APFS: Fitur Terbaik pada iOS 10.3 yang Tidak Terlihat

Apple baru saja meluncurkan update iOS 10.3 belum lama ini. Pemuktahiran ini menjadi salah satu yang terbesar untuk iOS 10. Ada beberapa update besar yang terdapat pada iOS 10.3 ini, mayoritas update yang terlihat adalah untuk aplikasi Maps, Carplay, dan Siri. Namun sebenarnya, ada satu pemuktahiran lainnya yang menjadi fitur terbaik dalam sejarah iOS. Sayangnya fitur tersebut tidak terlihat dan mungkin tidak Anda rasakan secara langsung. Fitur apakah itu?

Gambar dari thenextweb.com.

Dilansir oleh The Next Web, Apple memperkenalkan filesystem terbaru pada update iOS 10.3 yang bernama APFS. Hal ini mungkin terdengar tidak menarik bagi kebanyakan orang awam. Namun update ini sebenarnya sangatlah bermanfaat dan dapat mengubah cara ponsel pengguna bekerja setiap harinya. Penggunaan APFS memungkinkan iOS. dan juga MacOS bekerja lebih optimal. Sebab, filesystem ini dirancang untuk penggunaan tempat penyimpanan flash storage yang lazim digunakan pada perangkat iPhone dan iPad (eMMC), maupun MacBook masa kini (SSD).

Jika dilihat dari perspektif keamanan, APFS memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Filesystem ini didesain dengan fitur enkripsi dan mendukung snapshots, yang membuat pengguna dapat melakukan restore perangkat lebih mudah. APFS juga mengubah cara penghitungan available storage, sehingga mungkin pengguna akan mendapatkan storage yang lebih lapang. Dengan desain low-latency, APFS juga mampu untuk membaca dan menulis file lebih cepat. Nantinya, APFS akan bekerja lebih optimal lagi ketika Apple mengubah environment mereka menjadi 64-bit secara keseluruhan.

Pemuktahiran iOS 10.3 sudah tersedia untuk diunduh dan dipasang pada perangkat iOS yang Anda miliki. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan update tersebut, namun tetap saja terasa setimpal dengan berbagai fitur yang dapat Anda nikmati.

Comments