Nougat Digunakan 7.1% Pengguna Android, Marshmallow dan Lollipop Masih Mendominasi

Android Nougat memiliki basis pengguna yang menigkat di penghujung kuartal pertama 2017 ini. Dengan peningkatan sebesar 2,2% menjadi 7,1% dari total pengguna Android di dunia. Rinciannya, versi 7.0 terpasang pada 6,6% perangkat, naik dari 4,5% di bulan Maret. Sedangkan versi 7.1 terpasang di 0,5% perangkat, hanya meningkat 0,1% dari bulan sebelumnya.

distribusi android nougat
Gambar dari androidcentral.com.

Diyakini peningkatan penggunaan Android Nougat tersebut ditopang oleh ketersediaan perangkat baru yang sudah menggunakan sistem operasi Android 7.0 saat diluncurkan, seperti Samsung Galaxy S8 dan LG G6. Selain itu, hadirnya perangkat Nougat dengan banderol harga lebih terjangkau seperti Moto G5 Plus juga turut mendorong penggunaan sistem operasi Android terkini itu.

Android 6.0 Marshmallow masih menjadi primadona kedua dengan total 31,2% dari jumlah seluruh pengguna Android. Hal ini dimaklumi, paling tidak di Indonesia, karena masih banyak perangkat ponsel pintar yang dijual dengan menggunakan sistem operasi Android 6.0 tersebut. Sedangkan primadona utama jatuh kepada Android 5.0 dan 5.1 Lollipop dengan total 32%.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah smartphone Android yang Anda gunakan sudah mendapatkan update Android Nougat?

Comments