Review Asus Zenfone 4 Selfie: Maksimalkan Swafotomu!

Swafoto menjadi tren yang digandrungi oleh semua kalangan saat ini. Baik para remaja hingga orang tua, gemar sekali melakukan swafoto sendiri maupun bersama teman-teman. Untuk dapat mengakomodir kebutuhan swafoto masyarakat, Asus meluncurkan sebuah perangkat yang didesain khusus untuk kamu para pecinta swafoto. Inilah Asus Zenfone 4 Selfie, sebuah ponsel pintar yang hadir dengan kamera depan ganda yang mampu membuat hasil swafoto kamu lebih maksimal. Mampukah ponsel pintar ini mendobrak pasar ponsel spesialisasi swafoto yang saat ini sudah cukup ramai dengan banyak pemain?

asus zenfone 4 selfie

Desain Zenfone 4 Selfie bisa dibilang memiliki kemiripan dengan Zenfone 4 varian lainnya. Menggunakan bahan logam dan desain unibody, ponsel pintar ini memiliki sebuah pemindai sidik jari yang berada di bawah layar. Penempatan ini adalah penempatan terbaik menurut penulis, karena memudahkan kita untuk membuka kunci layar saat ponsel sedang diletakkan di atas meja. Zenfone 4 Selfie memiliki bobot yang cukup ringan, hanya 144 gram saja. Hal ini membuatnya nyaman digenggaman tangan dan tidak membuatmu pegal jika kamu menggunakannya dalam waktu yang lama.

asus zenfone 4 selfie

Beralih pada bagian layar, Zenfone 4 Selfie menggunakan layar berjenis IPS LCD seluas 5,5 inci yang menjadi favorit mayoritas pengguna ponsel saat ini. Layar tersebut hanya memiliki resolusi 720 x 1.280 (HD), namun bukan berarti layar yang digunakan oleh ponsel ini tidak bagus. Ponsel pintar ini tetap memiliki layar yang terlihat jernih dan cukup tajam. Penulis cukup puas dengan layarnya yang prima dalam menampilkan berbagai konten yang dinikmati. Performanya di bawah pancaran sinar matahari pun masih bisa dibilang cukup baik. Bahkan penggunaan layar dengan resolusi ini juga dapat menurunkan konsumsi daya lebih irit jika dibandingkan menggunakan resolusi yang lebih tinggi.

Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 430, Zenfone 4 Selfie memiliki performa yang tidak jauh berbeda dengan ponsel Asus lainnya di rentang harga yang mirip. Asus Zenfone 4 Max Pro contohnya yang bisa kamu lihat ulasannya di sini. Chipset yang terdiri atas prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 1,4GHz dan pengolah grafis Adreno 505 itu mampu mengakomodir kebutuhan penulis sehari-hari selama menggunakan ponsel ini. Membalas puluhan surel, bertukar pesan dengan teman di aplikasi perpesanan, memantau linimasa Facebook, Instagram, dan Twitter, serta bermain Arena of Valor dan Ragnarok: Idle Poring di waktu senggang dapat dilakukan tanpa hambatan yang berarti. Berpindah-pindah aplikasi pun terasa mulus berkat penggunaan RAM sebesar 4GB yang terasa lega.

asus zenfone 4 selfie
Hasil AnTuTu Benchmark v6.2.7.

asus zenfone 4 selfie
Hasil Quadrant Benchmark.


asus zenfone 4 selfie
Hasil 3DMark.

asus zenfone 4 selfie
Hasil 3DMark - lanjutan.
asus zenfone 4 selfie
Hasil Geekbench 4.2.

Kamera belakang dari Zenfone 4 Selfie memang bukanlah nilai jual utama yang dihadirkan oleh Asus. Meskipun seperti itu, kameranya tidak bisa dipandang sebelah mata. Kamera yang menggunakan sensor Omnivision 16880 ini memiliki resolusi 16 megapiksel, bukaan f/2.2, phase detection autofocus, dan sebuah lampu kilat LED ini memiliki hasil jepretan yang cukup prima. Pada kondisi cahaya agak redup maupun gelap, memang performanya menurun yang diperlihatkan oleh banyaknya noise. Namun hal ini bisa dibilang wajar untuk ponsel di kelas menengah.

Berikut adalah beberapa hasil tangkapan dari kamera belakang Zenfone 4 Selfie. Semuanya menggunakan modus otomatis. Olah digital yang dilakukan hanyalah untuk mengubah ukuran dan kompresi ukuran file agar lebih nyaman untuk dilihat oleh pembaca.

Modus otomatis - outdoor siang.

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

Modus otomatis - indoor cahaya lampu.

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

Modus otomatis - outdoor malam.

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie


Kamera depan menjadi primadona dari Zenfone 4 Selfie. Terdiri atas dua kamera, yakni kamera utama 20 megapiksel dengan bukaan f/2.0 dan lebar 69 derajat, serta kamera sekunder 8 megapiksel dengan bukaan f/2.4 dan lebar 120 derajat. Dengan konfigurasi tersebut, kamera ini dapat menangkap swafoto dalam modus potrait yang mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh, ataupun modus wide yang mampu menghasilkan foto lebih lebar, sehingga kamu dapat melakukan swafoto ramai-ramai bersama teman dengan lebih leluasa.

