Kenapa LG V30 Begitu Menggoda?

LG baru saja meluncurkan flagship seri V terbaru mereka, yakni V30. Ponsel ini membawa sejumlah peningkatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seperti kamera yang lebih baik, penggunaan layar OLED, chipset  yang lebih kencang, serta layar Full Vision dengan rasio layar 18,5:9 seperti yang dapat ditemui pada saudaranya, yaitu G6. Dengan beragam peningkatan tersebut, apakah V30 dapat menyaingi Samsung Galaxy Note8 yang juga baru diluncurkan?

Gambar dari cnet.com.

Jawaban tersebut tentunya bisa dijawab jika kita melirik pada fitur-fitur yang diunggulkan pada LG V30. Beberapa dari fitur tersebut bahkan tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Apa sajakah fitur-fitur pada flagship ini yang membuatnya begitu menggoda?

  • Layar OLED 18:9 Full Vision
Setelah selama ini mengandalkan layar dengan panel IPS, LG mulai mempercayakan panel OLED pada V30. Panel tersebut memiliki beberapa keunggulan, seperti penggunaan daya yang lebih hemat, warna yang lebih kaya, serta warna hitam yang lebih pekat. Layar dengan ukuran 6 inci tersebut memiliki rasio 18:9 dan resolusi tinggi 1.440 x 2.880. Dilengkapi dengan dukungan Dolby Vision, HDR10, fitur always-on display, dan dilindungi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Dengan berbagai kelebihan tersebut, V30 memiliki layar yang mampu bersaing dengan Samsung Galaxy Note8 yang memiliki spesifikasi layar yang mirip.
  • Fitur kamera canggih dan aperture f/1.6
LG V30 memiliki konfigurasi kamera ganda yang sama dengan flagship keluaran LG yang sebelumnya, yakni satu kamera standar untuk kamera utama dan satu kamera dengan lensa wide-angle untuk kamera sekunder. Kamera standarnya memiliki cakupan lebar 71 derajat, sedangkan kamera sekundernya memiliki cakupan lebar 120 derajat. Keduanya dilindungi oleh lensa kaca yang dapat membantu untuk menangkap gambar lebih jernih dan akurasi warna yang lebih akurat dibandingkan lensa plastik. Tidak hanya itu, kamera utamanya juga dibekali dengan optical image stabilization dan aperture f/1.6 yang besar, lebih besar dibandingkan yang dimiliki oleh OnePlus 5 ataupun Samsung Galaxy Note8 yang mengadopsi aperture f/1.7.

Kecanggihan kamera yang dimiliki oleh V30 tidak hanya sampai disitu. Fitur perekaman video yang sangat kaya menjadi kekuatan utama dari ponsel ini. Salah satunya adalah fitur point zoom yang memungkinkan pengguna untuk melakukan zoom dengan halus di seluruh bagian layar ketika merekam video. Hal ini cukup berguna mengingat ponsel lain hanya mampu melakukan zoom di tengah layar. Selain itu, V30 juga dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam video dengan log curve yang membuat pengguna dapat melakukan color grading sendiri setelah merekam video. Fitur ini mungkin tidak terlalu menarik untuk sebagian pengguna awam, namun bagi para profesional dalam bidang perekaman video, fitur ini sangat membantu mereka. Ponsel ini juga mampu untuk merekam audio 32-bit yang menghasilkan suara lebih jernih dan akurat.
  • Qualcomm Snapdragon 835 dengan performa lebih kencang
Penggunaan Qualcomm Snapdragon 821 pada G6 membawa sedikit kekecewaan bagi para penggemar LG, sebab pada saat itu flagship saingan satu negara mereka, yakni Samsung Galaxy S8 menggunakan Exynos 8895 yang memiliki performa satu tingkat di atasnya. Untuk mengobati kekecewaan tersebut, LG membenamkan Snapdragon 835 pada V30. Chipset ini terbukti memiliki performa yang sangat prima. Disandingkan bersama pengolah grafis Adreno 540, menjalankan beragam games dengan kualitas gambar yang memukau tidak menjadi masalah. RAM sebesar 4 GB siap untuk mengakomodir kebutuhan multitask dari pengguna. Dengan pilihan internal storage seluas 64 GB dan 128 GB, pengguna tidak perlu khawatir kekurangan tempat penyimpanan. Bahkan LG juga melengkapi ponsel ini dengan slot microSD yang mendukung kartu microSD hingga kapasitas 256 GB.
  • Audio dengan QuadDAC dan headphone B&O
Sama seperti V20, ponsel ini juga dilengkapi dengan QuadDAC yang dapat memanjakan telinga para audiophiles. LG juga memberikan headphone keren dari B&O yang semakin menambah nilai untuk fitur audio dari V30. Namun perlu diingat, QuadDAC dan headphone B&O hanya tersedia di beberapa region tertentu.

Itulah beberapa fitur yang membuat LG V30 begitu menggoda. Tertarik untuk memiliki flagship ini? LG memang belum mengumumkan harga resmi dari V30, namun diprediksi ponsel dengan fitur-fitur canggih ini akan dibanderol seharga 10 juta rupiah. Terlihat lebih terjangkau dibandingkan dengan Note8 ya?

Ingin mengetahui spesifikasi lengkap dari LG V30? Anda bisa melihat spesifikasinya pada tabel di bawah ini.

Layar
6 inci dengan resolusi 1.440 x 2.880 piksel, P-OLED, Corning Gorilla Glass 5.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
151,7 x 75,4 x 7,4 mm, 158 gram.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 835 octa-core (4 x 2,45 GHz Kryo dan 4 x 1,9 GHz Kryo).
GPU
Adreno 540.
RAM
4 GB.
Internal Storage
64 GB / 128 GB.
External Storage
microSD hingga 256 GB.
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari lensa standar 16 megapiksel dengan aperture 1.6, laser dan phase detection autofocus, OIS, dan lensa wide-angle 13 megapiksel dengan aperture f/1.9. Dilengkapi dengan lampu kilat LED.
Kamera Depan
5 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan ukuran piksel 1.12 ┬Ám.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Po 3.300 mAh
Sistem Operasi
Android 7.1.2




Comments