Google Akan Mematikan Google Now Launcher

Launcher pertama dari Google, yakni launcher yang terpasang secara default pada ponsel Android seri Nexus akan dimatikan. Google Now Launcher yang biasa disebut stock launcher tersebut nampaknya sudah mulai tergantikan perannya seiring dengan perkembangan Pixel Launcher yang hadir pada smartphone seri Pixel. Namun kabar buruknya, belum ada kepastian apakah Pixel Launcher tersebut akan didistribusikan oleh Google melalui Play Store.

pixel launcher
Gambar dari androidcentral.com.

Menurut kabar yang beredar dari surelyang diterima oleh Android Police, Google berencana untuk menarik Google Now Launcher dari Play Store pada bulan Maret. Setelah itu, pengguna masih bisa menggunakan launcher tersebut dan tetap menerima pemuktahiran melalui Google App. Namun jika pengguna menghapus launcher tersebut dari ponselnya ataupun berganti ke ponsel baru. maka pengguna mau tidak mau harus beralih ke launcher lainnya.

Kabar menarik lainnya yang didapatkan dari surel tersebut adalah saat ini para produsen ponsel pintar Android dapat menambahkan laman Google Now di dalam launcher mereka menggunakan library dari Google Search Launcher Services. Fitur penambahan tersebut merupakan salah satu fitur yang sudah diidam-idamkan sejak lama oleh para pengembang launcher pihak ketiga. Meskipun untuk sementara fitur ini hanya dapat dikembangkan oleh para produsen smartphone dan belum diketahui kapan bisa juga dinikmati oleh para pengembang aplikasi di Google Play.


via androidcentral.com.

Comments