Xiaomi Mi Mix: Ponsel Konsep Canggih dengan Layar Istimewa

Xiaomi baru saja meluncurkan sebuah konsep ponsel pintar yang membuat jagat Android berdecak kagum. Konsep yang diberi nama Mi Mix tersebut diyakini dapat membuat iri ponsel pintar lainnya. Salah satu yang ditonjolkan dari ponsel Android ini adalah layarnya. Hadir dengan ukuran 6,4 inci serta memiliki rasio screen-to-body hingga 91,3%. Artinya, ponsel ini memiliki bezel yang sangat tipis, bahkan mungkin bisa dibilang edgeless/borderless.

Gambar dari androidcentral.com.
Xiaomi Mi Mix merupakan hasil kerjasama antara Xiaomi dengan desainer Prancis, Philippe Starck. Bodinya memiliki bahan keramik dan pada bagian depan, Anda hanya dapat menemukan sebuah layar yang hampir memenuhi seluruh bodi. Hanya ada "dagu" kecil di bagian bawah, di mana pengguna akan menemukan sebuah kamera depan beresolusi 5 megapiksel. Berkat desain layar seperti ini, Mi Mix menggunakan sebuah sensor jarak ultrasonik menggantikan sensor proximity tradisional. Di ponsel ini, Anda juga tidak akan menemukan speaker kecil yang biasa digunakan untuk mendengarkan panggilan suara. Namun Xiaomi menggantinya dengan sebuah teknologi cantilevel piezoelectric ceramic acoustic yang dapat menghantarkan suara tanpa membutuhkan sebuah receiver.

Gambar dari arstechnica.com.

Tidak hanya layarnya saja yang dibanggakan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut, Xiaomi Mi Mix juga membawa sejumlah hardware terkini yang dapat ditemui pada ponsel kelas flagship. Sebut saja chipset Snapdragon 821, RAM sebesar 6 GB, internal storage seluas 256 GB, kamera belakang 16 megapiksel, dan baterai berdaya 4400 mAh. Meskipun memiliki embel-embel concept phone, namun Xiaomi sudah siap untuk melepas ponsel ini ke pasar Tiongkok dengan banderol harga yang cukup fantastis. Model dengan RAM 6 GB dan internal 128 GB dapat dimiliki seharga US$ 516, sedangkan untuk varian RAM 6 GB dan internal 256 GB dapat ditebus seharga US$ 590.

Dari keterangan yang beredar di beberapa media online, Xiaomi Mi Mix hanya akan dipasarkan di Tiongkok saja. Tidak ada rencana dari Xiaomi untuk memasarkan Mi Mix di luar Tiongkok. Apalagi ke Indonesia, sepertinya Mi Mix akan terganjal dengan peraturan TKDN. Namun jangan khawatir, dari pengalaman yang sudah-sudah, biasanya akan muncul secara ajaib beragam tipe Xiaomi terbaru di beberapa online marketplace dengan embel-embel "garansi distributor" tidak lama setelah produk tersebut diluncurkan. Tertarik untuk memiliki ponsel dengan layar yang "wow" ini, guys?

Comments