Apple Luncurkan iMac dan iMac Pro Terbaru di WWDC 2017

Apple baru saja menyelenggarakan acara tahunan WWDC 2017 tadi malam. Pada acara tersebut, perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini meluncurkan beberapa produk terbaru. Beberapa diantaranya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah iMac dan iMac Pro. Selain kedua iMac, Apple juga memberikan penyegaran terhadap MacBook mereka.

apple imac
Gambar dari gsmarena.com.

Kita mulai dari iMac. Generasi terbaru dari all-in-one desktop Apple ini memiliki layar yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mampu memberikan tingkat kecerahan warna 43% lebih terang hingga 500 nits dan memiliki 10-bit dithering. Perangkat ini juga memiliki 'jeroan' terbaru sehingga memiliki performa yang lebih kencang. Menggunakan prosesor generasi terbaru dari Intel Kaby Lake, RAM 32 GB untuk varian 21,5 inci dan 64 GB untuk varian 27 inci. Untuk media penyimpanan, pengguna dapat memiliki konfigurasi HDD + SSD hingga 2 TB (fusion drives).

Di sektor pengolahan grafis, iMac generasi terbaru juga mendapatkan peningkatan performa Hal ini dikarenakan penggunaan Intel Iris iGPU yang tertanam pada Kaby Lake, yang menawarkan peningkatan performa hingga 80% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk kerja yang lebih serius, Apple sudah membenamkan AMD Radeon Pro 5xx series. Varian 27 inci mendapatkan Radeon Pro 570/575 atau 580 dengan VRAM hingga 8 GB. Sedangkan varian 21,5 inci mendapatkan Radeon Pro 555 atau 560 dengan VRAM hingga 4 GB.

apple macbook
Gambar dari gsmarena.com.
Selanjutnya masuk ke bagian MacBook. Laptop kebanggaan dari Apple ini memang tidak menawarkan perbedaan yang berarti dari generasi sebelumnya. Peningkatan yang ada di MacBook terbaru ini adalah penggunaan Intel Kaby Lake dan harga yang lebih rendah. Selain itu, perangkat ini juga memiliki media penyimpanan SSD dengan kecepatan 50% lebih tinggi. Khusus untuk MacBook Pro, mendapatkan peningkatan juga di opsi penggunaan pengolah grafis yang lebih baik.

apple imac pro
Gambar dari gsmarena.com.
Jikalau Anda membutuhkan tenaga lebih dari sebuah iMac, Apple memiliki pilihan lain untuk Anda. iMac Pro adalah sebuah all-in-one desktop dengan kemampuan workstation tingkat tinggi. Memiliki layar 27 inci dengan resolusi 5K dan warna space gray membuatnya terlihat lebih elegan. Di dalam bodi-nya tersebut terdapat dua buah centrifugal fan yang bertugas untuk menjaga suhu komponen agar tetap dingin. Soal performa tidak perlu diragukan lagi, karena perangkat ini menggunakan Intel Xeon yang memiliki inti hingga 18 inti. Varian lebih terjangkau juga tersedia dengan prosesor 8 maupun 10 inti. Anda bisa menggunakan RAM hingga 128 GB dan SSD hingga 4 TB.

Pengolah grafis yang tertanam pada iMac Pro juga tidak main-main. AMD Radeon Vega sudah dipersiapkan untuk monster ini. Pengolah grafis tersebut menawarkan tenaga hingga 11 TFLOPS untuk single precision dan 22 TFLOPS pada half precision. Sebuah performa yang sangat tinggi untuk machine learning.

Itulah beberapa produk baru yang diluncurkan oleh Apple pada WWDC 2017 ini. Bagaimana guys, apakah kalian tertarik untuk meminang satu dari beberapa perangkat di atas?

Comments