Laptop Murah ini Miliki SSD, Performa Lebih Tinggi Dibandingkan Harddisk Biasa

Tahukah kamu apa itu SSD? Solid state drive atau yang biasa disingkat menjadi SSD adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang menggunakan rangkaian IC sebagai memory yang digunakan untuk menyimpan informasi. Berbeda dengan HDD atau hard disk drive yang masih menggunakan piringan fisik sebagai media penyimpanan informasi. Karena sudah menggunakan rangkaian IC yang biasa disebut flash drive itulah membuat SSD memiliki performa yang lebih prima berkat kecepatan baca-tulis yang lebih tinggi.

Gambar dari JD.ID.

SSD biasanya digunakan oleh laptop kelas atas yang memiliki harga lebih dari 10 juta rupiah. Mengapa begitu? Sebab harga sebuah perangkat SSD sendiri bisa dibilang masih cukup mahal. Untuk kapasitas 256GB saja, Anda harus merogoh kocek sekitar 1,5 juta rupiah. Hal ini tentu terlihat kurang menguntungkan karena jika Anda membeli HDD di harga yang sama, maka Anda bisa mendapatkan media penyimpanan dengan kapasitas yang lebih tinggi, yakni 2TB atau 3TB. Namun jika melihat pada peningkatan performa yang sangat signifikan ketika menggunakan SSD, maka pengorbanan Anda untuk kapasitas yang lebih sedikit itupun terbayar lunas.

Selidik punya selidik, ternyata ada lho laptop murah yang memiliki harga di bawah 4 juta rupiah sudah menggunakan SSD. Tidak percaya? Sudah melihat gambar di atas belum? Pada gambar tersebut terlihat sebuah laptop dari merek terkenal asal Tiongkok, Lenovo, yang dilengkapi dengan SSD berkapasitas 128GB dijual hanya dengan Rp3.899.000 saja! Hal ini cukup mengagetkan, sebab di kelas yang sama merek lain biasanya menawarkan laptop yang hanya menggunakan HDD dengan kapasitas 500GB. Tidak hanya itu, laptop tersebut tertulis juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 4GB dan telah terpasang sistem operasi Windows 10 original. Dengan banderol harga tersebut, maka bisa dibilang Anda mendapatkan sebuah laptop yang komplit secara performa maupun kelengkapannya.

Jika Anda berminat untuk melihat ataupun membeli laptop Lenovo di atas, silahkan kunjungi situs belanja online yang menjual laptop tersebut dengan klik di sini. Masih merasa kurang dengan kapasitas yang hanya 128GB? Percayalah, pengalaman performa yang kencang saat digunakan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari menggunakan SSD dapat membuat Anda melupakan kekurangan tersebut. Bahkan, Anda dapat dengan mudah membeli HDD eksternal dengan kapasitas tinggi ataupun membeli cloud storage jika Anda masih membutuhkan media penyimpanan tambahan dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Comments

  1. Replies
    1. Betul sekali bang, untuk di kelas harga segini belum ada lawan. Meskipun masih pakai Celeron, tapi performa terdongkrak dengan adanya SSD.

      Delete

Post a Comment