AMD Radeon Pro Duo: GPU Profesional dengan Dual Polaris

Setelah beberapa waktu yang lalu AMD meluncurkan kartu grafis seri Radeon Pro Duo, kini mereka kembali meluncurkan kembali seri GPU profesional tersebut dengan "jeroan" baru. Radeon Pro Duo generasi terbaru terdiri atas dua buah GPU Polaris yang menggunakan fabrikasi 14 nm dengan 2.304 stream processors, 128 texture units, 32 ROPs, dan masing-masing 16 GB graphics RAM (dengan total 32 GB).Sesuai dengan namanya, kartu grafis ini ditujukan untuk para profesional (bukan gamer) dan berbasis Radeon Pro WX7100.

workstation gpu
Gambar dari arstechnica.com.

Dikabarkan, Radeon Pro Duo generasi terbaru ini hanya membutuhkan dua buah power plug dan hanya menyedot daya maksimal 250 W. Hal ini tentunya lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya yang menggunakan tiga buah power plug dan dapat menyedot daya hingga 350 W. Desain cooling-nya pun sangat berbeda, di mana generasi sebelumnya menggunakan closed-loop liquid cooler, sedangkan generasi baru ini cukup mengandalkan air blower seperti kebanyakan GPU lainnya.

Pengurangan konsumsi daya tersebut bukan tanpa konsekuensi, sebab GPU ini memiliki performa hanya 11,45 teraflops, lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya yang 16 teraflops. Namun perbedaan tersebut terbayar dengan suhu yang lebih dingin, daya yang lebih hemat, RAM yang lebih besar, dan tentunya harga yang lebih terjangkau. Benar, Anda tidak salah lihat. Radeon Pro Duo generasi terbaru hanya dibanderol seharga US$ 999, lebih murah dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang dipatok hingga US$ 1.499.

Jika Anda seorang profesional yang berminat untuk membeli kartu grafis ini, tunggu saja kehadirannya di pasar bebas pada akhir bulan Mei mendatang. Namun tidak diketahui apakah kartu grafis ini akan tersedia di Indonesia atau tidak.

Comments