Netflix Blokir Perangkat Android dengan Status Rooted

Baru-baru ini beberapa pengguna Android dikejutkan dengan tidak kompatibelnya perangkat mereka saat ingin mengunduh aplikasi Netflix melalui Play Store. Pengguna yang mengeluhkan hal tersebut adalah pengguna yang memiliki perangkat Android dengan status rooted. Namun, jika Netflix sudah terpasang sebelumnya pada perangkat rooted tersebut aplikasi online stream itu masih bisa berjalan dengan lancar.

netflix
Gambar dari androidpolice.com.

Akhirnya pihak Netflix memberikan klarifikasi mengenai kejadian ini. Sepertinya, mereka mulai melakukan pemblokiran untuk perangkat Android yang dimodifikasi ataupun dengan status rooted. Berikut pernyataan lengkap mereka dalam bahasa Inggris:

With our latest 5.0 release, we now fully rely on the Widevine DRM provided by Google; therefore, many devices that are not Google-certified or have been altered will no longer work with our latest app and those users will no longer see the Netflix app in the Play Store.
Jika Anda belum mengetahuinya, Widevine adalah sebuah teknologi proteksi digital (DRM) buatan Google yang difungsikan pada beragam platform dalam bentuk desktop ataupun mobile. Widevine melakukan kategori perangkat dalam tiga tingkat pengamanan, dimulai dari semua proses berjalan di Trusted Execution Environtment (TEE) hingga tidak dapat berjalan di TEE. Sehingga kemungkinan pada saat pengguna ingin mengunduh aplikasi Netflix melalui Play Store, akan dilakukan pemindaian terlebih dahulu apakah perangkat tersebut dalam status rooted atau tidak.

Apakah Anda termasuk pengguna yang perangkatnya diblokir oleh Netflix? Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti kanal Pushbullet untuk Netflix on APKMirror (klik "follow" pada tombol Pushbullet) sehingga Anda tetap dapat menerima update terbaru untuk Netflix di luar yang tersedia pada Play Store.
 

Comments