Seperti apa hasil tangkapan dari kamera depan Zenfone 4 Selfie? Yuk lihat di bawah ini!

Modus otomatis - outdoor siang (atas normal, bawah wide).

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

Modus portait - outdoor siang (atas normal, bawah wide).

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

Modus otomatis - low light (atas normal, bawah wide).

asus zenfone 4 selfie


asus zenfone 4 selfie

Modus potrait - low light (atas normal, bawah wide).

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

Modus otomatis - indoor cahaya lampu (atas normal, bawah wide).

asus zenfone 4 selfie

asus zenfone 4 selfie

Modus portait - indoor cahaya lampu (atas normal, bawah wide).

asus zenfone 4 selfie


asus zenfone 4 selfie

Menurut pendapat pribadi penulis, hasil jepretan dari kamera depan Zenfone 4 Selfie cukup prima jika digunakan dalam modus normal. Pada modus wide-nya pun bisa dikatakan cukup baik, meskipun terlihat warna pada foto menjadi sedikit berubah dibandingkan yang ada di modus normal. Yang cukup disayangkan, modus portait pada ponsel ini bisa dibilang masih kurang prima. Hasil bokeh-nya terlihat kurang natural dan sepintar terlihat seperti tempelan. Tentu saja penulis optimis Asus dapat meningkatkan kualitas foto dalam modus potrait melalui update firmware.

Baterai tanam berdaya 3.000 mAh menjadi tulang punggung Zenfone 4 Selfie. Dengan pola pemakaian ala penulsi, baterai tersebut sanggup tahan hingga 12 jam dari waktu penulis mencabutnya dari charger (06.00, daya 100%) hingga penulis harus mengisi dayanya kembali (18.00, daya 10%). Daya tahan baterainya bisa dibilang cukup baik, tidak terlalu awet maupun tidak juga boros. Sayangnya, ponsel ini juga belum dibekali dengan fitur pengisian daya cepat. Sehingga penulis harus menunggu sekitar dua jam untuk mengisi daya ponsel ini dari 10% hingga penuh.

Ada satu hal yang menurut penulis menjadi keunggulan lainnya dari Zenfone 4 Selfie, yakni konfigurasi triple slots. Dengan konfigurasi ini, penulis bisa menggunakan dua nomor ponsel sekaligus dan sebuah kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan pada ponsel ini. Slot microSD tersebut mendukung hingga kapasitas 256GB. Jadi, jika 64GB dirasa kurang, tinggal pasang aja kartu microSD yang kamu miliki. Cukup berguna untuk menjadi tempat penyimpanan file seperti foto, musik, dan video.

asus zenfone 4 selfie
Sensor yang ada pada Asus Zenfone 4 Selfie.

Itulah ulasan lengkap mengenai Asus Zenfone 4 Selfie. Jika kamu mencari sebuah ponsel pintar yang mampu mengakomodir kebutuhan swafoto dengan peforma yang cukup gegas, ponsel ini layak dijadikan pilihan. Ponsel ini dapat kamu tebus dengan mahar resmi senilai Rp3.499.000 saja dan bisa kamu beli di Asus Official Store dengan klik di sini. Ada tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih, yakni Deepsea Black, Rose Pink, dan Sunlight Gold.

Jika ingin melihat spesifikasi lengkap dari Asus Zenfone 4 Selfie, kamu bisa melihatnya pada tabel di bawah ini.

Layar
5,5 inci dengan resolusi 720 x 1.280 piksel, LED-backlit IPS LCD.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
155,7 x 75,9 x 7,9 mm, 150 g.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor quad-core Cortex A-53 berkecepatan 1,4GHz.
GPU
Adreno 505.
RAM
4GB.
Internal Storage
64GB.
External Storage
microSD hingga kapasitas 256GB (slot terpisah dari kartu SIM).
Kamera Belakang
Kamera 16 megapiksel dengan bukaan f/2.0, phase detection autofocus, lampu kilat LED.
Kamera Depan
Kamera utama: 20 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Kamera sekunder: 8 megapiksel dengan bukaan f/2.4 dan lensa lebar 120 derajat.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, GPS, GLONASS, BDS, microUSB 2.0.
Baterai
3.000 mAH.
Sistem Operasi
Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka ZenUI 4.0.




Comments

  1. Lengkap banget reviewnya, keren-keren :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. yup, untuk harga segini sesuai dengan ekspektasi :)

      Delete
  3. Gak coba beautify utk meniruskan pipi? *Eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadinya kayak badut kalo di saya om :(

      Delete
  4. Waaww mantap ya wide anglenya. Jadi gak usah bawa tongsis semua bisa dapet ya objectnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, bisa swafoto rame-rame sama temen lebih mudah :D

      Delete
  5. Beberapa reviewer bilang backcovernya dari plastik, yg bener tuh metal atau plastik sih?

    ReplyDelete
  6. Wow, malam pun tetap jernih ya hasilnya. Top deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lumayan untuk ponsel harga segini

      Delete

Post a Comment