Samsung Perkenalkan Exynos 9, Siap Menantang Snapdragon 835

Chipset Exynos buatan Samsung siap untuk melaju lebih jauh setelah mereka memproduksi seri Exynos 9. Berbasis fabrikasi 10 nm, chipset yang diberi nama Exynos 8895 ini dijanjikan akan memiliki peningkatan performa hingga 27% dan konsumsi daya lebih hemat hingga 40% dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang berbasis fabrikasi 14 nm.

exynos 8895

Exynos 9 menggunakan prosesor octa-core yang terdiri dari empat inti custom core buatan Samsung sebagai cluster besar dan empat inti lainnya Cortex-A53 sebagai cluster kecil. Untuk pengolah grafisnya, Samsung mempercayakan kepada Mali-G71, yang memiliki 20 GPU cores dan kemampuan untuk virtual reality. Modem buatan Qualcomm masih dipercaya untuk dibenamkan pada chipset ini. Dengan kemampuan Gigabit LTE yang memiliki kecepatan unduh hingga 1 Gbps dan unggah 150 Mbps, modem ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Sebuah modul keamanan juga sudah tertanam yang dapat ditandemkan dengan pemindai sidik jari dan iris scanner untuk pembayaran digital yang lebih aman.

exynos 9 8895


VR menjadi sebuah fokus utama dalam seri Exynos 9 8895 ini. Menggunakan GPU yang memiliki kemampuan VR dan dapat meminimalisir efek latency untuk pengalaman VR yang lebih baik. Selain itu, chipset ini juga mendukung perekaman dan pemutaran video hingga resolusi 4K pada 120 fps. Ditanamkan juga sebuah Vision Processing Unit, yang berfungsi untuk menangkap objek bergerak di dalam video.

Samsung berencana akan menggunakan Exynos 9 tidak hanya di smartphone flagship saja, tapi juga di dalam sistem infotainment yang ada di dalam dunia otomotif. Salah satu pabrikan yang sudah siap menggunakan Exynos adalah Audi. Sepertinya akan ada banyak pabrikan lainnya yang akan menggunakan chipset buatan Samsung untuk mobil andalan mereka.


via gsmarena.com.

Comments