Samsung Galaxy S8 dan S8+ Diluncurkan, Hadir Dengan Layar Super Lebar dan Chipset Terkini

Meskipun berbagai bocoran gambar, spesifikasi, hingga ulasannya sudah tersebar luas di internet sebelum acara peluncuran resminya, Samsung Galaxy S8 dan S8+ tetap menjadi duet flagship yang ditunggu-tunggu oleh netizen. Terbukti banyaknya rekan-rekan dari penulis yang antusias menonton acara peluncuran melalui video stream yang bertajuk 'Unbox Your Phone' tersebut. Sesuai dengan bocoran, Samsung Galaxy S8 dan S8+ hadir dengan layar super lebar dan chipset terkini.

Gambar dari gsmarena.com.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ memiliki spesifikasi yang identik, namun memiliki ukuran layar yang berbeda. S8 memiliki layar berukuran 5,8 inci, sedangkan S8+ berukuran 6,2 inci. Keduanya menggunakan layar jenis Super AMOLED dengan aspect ratio super lebar, yakni 18,5:9 dan memiliki resolusi 1.440 x 2.960 piksel. Layar tersebut juga memiliki desain rounded dan melekuk di bagian sisinya seperti seri Edge. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menikmati konten HDR10 yang disuguhkan oleh Amazon di kedua perangkat ini.

Pada bagian bawah layar, tombol navigasi yang menjadi ciri khas ponsel pintar Samsung selama ini telah dihilangkan. Tombol tersebut digantikan oleh pressure-sensitive on screen buttons. Samsung mengklaim jika tombol on screen tersebut memiliki tactile feedback yang lebih baik dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Apple. Selain tombol navigasi, terdapat juga satu tombol tambahan yang dapat digunakan untuk meluncurkan Bixby, asisten digital ciptaan Samsung. Asisten ini dapat difungsikan untuk 3 pekerjaan, Pertama, untuk menjawab pertanyaan melalui suara. Kedua, dengan fitur image recongnition asisten ini mampu untuk mencari tempat-tempat tertentu. Ketiga, Bixby juga bisa membantu pengguna untuk mencari produk di Amazon. Asisten digital ini akan diperdayakan oleh Samsung untuk teknologi 'Internet of Things' di masa yang akan datang.


Gambar dari gsmarena.com.

Pada sektor kamera, duet Galaxy S8 dan S8+ masih menggunakan kamera utama 12 megapiksel dengan teknologi sensor Dual Pixel yang terdapat pada S7. Namun, keduanya menghadirkan kemampuan mengolah gambar melalui software yang lebih baik. Saat ini, baik S8 maupun S8+ mampu menangkap multiple exposures untuk meningkatkan kualitas gambar. Teknologi yang disebut oleh Samsung sebagai 'Multiframe Processing' ini mirip dengan teknologi HDR+ yang dihadirkan oleh Google. Untuk kamera depannya sendiri mendapatkan upgrade sensor, menjadi 8 megapiksel dengan teknologi 'Multiframe Processing' dan juga fokus otomatis yang disertai deteksi wajah.

Untuk urusan dapur pacu, Samsung Galaxy S8 dan S8+ menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan Exynos 8895. Keduanya akan disebar ke negara yang berbeda-beda, dengan Indonesia kebagian varian Exynos tentunya. Performa kedua chipset tersebut sama kencangnya tanpa ada perbedaan yang berarti. Dipasangkan dengan RAM sebesar 4 GB dan internal storage 64 GB. Khusus untuk Tiongkok dan Korea Selatan, juga akan tersedia dalam varian RAM 6 GB dan internal storage 128 GB. Namun tenang saja, pada S8 dan S8+ tersedia sebuah slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 256 GB. Hanya saja, slot tersebut bersifat hybrid atau menjadi satu dengan slot kartu SIM kedua.

Salah satu perbedaaan lainnya selain ukuran layar dan harga tentunya, yakni ukuran baterai. Galaxu S8 menggunakan baterai berdaya 3.000 mAh, sedangkan S8+ menggunakan baterai berdaya 3,500 mAh. Keduanya tertanam dan tidak dapat dilepas pasang, namun Samsung menambahkan fitur 'Adaptive Fast Charging' melalui pengisi daya yang terhubung dengan port USB Type-C. Sebagai tambahan, port tersebut juga mendukung kecepatan transfer data USB 3.1 dan pengunaan DisplayPort.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ akan memulai pre-order di Indonesia sekitar awal April 2017 mendatang. Bocoran harganya yang diketahui oleh penulis adalah sekitar 10,5 juta rupiah untuk S8 dan 12 juta rupiah untuk S8+. Keduanya akan tersedia dalam pilihan warna Midnight Black, Orchid Gray, Arctic Silver, Coral Blue, dan Maple Gold.

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S8 dan S8+ bisa Anda lihat di bawah ini.

Samsung Galaxy S8

Layar
5,8 inci dengan resolusi 1.440 x 2.960 piksel, Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
148,9 x 68,1 x 8 mm, 155 g
Prosesor
Exynos 8895 Octa-core dengan rincian 4 x 2,3 GHz dan 4 x 1,7 GHz
GPU
Mali-G71
RAM
4 GB
Internal Storage
64 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
12 megapiksel dengan aperture f/1.7, 26 mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/1.7, autofocus, dual video call, Auto HDR
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth v5.0, GPS + GLONASS + BDS + GALILEO, NFC, USB Type-C 1.0 dengan USB 3.1.
Baterai
Li-Ion 3.000 mAh
Sistem Operasi
Android 7.0

Samsung Galaxy S8+

Layar
6,2 inci dengan resolusi 1.440 x 2.960 piksel, Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
159,5 x 73,4 x 8,1 mm, 173 g
Prosesor
Exynos 8895 Octa-core dengan rincian 4 x 2,3 GHz dan 4 x 1,7 GHz
GPU
Mali-G71
RAM
4 GB
Internal Storage
64 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
12 megapiksel dengan aperture f/1.7, 26 mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/1.7, autofocusdual video call, Auto HDR
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth v5.0, GPS + GLONASS + BDS + GALILEO, NFC, USB Type-C 1.0 dengan USB 3.1.
Baterai
Li-Ion 3.500 mAh
Sistem Operasi
Android 7.0

Comments