti Samsung Galaxy S7 dan LG G5?

huawei p9
Huawei P9 memiliki layar berjenis IPS LCD dengan ukuran 5.2 inci dan resolusi 1080p. Untuk urusan dapur pacu, Huawei mengandalkan chipset rancangan mereka sendiri, yakni Kirin 955. Chipset tersebut terdiri atas prosesor octa-core dengan kecepatan 2.5 GHz untuk empat inti Cortex-A72 dan 1.8 GHz untuk empat inti Cortex-A53. Prosesor tersebut ditemani oleh GPU Mali-T880 MP4. Huawei menyediakan dua varian untuk P9, yakni varian RAM 3 GB dengan 32 GB internal storage dan varian RAM 4 GB dengan 64 GB internal storage. Kedua varian tersebut memiliki slot microSD yang dapat digunakan bergantian dengan slot kartu SIM kedua.

Kamera menjadi senjata utama dari Huawei P9. Dirancang bersama spesialis lensa dari Jerman, yakni Leica, kamera belakang P9 terdiri atas dua unit 12 megapiksel. Satu unit tersebut berfungsi untuk menangkap gambar berwarna. satu unit lainnya untuk menangkap gambar hitam dan putih. Kedua unit kamera tersebut bekerja bersama yang diyakini dapat menghasilkan gambar yang lebih detail dan dapat mengurangi noise secara signifikan pada kondisi low light. Kedua unit kamera tersebut memiliki aperture f/2.2, serta field of view-nya setara dengan lensa 27 mm. Untuk fitur autofocus-nya sendiri, P9 mengandalkan kombinasi dari laser, kontras, dan kalkulasi kedalaman bidang.

Satu yang disayangkan dari kamera P9 adalah absennya OIS. Namun patut dimaklumi, mengingat sangat sulit, bahkan hampir tidakmungkin Huawei dapat menstabilkan kedua unit kamera secara identik. Meskipun tidak ada OIS, seharusnya unit kamera yang menangkap gambar monokrom dapat membantu ketika pengguna ingin menangkap/merekam objek pada kondisi cahaya redup. Tidak hanya itu, P9 juga sudah dibekali dual-LED flash jika pengguna membutuhkan. Bagi para pengguna yang sering foto selfie, kamera depan ponsel pintar ini memiliki unit 8 megapiksel dengan aperture f/2.4. Kamera depan tersebut seharusnya sudah cukup untuk menghasilkan foto selfie yang bagus.

huawei p9

Huawei P9 memiliki bodi yang terbuat dari aluminum. Desainnya terinspirasi dari Nexus 6P, yang juga dibuat oleh Huawei. Smartphone ini dilengkapi juga dengan port USB Type-C. Untuk banderol harganya, Huawei mematok P9 senilai Rp 8,9 juta untuk varian 3 GB/32 GB dan Rp 9,7 juta untuk varian 4 GB/64 GB. Ponsel pintar ini akan tersedia mulai 16 April mendatang dengan beberapa negara Eropa dan Timur Tengah yang akan mendapatkan gelombang pertama. Negara lainnya akan menyusul di bulan berikutnya. Belum ada informasi apakah ponsel ini akan beredar di pasar Indonesia.


via gsmarena.com.



Comments