Masihkah Perangkat Nexus Anda Mendapatkan Update?

Sudah menjadi sebuah rahasia umum jika perangkat Nexus memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar gadget. Salah satu dari daya tarik tersebut adalah ketersediaan update sistem operasi terbaru. Biasanya, perangkat Nexus memiliki napas hingga dua tahun.Jadi, selama dua tahun setelah peluncurannya smartphone maupun tablet dengan embel-embel Nexus akan mendapatkan update secara langsung dari Google terlebih dahulu sebelum manufaktur lainnya mengirimkan ke perangkat masing-masing.

update android nexus

Baru-baru ini Google baru saja merilis waktu jaminan update perangkat Nexus. Melalui laman Google Support, tertera jika beberapa perangkat Nexus tetap mendapatkan update sistem operasi Android ke versi terbaru hingga dua tahun dari masa peluncurannya. Untuk update yang bersifat penambalan keamanan, Google menjamin hingga tiga tahun setelah peluncuran atau 18 bulan sejak Google Store berhenti menjual perangkat tersebut. Misalnya, jika Google Store menghentikan penjualan Nexus 5 pada Juni 2016 ini, maka Nexus 5 tersebut akan mendapatkan update penambalan keamanan hingga Desember 2017.

Melihat pada keterangan dari Google, beberapa perangkat Nexus terbaru seperti 5X dan 6P akan mendapatkan update sistem operasi Android ke versi baru hingga September 2017. Sedangkan untuk tablet Nexus 9 hanya akan mendapatkan update sistem operasi Android hingga Oktober 2016 mendatang.


via support.google.com.

Comments