Sony Xperia XZ Premium: Layar 4K, Snapdragon 835, dan Kamera 960 FPS

Mobile World Congress 2017 memang sudah selesai. Namun kejutan yang hadir dalam acara tersebut seakan tidak pernah usai. Setelah beberapa merk sudah meluncurkan jagoan mereka, masih ada satu lagi kejutan lainnya yang datang dari perusahaan asal Jepang. Meskipun belakangan ini namanya telah redup dari pasar smartphone, namun Sony tetap menunjukkan taringnya sebagai produsen ponsel yang patut diperhitungkan. Hal ini mereka tunjukkan dengan meluncurkan Sony Xperia XZ Premium, sebuah ponsel yang memiliki layar 4K, chipset terkencang dari Qualcomm, serta kamera dengan kemampuan merekam video hingga 960 fps.

sony xperia xz premium
Gambar dari: gadgets.ndtv.com.

Sony Xperia XZ Premium memiliki layar seluas 5,5 inci dengan resolusi "monster", 2160 x 3840 atau setara dengan 4K. Dengan resolusi setinggi itu, layar IPS LCD milik XZ Premium memiliki tingkat kerapatan piksel hingga 801 ppi. Beberapa teknologi juga dibenamkan pada layar ini, seperti HDR10 untuk menikmati konten HDR, Triluminos display, dan X-Reality Engine. Agar lebih aman, Sony menggunakan lapisan pelindung Gorilla Glass 5 untuk melapisi layar dan juga bagian belakang dari bodi smartphone ini.

Kamera selama ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Sony. Sebagai produsen kamera ponsel yang modulnya digunakan di banyak merk, bukan hal yang sulit untuk menghadirkan kamera terbaik pada Sony XZ Premium. Hadir dengan sensor IMX300 dengan resolusi 19 megapiksel, kamera belakang ini mampu merekam video dengan frame rate 960 fps di resolusi 720p. Kemampuan tersebut empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan modus 240 fps yang dapat ditemukan pada iPhone 7 dan smartphone Android kelas atas lainnya. Dengan kemampuan ini, XZ Premium mampu merekam video slow motion yang dramatis. Kamera ini juga dilengkapi dengan 5-axis image stabilization, laser autofocus, serta sebuah sensor warna RGB.

Beralih ke bagian dapur pacu, di mana Sony XZ Premium juga berhasil menghadirkan chipset kelas wahid yang konon kabarnya sudah habis dipesan oleh Samsung untuk dipasang pada Galaxy S8. Ya, ponsel pintar ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 yang memiliki prosesor octa-core (4 x 2,45 GHz Kryo dan 4 x 1,8 GHz Kryo) dan pengolah grafis Adreno 540. Chipset tersebut juga dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB untuk kemampuan multitask yang lebih baik. Tersedia internal storage seluas 64 GB dan external storage yang mendukung microSD hingga kapasitas 256 GB.

Ada dua hal yang belum diketahui dari smartphone ini. Pertama, belum diumumkan berapa banderol harganya. Menurut tebakan penulis, sepertinya akan berada di angka lebih dari 10 juta rupiah. Kedua, belum dipastikan juga kapan ponsel pintar ini akan beredar di pasar global. Perlu diketahui, terakhir kali ponsel Sony masuk secara resmi ke Indonesia adalah pada saat mereka meluncurkan Z5 Premium dua tahun yang lalu. Sehingga mungkin Anda boleh berharap-harap cemas jika ingin membeli ponsel ini secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi lengkap mengenai ponsel ini bisa Anda lihat di bawah ini.

Layar
5,46 inci dengan resolusi 2.160 x 3.840, IPS-LCD, HDR10, Triluminos display, X-Reality Engine, Gorilla Glass 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
156 x 77 x 7,9 mm, 195 g
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core (4 x 2,45 GHz Kryo dan 4 x 1,9 GHz Kryo)
GPU
Adreno 540
RAM
4 GB
Internal Storage
64 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
19 megapiksel dengan aperture f/2.0, 25 mm, EIS, predictive phase detection, laser autofocus, LED flash.
Kamera Depan
13 megapiksel dengan aperture f/2.0, 22mm, ukuran sensor 1/3", ukuran piksel 1.12 ┬Ám.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth v5.0, GPS + GLONASS + BDS + GALILEO, USB Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.230 mAh
Sistem Operasi
Android 7.1


Comments