Nokia 7: Ponsel Kelas Menengah Penuh Harapan?

HMD Global secara resmi meluncurkan Nokia 7. Ponsel kelas menengah dengan layar 5,2 inci tersebut dilengkapi dengan sebuah kamera belakang 16 megapiksel, baterai berdaya 3.000 mAh, serta chipset kelas menengah jagoan terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 630. Sebagai pengisi lini tengah diantara Nokia 6 dan 8, akankah Nokia 7 memberikan harapan baru bagi para pecinta Nokia di zaman kedigdayaan Android saat ini?

Gambar dari androidauthority.com.

Secara desain, Nokia 7 mengadopsi wujud yang mirip dengan lini Nokia yang sudah beredar saat ini. Terlihat pada gambar di atas, sekilas ponsel tersebut menyerupai sang flagship Nokia 8. Memiliki layar IPS LCD 5,2 inci dengan resolusi full HD, ponsel ini dapat menjadi idaman para pecinta gawai yang gemar menggunakan perangkat mereka dengan satu tangan. Meskipun sepertinya body dari Nokia 7 akan terasa licin, sebab bagian depan dan belakangnya dilapisi oleh lapisan kaca dengan frame aluminium.

Pada sektor kamera, Nokia membenamkan sebuah kamera belakang dengan resolusi 16 megapiksel dan bukaan f/1.8 serta kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel. Konfigurasi yang saat ini sudah cukup umum ditemukan pada ponsel kelas menengah ini dilengkapi dengan teknologi "Dual-sight" yang sebelumnya juga sudah tersedia di Nokia 8. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, baik untuk menangkap gambar ataupun melakukan perekaman video. Hal ini yang lebih senang disebut dengan "Bothies" oleh Nokia.

Cukup kecewa dengan dapur pacu yang dimiliki oleh Nokia 6? Tenang saja, Nokia sudah mempersenjatai Nokia 7 dengan chipset kelas menengah yang lebih mumpuni. Menggunakan Qualcomm Snapdragon 630, performa dari ponsel ini seharusnya lebih kurang sama atau bahkan lebih baik dibandingkan dengan ponsel kelas menegah yang mayoritas saat ini menggunakan Snapdragon 625. Dipadukan dengan RAM sebesar 4GB, kegegasan ponsel ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan Nokia juga menyiapkan varian dengan RAM 6GB jika pengguna merasa 4GB masih kurang untuk mereka. Untuk media penyimpanan, Nokia 7 juga memiliki sebuah selot kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 256GB. Namun sayangnya, selot tersebut harus berbagi tempat dengan selot kartu SIM kedua.

Baca juga: Nokia 8 Diluncurkan, Andalkan Kamera Ganda dengan Lensa Zeiss

Nokia 7 akan dipasarkan dengan sistem operasi Android Nougat. Mungkin sedikit mengecewakan, akan tetapi HMD Global berjanji ponsel tersebut akan mendapatkan update Android Oreo secepatnya. Untuk sementara waktu, ponsel ini hanya akan dipasarkan di Tiongkok dengan banderol harga RMB 2.499 atau sekitar 5,1 juta rupiah untuk varian RAM 4GB dan RMB 2.699 atau sekitar 5,5 juta rupiah untuk varian RAM 6GB. Semoga saja ponsel ini akan dibawa juga ke Indonesia, mengingat nama besar Nokia masih cukup dirindukan oleh para pecinta gawai tanah air.

Spesifikasi lengkap dari Nokia 7 bisa kamu lihat di bawah ini.

Layar
5,2 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel, LED-backlit IPS LCD, Corning Gorilla Glass 3.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
141,2 x 71,5 x 7,9 mm, -.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 630 dengan prosesor octa-core 8x2,2 GHz Cortex A-53.
GPU
Adreno 508.
RAM
4GB/6GB.
Internal Storage
64GB.
External Storage
microSD hingga kapasitas 256GB (selot hybrid).
Kamera Belakang
Kamera 16 megapiksel dengan bukaan f/1.8, phase detection autofocus, Carl Zeiss optics, lampu kilat dual-LED.
Kamera Depan
5 megapiksel dengan bukaan f/2.0 dan autofocus.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, BDS, USB Type-C 1.0.
Baterai
3.000 mAH.
Sistem Operasi
Android 7.1.1 Nougat.

Comments