Asus Zenfone 3 Deluxe series: Ponsel Snapdragon 821 Pertama di Dunia

Asus sepertinya mencoba untuk menaikkan level mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Pada pagelaran Zenvolution 2016 di Nusa Dua, Bali kemarin, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah smartphone Android kelas high-end pertama mereka. Asus Zenfone 3 Deluxe series adalah jajaran ponsel yang ditujukan untuk pengguna yang mendambakan performa terkuat dengan desain yang menawan. Lalu seperti apakah penampakan dari perangkat ini?

zenfone 3 deluxe


Asus Zenfone 3 Deluxe memiliki garis desain yang sama dengan model basic-nya, yakni Zenfone 3. Namun jika Zenfone 3 memiliki lapisan kaca di bagian belakangnya, Zenfone 3 Deluxe mengadopsi bahan metal. Ponsel ini juga memiliki desain invisible antenna, sehingga pengguna tidak akan menemukan garis tipis atau jeda non-metal yang biasa digunakan untuk menempatkan antena.

Ingin mencari ponsel dengan performa paling "ngebut"? Zenfone 3 Deluxe bisa mendapatkan predikat tersebut. Sebab, ponsel pintar ini adalah perangkat pertama di dunia yang menggunkan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Chipset tersebut terdiri atas prosesor octa-core berkecepatan 2,4 GHz dan GPU Adreno 530. Ditunjang dengan RAM sebesar 6 GB, pengguna dapat membuka aplikasi apapun dan melakukan multitasking tanpa harus takut performa ponselnya tersendar. Untuk media penyimpanan, smartphone ini sudah menggunakan internal memory seluas 256 GB berjenis UFS 2.0. Konon katanya, internal memory jenis ini lebih cepat hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan eMMC 5.1 yang umum digunakan pada ponsel lainnya.

zenfone 3 deluxe

Sama seperti Zenfone 3, kamera pada Zenfone 3 Deluxe juga menjadi salah satu fitur yang ditonjolkan oleh Asus. Berbekal kamera belakang 23 megapiksel dengan sensor Sony IMX318 dan pengolah gambar PixelMaster 3.0. Tidak hanya itu, kamera tersebut juga dibekali dengan 4-axis optical image stabilization (OIS) untuk pemotretan dan 3-axis electronic image stabilization untuk perekaman video (EIS). Tri-tech laser autofocus yang ada pada Zenfone 3 juga ditanamkan pada ponsel ini.

zenfone 3 deluxe

Untuk fitur dan spesifikasi lainnya, smartphone Android ini dilengkapi dengan kamera depan 8 megapiksel, sensor sidik jari, konektivitas 4G LTE, dan baterai tanam 3,000 mAh. Ponsel ini juga mendukung fitur pengecasan cepat Quick Charge 3.0. Ada satu hal yang cukup nyeleneh menurut penulis, di saat banyak produsen berlomba-lomba menawarkan ponsel flagship dengan layar QHD, Asus masih mempertahankan layar Full HD pada Zenfone 3 Deluxe ini. Namun berdasarkan pengamatan penulis pada saat hands-on  di acara Zenvolution kemarin, layar berjenis Super AMOLED tersebut tidak kalah tajam dan bagus jika dibandingkan dengan layar ponsel flagship lainnya. Kemungkinan Asus ingin mengejar efisiensi baterai dan performa yang tentunya lebih gahar. Tidak lupa, layar tersebut sudah terlindungi oleh Gorilla Glass 4.

Ada beberapa varian Zenfone 3 Deluxe yang bisa dipilih oleh pengguna. Varian pertama yang memiliki spesifikasi tertinggi yang disebutkan di atas, dengan kode tipe ZS570KL dibanderol dengan harga Rp 11.099.000. Jika ingin yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan performa, Anda bisa memilih Zenfone 3 Deluxe varian Snapdragon 820 dengan RAM 4 GB dan internal memory 64 GB seharga Rp 9.099.000.

zenfone 3 deluxe

zenfone 3 deluxe

zenfone 3 deluxe

Apakah Zenfone 3 Deluxe dengan Snapdragon 820 masih belum terjangkau dengan kantong Anda? Tenang saja, ada satu varian lagi yang bisa Anda lirik. Zenfone 3 Deluxe dengan layar 5.5 inci dan spesifikasi yang mirip dengan Zenfone 3 bisa Anda bawa pulang seharga Rp 6.099.000. Bagaimana menurut pembaca akan strategi harga yang dibanderol Asus untuk varian ponsel flagship mereka? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya!

Comments

  1. ah cucok lah sama spesifikasinya kalau harga segini. .

    ReplyDelete

Post a Comment