OnePlus 3: Perbaikan dari Generasi Sebelumnya, Tetap Hadir dengan Harga Menarik

Setelah berminggu-minggu dunia per-gadget-an heboh dengan berbagai bocoran mengenai OnePlus 3, akhirnya ponsel pintar tersebut menunjukkan wujud aslinya. Dengan bodi fisik yang sama dengan apa yang telah dilihat khalayak pada saat bocorannya beredar, smartphone ini siap menambah persaingan di ranah harga kelas menengah, namun memiliki spesifikasi kelas atas yang sebelumnya di dominasi oleh Xiaomi Mi 5. Lalu apa saja kelebihan dari ponsel ini?

oneplus 3

Sebagai pembuka, OnePlus 3 hadir dengan beberapa fitur yang sebelumnya hilang pada OnePlus 2. Fitur-fitur tersebut antara lainnya adalah teknologi pengisian daya cepat yang dinamakan Dash Charge, kembalinya NFC untuk pembayaran mobile, serta tersedianya speaker dengan suara yang lebih lantang. Jika Anda adalah seseorang yang mengagumi aksesoris StyleSwap pada OnePlus 2, pastinya Anda akan senang mendengar bila aksesoris tersebut hadir kembali di OnePlus 3 ini.

Melihat desain dari OnePlus 3, bisa dibilang desainnya terlihat generik meskipun terlihat cantik. Penggunaan bahan aluminum pada bodi ponsel membuat smartphone ini terlihat mewah dan kokoh. Pada bagian depan, kita disuguhkan dengan layar seluas 5,5 inci yang memiliki resolusi 1080p Full HD berjenis AMOLED yang dilindungi dengan Gorilla Glass 4. Di bawah layar tersebut, terdapat sebuah tombol Home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Di dalam bodi aluminum OnePlus 3, tertanam sebuah chipset gahar buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 820. Chipset tersebut terdiri dari prosesor dual-core Kryo 2,15 GHz dan dual-core Kryo 1,8 GHz serta ditemani dengan GPU Adreno 530 sebagai pengolah grafis performa tinggi. Anda senang menjalankan banyak aplikasi sekaligus? Tidak akan menjadi masalah untuk ponsel ini, karena dibekali dengan RAM sebesar 6 GB. Untuk media penyimpanannya, smartphone ini memiliki internal storage seluas 64 GB dan tidak memiliki slot external storage. Seharusnya ukuran tersebut sudah cukup untuk mayoritas pengguna Android saat ini.

oneplus 3

Pada bagian belakang bodi OnePlus 3, terdapat sebuah kamera yang memiliki resolusi 16 megapiksel dan sensor Sony IMX298. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur optical image stabilization, fokus otomatis phase detection, mode perekaman video 4K, lampu kilat LED, serta kontrol manual. Untuk Anda yang gemar selfie, ponsel ini memiliki kamera depan 8 megapiksel dengan sensor Sony IMX179 dan mampu melakukan perekaman video 1080p yang lebih baik, karena dilengkapi dengan electronic image stabilization.

Jika melirik pada software yang dibawa, OnePlus 3 akan menggunakan OxygenOS yang berbasis Android 6.0.1. Satu hal yang menarik dari antarmuka milik OnePlus ini adalah kemiripannya dengan Android Vanilla yang minim dengan bloatware, Meskipun begitu, OxygenOS tetap memiliki segudang fitur menarik, seperti penukaran tombol navigasi antara hardware dan software, mode gelap, status bar yang dapat dikostumisasi, serta berbagai gesture yang mungkin dapat membantu Anda disegala kondisi.

Walaupun kali ini datang tanpa embel-embel flagship killer, OnePlus 3 tetap dapat dilihat sebagai sebuah ponsel spesifikasi tinggi, penampilan mewah, dan harga yang cukup terjangkau. Benar sekali, ponsel ini dibanderol hanya US$ 399 atau setara dengan Rp 5,3 juta saja. Pembelian ponsel ini pun tidak lagi menggunakan metode invitasi seperti pada produk-produk OnePlus sebelumnya. Calon pembeli bisa langsung membelinya melalui laman resmi OnePlus. Hanya saja, jangan terlalu berharap besar ponsel ini bisa masuk Indonesia secara resmi. Sebab, perwakilan OnePlus belum lama ini menyatakan bahwa mereka angkat kaki dari Indonesia. Jika Anda sangat menginginkan ponsel ini, tunggu saja versi hand carry atau garansi distributornya beredar di online marketplace lokal.


via androidcentral.com.

Comments