Inilah Essential Phone, Smartphone Racikan Bapak Android

Setelah beberapa waktu lalu Andy Rubin memberikan teaser mengenai ponsel Android racikan miliknya, akhirnya perangkat tersebut diluncurkan secara resmi kemarin. Smartphone yang bernama Essential Phone tersebut merupakan sebuah ponsel dengan bentuk yang elegan dan dilengkapi oleh kamera ganda serta ekosistem modular.

smartphone essential
Gambar dari theverge.com.

Kemewahan dari Essential Phone bisa langsung terlihat dari layar luas dan bodi belakang yang terbuat dari keramik. Layar berjenis LTPS LCD tersebut memiliki rasio aspek 19:10 dengan luas 5,71 inci beresolusi QHD 1.312 x 2.560 piksel. Terletak di atas layar "Full Display" pada perangkat ini, terdapat sebuah kamera depan 8 megapiksel yang membelah layar di sekitar baris notifikasi. Lapisan pelindung Gorilla Glass 5 melindungi layar Essential Phone dari goresan yang tidak diinginkan.

Melirik pada bagian belakang ponsel ini, terdapat dua buah kamera yang memiliki konfigurasi monokrom dan warna, serupa dengan yang dimiliki oleh Huawei P10. Kamera sensor warna memiliki resolusi 13 megapiksel dengan aperture f/1,85. Dengan bantuan sensor mono, kamera pada perangkat ini mampu untuk menangkap gambar modus telephoto, bokeh, dan true monochrome. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan laser dan phase detection autofocus.

Berada di samping kamera ganda tersebut, terdapat dua buah pin yang digunakan untuk menyambungkan perangkat dengan aksesoris. Salah satunya yang sudah tersedia adalah kamera 360 derajat yang memiliki sensor 12 megapiksel dengan lensa fisheye dan 4 mic untuk perekaman video. Selain itu, tersedia juga aksesoris Essential Phone Dock, yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya baterai ponsel ini. Ke depannya, akan semakin banyak aksesoris yang bisa disambungkan oleh pengguna.

Satu hal yang unik dari Essential Phone adalah bodinya yang terbuat dari titanium frame. Memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan aluminium dan bahan tersebut juga tidak akan lecet maupun penyok ketika pengguna menjatuhkan perangkat secara tidak sengaja. Tersedia dua varian warna untuk ponsel ini, yakni Black Moon dan Pure White. Akan ada dua varian tambahan lainnya, yaitu Stellar Grey dan Ocean Depths di waktu yang akan datang.

Untuk calon pembeli yang berdomisili di Amerika Serikat, Anda sudah dapat melakukan registrasi untuk pembelian smartphone ini. Ponsel ini dibanderol seharga US$700 tanpa kontrak atau US$750 dengan bundling aksesoris kamera 360 derajat. Belum diketahui kapan ponsel pintar ini tersedia di pasaran.

Spesifikasi lengkap dari Essential Phone bisa Anda lihat di bawah ini.

Layar
5,71 inci dengan resolusi 1.312 x 2.560 piksel, LTPS IPS LCD, Gorilla Glass 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
141,5 x 71,1 x 7,8 mm, 185 gram
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core (4 x 2,45 GHz Kryo dan 4 x 1,9 GHz Kryo)
GPU
Adreno 540
RAM
4 GB
Internal Storage
128 GB
External Storage
Tidak tersedia
Kamera Belakang
Dual 13 megapiksel dengan aperture f/1.9, phase detection dan laser autofocus, LED flash
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/2.20
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS, USB Type-C 1.0
Baterai
3.040 mAh
Sistem Operasi
Android 7.1

Comments