Apple iPhone 8 dan 8 Plus Miliki Kamera Ponsel Terbaik di 2017

Setelah penjualan iPhone 8 dan 8 Plus dimulai pada 22 September kemarin, DxOMark telah menerbitkan ulasan komperhensif mengenai kamera dari kedua ponsel tersebut. Secara mengejutkan keduanya langsung menempati urutan pertama dan kedua dari klasmen yang dimiliki oleh DxOMark, melompati HTC U11 dan Google Pixel yang sebelumnya menempati posisi tersebut.

dxomark
Gambar dari dxomark.com.

Apple iPhone 8 Plus menjadi raja kamera ponsel terbaru dengan total nilai 94. Nilai tersebut didapatkan dari hasil pengujian foto yang mendapatkan nilai 96 dan pengujian video yang mendapatkan nilai 89. DxOMark memberikan pujian untuk iPhone 8 Plus dengan "kualitas gambar terbaik" dan "modus Potrait terdepan di industri ponsel". Kamera milik iPhone 8 Plus memiliki nilai yang tinggi di tiap kategori, dengan software kamera yang mampu menangkap scene HDR dan gambar dengan objek muka terbaik. Selain itu, kamera tersebut juga memiliki zoom dan efek bokeh paling prima diantara semua perangkat mobile saat ini. Pada modus perekaman video, iPhone 8 Plus memiliki video stabilization dan color rendering yang sangat bagus.

Sedangkan untuk iPhone 8 yang mengekor di posisi dua mendapatkan total nilai 92. Nilai ini didapatkan dari hasil pengujian foto yang mendapatkan nilai 93 dan pengujian video yang mendapatkan nilai 90. Hasil ini merupakan nilai tertinggi yang pernah didapatkan oleh ponsel dengan kamera tunggal yang pernah diuji oleh DxOMark. Pengguna akan mendapatkan kualitas gambar yang tidak jauh berbeda dengan iPhone 8 Plus pada ponsel ini. Hanya saja, "saudara besar" tersebut memiliki hasil foto yang lebih baik dalam zoom dan bokeh karena konfigurasi kamera ganda yang dimilikinya.

dxomark
Gambar dari dxomark.com.

Dengan hasil ini, sepertinya ponsel besutan Apple melangkahi ponsel Android dalam hal mobile photography. Namun perusahaan asal Cupertino tersebut tidak bisa berdiam diri, sebab DxOMark belum menguji kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note8 dengan cara pengujian terbaru yang mereka implementasikan. Mari kita tunggu apakah duet flagship asal Korea Selatan tersebut dapat menyaingi duet flagship milik Apple.



Comments