Fitur Delete Message di WhatsApp: Berguna Sekaligus Merugikan?

Baru-baru ini WhatsApp baru saja meluncurkan sebuah fitur yang terlihat cukup berguna. Selain meluncurkan beberapa wajah dari emoji terbaru yang memiliki tampilan yang berbeda dari emoji standar pada Android maupun iOS, aplikasi perpesanan ini juga menambah fitur baru yakni delete message. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirimkan ke lawan bicara. Tidak hanya lawan bicara perorangan, tapi juga termasuk grup.

whatsapp

Bisa dibilang, fitur menghapus pesan tersebut berguna untuk teman-teman yang sering salah kirim pesan. Biasanya kan, sering tuh ditemui teman-teman yang gemar sekali copy-paste satu pesan dari sebuah grup dan dikirimkan ke dalam grup lainnya. Jikalau pesannya memang benar sih, nggak apa-apa. Lha ini kalau pesannya salah? Bisa malu deh sama teman-teman satu grup.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Pastikan WhatsApp yang terpasang di ponsel kamu adalah versi paling update, yakni versi 2.17.395. Jika sudah menggunakan versi tersebut, kamu tinggal melakukan hal sederhana di bawah ini:

1. Tekan sebuah pesan yang ingin kamu harus hingga tersorot.
2. Tekan ikon delete yang bergambar tong sampah, nantikan akan muncul tiga buah opsi: Delete for Me, Cancel, dan Delete for Everyone.
3. Agar pesan terhapus dan tidak dapat dilihat lawan bicara, pilih Delete for Everyone.
4. Untuk menghapus beberapa pesan sekaligus, tekan terlebih dahulu pesan yang ingin dihapus hingga semuanya tersorot, lalu lakukan langkah yang sama dengan di atas.

Cukup mudah bukan? Nantinya pada WhatsApp lawan bicara akan muncul sebuah teks This message was deleted. Sehingga lawan bicaramu akan tetap tahu jika kamu sebelumnya sudah pernah mengirimkan sebuah pesan namun dihapus. Ingat ya, kamu hanya memiliki waktu selama tujuh menit untuk menghapus pesan tersebut. Jika dalam rentang waktu itu kamu tidak menghapusnya, maka pesan akan terkirim secara permanen.

Baca juga: WhatsApp Kini Punya Fitur "Read", Pengguna Tidak Bisa Jadi Silent Reader Lagi

Meskipun berguna, namun penulis melihat fitur menghapus pesan pada WhatsApp ini dapat menimbulkan kerugian di beberapa kasus tertentu. Seperti misalnya, penipuan melalui WhatsApp. Kita tahu bahwa jika ingin melaporkan kasus penipuan melalui aplikasi perpesanan, maka kita harus menyimpan barang bukti berupa screenshot isi percakapan antara kita dan pelaku. Dengan adanya fitur ini, pelaku bisa saja menghapus barang bukti tersebut sehingga kita kesulitan untuk memiliki barang bukti. Ya, bisa dibilang fitur ini mirip dengan fitur retract message yang ada di BBM. Masih ingat kan dulu sempat marak penipuan melalui BBM gara gara fitur menghapus pesan ini?

Jadi, meskipun fitur menghapus pesan ini terlihat cukup berguna, namun penulis mengimbau agar kamu tetap berhati-hati pada saat melakukan percakapan via WhatsApp. Sebisa mungkin sih, latih diri kamu agar tidak salah mengirimkan pesan kepada lawan bicara kamu.

Comments