Harapan Untuk Dunia Teknologi Indonesia di Tahun 2017

Halo pembaca setia Mainhape! Selamat tahun baru 2017 bagi teman-teman yang merayakan. Di tahun 2016 yang lalu, kita sudah melewati berbagai peristiwa, baik suka maupun duka. Mulai dari rentetan peluncuran smartphone baru, skandal baterai Samsung Galaxy Note 7, hingga Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang masih mengandung unsur diskon palsu. Namun itulah hidup, kadang berada di atas dan kadang berada di bawah layaknya sebuah permainan roller coaster.

Keramaian perayaan malam tahun baru 2017 di salah satu sudut Jakarta Utara. Foto diambil menggunakan Asus Zenfone 3 ZE520KL dengan mode Auto.

Seperti biasa, di awal tahun yang baru ini banyak masyarakat yang memiliki harapan agar mereka bisa memiliki hal-hal yang lebih baik lagi. Baik dari sisi kesehatan, ekonomi, percintaan, maupun kehidupan secara umum. Tidak terkecuali harapan untuk dunia teknologi. Setelah di tahun 2016 kita tutup dengan topik populer "om telolet om", kira-kira apa saja yang kita harapkan akan terjadi pada dunia teknologi di tahun 2017 ini?

  • Jaringan 4G LTE yang lebih merata di Indonesia
Mungkin ini adalah harapan semua masyarakat pengguna gadget dari Sabang sampai Merauke. Tidak dipungkiri, masyarakat di beberapa kota besar di Indonesia sudah bisa menikmati kecepatan internet yang lebih baik berkat hadirnya konektivitas 4G LTE. Akan tetapi, kecepatan yang masih belum konstan serta penyebarannya yang masih kurang merata mengakibatkan tidak semua orang bisa menikmati internet kencang.

Ketika dahulu seorang menteri mengatakan "internet cepat buat apa?", nampaknya di tahun 2016 pertanyaan tersebut sudah bisa terjawab dengan beragam konten digital yang wajib dinikmati menggunakan internet kencang dan stabil. Ya, layanan streaming musik dan video serta permainan online bisa dibilang telah menggeser hiburan tradisional. Kemungkinan di tahun 2017 ini perkembangannya pun akan lebih pesat lagi. Maka dari itu, semoga saja operator-operator yang ada di Indonesia meningkatkan kembali kualitas jaringan 4G LTE mereka dengan ekspansi ke pelosok-pelosok yang belum terjamah.

  • Layanan purnajual yang lebih baik
Salah satu hal yang dipertimbangkan ketika seseorang ingin membeli sebuah produk teknologi, baik itu smartphone, tablet, maupun laptop adalah layanan purnajual. Namanya juga barang elektronik, pastinya tidak luput dari kerusakan yang dapat terjadi di masa depan. Untuk itu, layanan purnajual, baik dari segi kuantitas service center maupun kualitas dari pelayanan service center itu sendiri diharapkan menjadi lebih baik lagi di tahun 2017. Apapun merk dan tipe dari produk teknologi yang kamu gunakan, pastikan kamu membelinya dengan garansi resmi serta dijamin oleh layanan purnajual resmi juga.

  • User experience > spesifikasi hardware
Semenjak negara api menyerang, banyak produsen smartphone yang mulai menjual produk dengan spesifikasi hardware yang bisa dibilang tinggi, namun mengesampingkan user experience dari produk mereka sendiri. Hal ini menjadi salah satu momok kekurangan dari smartphone berbasis Android yang hingga saat ini menurut penulis belum terpecahkan sepenuhnya. Memang sih, ada beberapa produsen yang sudah mulai meracik sistem operasi yang tertanam pada produk mereka sedemikian rupa sehingga menciptakan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Namun sepertinya, masih banyak produsen yang tidak terlalu memperdulikan hal tersebut.

"Ah tenang aja, yang penting beli smartphone spesifikasinya tinggi dulu. Soal software bisa dioprek belakangan". Kalimat ini seringkali dilontarkan oleh sebagian pengguna Android yang masuk ke dalam golongan power user. Ada hal yang mereka lupakan sepertinya: 

1. Tidak semua orang memiliki minat dan waktu untuk melakukan oprek pada ponsel mereka.
2. Ponsel pintar itu dibeli untuk memudahkan penggunanya, bukannya bikin repot.
3. Ponsel terbaik adalah ponsel yang di mana ketika bisa langsung digunakan setelah dikeluarkan dari dus dan dinyalakan.

Yah, semoga saja di tahun 2017 ini, semakin banyak produsen smartphone Android yang memperbaiki user experience dari produk mereka. Tentunya dengan menyuguhkan spesifikasi yang sepadan ya.

Itulah beberapa harapan penulis untuk dunia teknologi, khususnya di Indonesia tahun 2017 ini. Bagaimana dengan harapan kamu sendiri? Coba deh sampaikan di kolom komentar.

Comments

  1. semoga terus berkembang pesat untuk teknologi Indonesia.
    cek artikel menarik serupa di :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

    ReplyDelete

Post a Comment