HTC U11: Istimewa dengan Edge Sense dan Snapdragon 835

HTC baru saja meluncurkan ponsel pintar flagship terbaru mereka, yakni HTC U11. Ponsel ini diposisikan untuk melengkapi keluarga seri U seperti U Ultra dan U Play yang sudah terlebih dahulu keluar. Lebih dari itu, U11 juga dijagokan sebagai penerus HTC 10, flagship dari perusahaan Taiwan tersebut pada tahun 2016 kemarin. Membawa fitur istimewa seperti Edge Sense dan menggunakan chipset gahar Qualcomm Snapdragon 835, akankah U11 dapat menandingi flagship lain seperti Samsung Galaxy S8 ataupun LG G6? Mari kita lihat dulu apa saja yang dimiliki oleh ponsel pintar ini.

smartphone htc
Gambar dari gsmarena.com.

HTC U11 mempopulerkan Edge Sense sebagai fitur utama mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan sebuah aksi, seperti mengambil foto, memutar musik, ataupun melakukan panggilan, hanya dengan 'memijit' frame dari ponsel ini. Mungkin terlihat mirip dengan fitur gestures, hanya saja fitur ini terlihat lebih keren. Bahkan pengguna dapat mengatur seberapa keras harus memijit frame untuk melakukan aksi tersebut.

Aplikasi asisten pribadi Sense Companion yang sudah terlebih dahulu hadir pada HTC U Ultra juga tertanam pada U11. Dengan Sense Companion, ponsel ini dapat memberikan pengguna saran dan anjuran sesuai dengan bagaimana pengguna menggunakan perangkatnya. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan Google Assistant dan Amazon Alexa (hanya untuk region tertentu).

smartphone htc
Gambar dari gsmarena.com.

Audio menjadi salah satu sektor unggulan dari smartphone HTC, termasuk pada U11 ini. Dilengkapi dengan 4 buah mikrofon, ponsel pintar ini mampu untuk melakukan perekaman audio 3D. Selain itu, perangkat ini juga sudah mengantongi sertifikasi Hi-Res Audio dan memiliki fitur BoomSound Hi-Fi Edition seperti pendahulunya. Sehingga earpiece yang berada di atas layar berfungsi sebagai tweeter, sedangkan speaker pada bagian bawah bodi ponsel berfungsi untuk mengeluarkan bass.

HTC U11 memiliki layar seluas 5,5 inci dengan panel Super LCD 5 dan resolusi QHD. Layar tersebut dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Seperti flagship lainnya, ponsel ini juga dibekali dengan chipset terkini yakni Qualcomm Snapdragon 835. Dipadukan dengan RAM 4 GB untuk varian internal storage 64 GB, sedangkan RAM 6 GB untuk varian internal storage 128 GB.

Kamera juga menjadi salah satu fitur yang menonjol pada U11. Berbekal kamera belakang 12 megapiksel dengan teknologi UltraPixel 3 yang terdiri atas ukuran piksel 1,4 micron, bukaan f/1.7, OIS, lampu kilat dual LED, perekaman video resolusi 4K. Untuk pengguna yang gemar selfie, ponsel ini dilengkapi dengan kamera depan 16 megapiksel yang mampu melakukan perekaman video Full HD dan memiliki modus selfie panorama. Satu yang perlu diketahui, kamera smartphone ini berhasil mendapatkan nilai tertinggi pada situs DxOMark, yakni 90. Mengungguli ponsel lainnya seperti Google Pixel, Samsung Galaxy S8, maupun iPhone 7 Plus.

Untuk fitur lainnya, HTC U11 memiliki sebuah port USB Type-C, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11ac, NFC, GPS, GLONASS, dan Beidou. Namun sayangnya, headset jack 3,5 mm telah hilang dari ponsel ini. Sehingga pengguna harus menggunakan adapter jika ingin mendengarkan musik dengan headset kesayangan. Baterai berdaya 3.000 mAh yang tertanam pada ponsel pintar ini sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0 untuk pengisian daya yang lebih cepat.

HTC U11 akan hadir dalam beberapa pilihan warna, seperti Amazing Silver, Sapphire Blue, Brilliant Black, Ice White, dan Solar Red. Calon pembeli bisa mendapatkannya di pasar mulai akhir bulan Mei 2017 ini. Smartphone ini dibanderol seharga EUR 749 atau sekitar 11 juta rupiah. Mengingat sepak terjang HTC yang sudah tidak ada gaungnya di pasar Indonesia, akan sangat kecil kemungkinan ponsel ini masuk dan beredar secara resmi di sini.

Untuk spesifikasi lengkap HTC U11 bisa Anda lihat di bawah ini.

Layar
5,5 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel, Super LCD 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
153,9 x 75,9 x 7,9 mm, 169 g
Prosesor
Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 dengan rincian 4 x 2,45 GHz Kryo dan 4 x 1,9 GHz Kryo
GPU
Adreno 540
RAM
4 GB dan 6 GB
Internal Storage
64 dan 128 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
12 megapiksel dengan f/1.7, phase detection autofocus, OIS, dual tone LED flash
Kamera Depan
16 megapiksel
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth v4.2, GPS + GLONASS + BDS, NFC, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.000 mAh
Sistem Operasi
Android 7.1 Nougat

Comments